Beternak Ayam Kampung Super (JOPER) Dengan Sistem Semi Intensif

Beternak Ayam Kampung Super (JOPER) Dengan Sistem Semi Intensif

Beternak ayam kampung super saat ini menjadi trend dikalangan peternak atau pemula yang mau berbisnis pemeliharaan ayam kampung super. Hal ini bukanlah tidak beralasan kenapa banyak yang tertarik dengan budidaya atau ternak ayam kampung super (JOPER/Jawa Super). Memang banyak alasaan peternak memilih ternak ayam joper ini, selain waktu panen yang jauh lebih singkat rasa daging ayam joper terasa cukup mirip dengan ayam kampung asli pada umumnya. Dan masih banyak lagi alasan tentunya kenapa peternak memilih ayam joper ini. Anda akan menemukanya bila sudah mencoba beternak ayam joper ini. Ternak ayam kampung super (JOPER) dapat dipelihara secara sederhana dan membutuhkan modal yang terjangkau. Untuk kalangan masyarakat dengan modal yang terbatas dapat menggunakan pemeliharaan secara semi intensif. Pemeliharaan secara semi intensif membutuhkan kandang setengah terbuka/ kandang.

 

 

ayam kampung super

ayam kampung super

Pada pemeliharaan semi intensif menggunakan pola pemeliharaan di didalam kandang dan ayam tetap diberikan porsi untuk beraktivias diluar area kandang. Biasanya kandang yang digunakan kandang sistem kandang setengah terbuka atau kandang ren.

Mengenal lebih jauh tentang ren (kandang setengah terbuka/ setengah tertutup)

Kandang ren merupakan salah satu jenis kandang yang cukup banyak digunakan dalam pemeliharaan unggas terutama bebek. Untuk pemeliharaan ayam kampung super bisa menggunakan kandang tersebut. Kandang ren membentuk persegi panjang tertutup dan sebagian lain ada area terbuka. Kandang yang terbuka dan tertutup mempunyai fungsi yang berbeda.

Kandang ren merupakan suatu kandang yang mempunyai mempunyai 2 fungsi :

@ Kandang tertutup

kandang tertutup merupakan kandang yang berfungsi sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan, tempat untuk tidur, bertelur dan mengerami. kandang tertutup ini biasanya digunakan dari sore hingga malam hari.  Setelah pagi hari, ayam kampung super akan keluar menuju ke kandang terbuka.

@ Kandang terbuka

Kandang terbuka merupakan area terbuka di dalam lingkungan kandang. Kandang umbaran ini biasanya menjadi area untuk bermain dan tempat makan dan minum pada siang hari.

Secara teknis memang cukup sederhana pemeliharaan dengan cara semi intensif. Namun dibandingkan dengan pemeliharaan secara intensif terlihat kurang mendukung produktivitas daging. Sehingga dalam jangka waktu 6 minggu bobot per ekor belum mencapai target bobot yang ada pada kisaran 700 – 900 gram per ekor. Hal tersebut disebabkan energi ayam banyak dihabiskan untuk bermain sedangkan jika dipelihara secara intensif maka energi ayam akan membentuk daging sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Kandang semi intensif mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan diantaranya:

  1. Kandang ren relatif lebih mudah dibersihkan.
  2. Ayam yang dipelihara sehat karena terkena sinar matahari secara langsung.
  3. Membutuhkan modal yang tidak banyak dalam pembuatan kandang.
  4. Biaya pakan lebih murah karena ayam bisa mendapatkan pakan dari lingkungan sekitar kandang.
  5. Kelemahannya adalah saat hujan yang datang tiba-tiba, maka ayam akan kehujanan. Jadi ada resiko ayam kedinginan dan terserang penyakit pilek.

Ayam yang dipelihara di dalam kandang ren mendapatkan makanan pada siang hari. Pada malam hari mereka tidur dan beristirahat di dakam kandang tertutup. Hal tersebut berbeda jika pemeliharaan dilakukan secara intensif maka siang dan malam ayam akan terus makan di dalam kandangnya. Energi yang dikeluarkan akan menjadi daging. Maka pemeliharaan dalam kandang tertutup dengan sistem intensif lebih berpotensial menghasilkan ayam dengan produktivitas daging yang tinggi.

Untuk itu pola pemeliharaan mempengaruhi produktivitas daging yang dihasilkan. Pemeliharaan secara semi intensif lebih baik dibandingkan pemeliharaan secara tradisional. Dengan pemeliharaan secara semi intensif, peternak sudah mulai mengontrol jumlah pakan walaupun belum seoptimal pada saat pemeliharaan secara intensif.

Informasi selengkapnya tentang cara pemesananan silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

AXIS:

0838-6918-5523

Kata Terkait:
doc ayam kampung super (JOPER), harga bibit ayam kampung super (JOPER), jual bibit ayam kampung super (JOPER, jual doc joper di wilayah kalimantan, ternak doc ayam kampung super (JOPER), bibit joper yang berkualitas, budidaya doc joper pada lahan sempit, harga doc ayam kampung super untuk wilayah sumatera

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply