Apakah Benar Bebek Mojosari Betina bisa Bertelur Tanpa Pejantan ?

Bebek menjadi salah satu jenis unggas air yang banyak dimanfaatkan untuk diambil daging maupun telurnya.

Kandungan nutrisi yang ada dalam daging dan telur bebek pun juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Salah satu jenis bebek petelur yang paling banyak diternakan adalah jenis bebek petelur mojosari.

Bebek mojosari merupakan bebek petelur lokal yang berasal dari desa Mondopuro, Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur.

Tak tanggung – tanggung produktifitas telur bebek mojosari mencapai 260 butir dalam setahun | image 1

Banyak peternak yang sukses dalam mengembangkan bisnis ternak bebek petelur mojosari baik dalam skala kecil maupun besar.

Bebek mojosari akan mulai bertelur pada usia 6 bulan, puncak stabilnya di usia 7-8 bulan.

Jumlah produktifitas telur yang dihasilkan bebek mojosari petelur sebanyak 230-250 butir/ ekor dalam setahun, Masya Allah cukup tinggi bukan telur yang dihasilkan oleh bebek mojosari ini.

Telur bebek mojosari juga mengandung berbagai gizi yang tinggi, selain itu telurnya pun banyak dikonsumsi sebagai kebutuhan makanan sehari-hari dan bisnis.

Baca juga : Ternak Bebek Mojosari Petelur sebagai Pilihan Bisnis yang Menguntungkan

Inilah Fakta Bebek Betina Mojosari bisa Bertelur tanpa Pejantan

Dari beberapa masyarakat ternyata ada yang masih bertanya-tanya seputar bebek betina mojosari ini dapat bertelur tanpa pejantan atau tidak ? Nah langsung saja yaa Admin jawab nih.. hehe

Jadi, bebek betina mojosari ini bisa bertelur tanpa pejantan. Loh kok bisa ? Karena di dalam tubuh bebek betina ini ada organ reproduksi yang mampu untuk menghasilkan telur. Organ reproduksi bebek betina terdiri dari ovarium, oviduk dan kloaka.

Ovarium ini tugasnya menghasilkan telur (ovum) yang ukurannya besar. Nah di dalam ovarium ini ada ribuan folikel yang isinya ovum atau telur yang sedang berkembang.

Beternak bebek mojosari dapat menjadi peluang bisnis yang mendatangkan keuntunggan banyak | image 2

Baca juga : Berapa Bulan Bebek Mojosari Bertelur ?

Ketika ovum atau telur ini matang, ovarium akan melepaskan ovum ke dalam ovinduk. Selama di di dalam ovinduk ini ovum akan bertambah menjadi beberapa lapisan tambahan seperti putih telur dan cangkang.

Kemudian saat ovum sampai di bagian akhir di ovinduk, proses penambahan warna inilah terjadi dan akan memberikan warna khas telur bebek.

Setelah selesai telur tadi akan bergerak ke kloaka, kloaka ini pun berfungsi juga sebagai tempat keluarnya urine dan fases.

Saat telur siap buat dikeluarkan maka bebek betina akan mengeluarkan telur melaui kloaka.

Berikut merupakan salah satu organ reproduksi pada unggas betina | image 3

Dari penjelasan diatas sudah terbukti bukan bahwa bebek mojosari ini tetap dapat bertelur normal walaupun tanpa pejantan.

Tetapi jika Anda menginginkan telur bebek tersebut untuk ditetaskan pastikan telur sudah dibuahi dengan sel sperma bebek pejantan ya.

Apakah Benar Bebek Mojosari Betina bisa Bertelur Tanpa Pejantan | image 4

Yuk kembangkan ternak bebek petelur mojosari dan dapatkan bibit berkualitasnya ditempat kami. Kami dari hobiternak.com menyediakan Bibit/ DOD Bebek Mojosari Petelur usia baru saja menetas dan siap bertelur.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga, cara pemesanan, konsultasi lengkap lainnya hubungi nomor whatsaap kami berikut ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

5/5 - (6 votes)

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

GRATIS Konsultasi atau Order via WA
Exit mobile version