Bagaimana  Ciri-ciri Ayam Pullet yang Berkualitas?

Dalam sebuah usaha ayam petelur saat ini memiliki prospek yang cukup baik dan menunjukkan perkembangan yang pesat. Permintaanya terus mengalami peningkatan di semua lapisan masyarakat. Hal ini dikarenakan telur ayam, baik ayam ras maupun ayam buras yang merupakan menu utama dalam kehidupan sehari-hari. Melihat kondisi ini memiliki banyak potensi besar untuk dijadikan peluang usaha khususnya beternak ayam ras petelur. Tak heran jika beternak ayam ras petelur sangat diminati dengan berbagai keunggulan, antara lain produktivitasnya tinggi, laju pertumbuhannya relatif cepat, usia 4 bulan sudah mulai bertelur dan masih banyak lagi tentunya. 

Bagaimana  Ciri-ciri Ayam Pullet yang Berkualitas ? | cover
Bagaimana  Ciri-ciri Ayam Pullet yang Berkualitas ? | cover

Sebelum memulai suatu bisnis tentunya harus didahului dengan perencanaan yang matang dan mengarahkan usaha agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, misalnya untuk bisnis pullet atau biasa disebut sebagai ayam layer. Perbedaan pullet dan layer yakni, ayam layer adalah ayam petelur yang dipelihara dari usia 0 sampai usia 75 minggu atau sekitar 17 bulan. Sedangkan ayam pullet adalah ayam ras petelur yang baru memasuki kategori siap bertelur (umur kurang dari 16 minggu) atau sudah bertelur di bawah 5%.  

Jadi, bisa dikatakan ayam tersebut harus dipelihara kembali hingga menjadi ayam yang siap produksi. Pentingnya pemahaman mengenai bisnis ayam petelur sebelum terjun ke dunia peternakan agar tidak kecolongan mengenai kualitas pullet yang buruk. Hal itu akan berpengaruh pada produktivitas ayam yang tidak sebanding. Berikut merupakan ciri-ciri ayam pullet berkualitas.

Baca juga : Panduan Beternak Bibit Ayam Petelur Hingga Panen

Agar menunjang keberhasilan ternak ayam petelur, peternak pun perlu memperhatikan kualitas ayam yang diternakan. Ciri - cirinya dapat dilihat pada poin berikut ini | image 1
Agar menunjang keberhasilan ternak ayam petelur, peternak pun perlu memperhatikan kualitas ayam yang diternakan. Ciri – cirinya dapat dilihat pada poin berikut ini | image 1

Ciri – ciri Ayam Pullet Berkualitas 

1. Mempunyai ciri fisik petelur yang baik

Pengamatan yang paling mudah untuk mengetahui kualitas ayam pullet dengan melihat tampilan fisik. Tampilan fisik bisa dilihat seperti kondisi tubuh, postur tubuh, kepala, jengger, mata, perut, kulit, badan, bulu, sayap dan kaki. Berikut penjelasannya : 

  1. Kondisi tubuh tidak cacat dan sehat serta memiliki postur tubuh yang tegap dan sempurna. Sedangkan petelur yang buruk terlihat lesu.
  2. Kepala dan muka halus, cerah, lebar dan berwarna merah. Sedangkan petelur yang buruk cenderung kasar dan pucat.
  3. Jengger dan pial terlihat halus, lembap, berwarna merah dan cerah. Sedangkan petelur yang buruk cenderung keriput, kering, tebal seperti ayam pejantan, kecil, kasar dan pucat. 
  4. Memiliki mata cerah dan bercahaya. sedangakan petelur yang buruk terlihat layu/lesu.
  5. Perutnya terlihat halus, elastis dan penuh. Sedangkan petelur yang buruk terlihat keras, berlemak, mengerut.
  6. Tulang pubis (supit udang) terlihat kecil, kenyal, elastis dan berjauhan (Jaraknya 2-3 jari)
  7. Kulitnya terlihat tipis, halus dan longgar. Sedangkan  petelur yang buruk terlihat tebal, kasar, melekat pada tubuh dan dibawah kulit berlemak.
  8. Badanya terlihat lebar
  9. Bulunya lengkap, padat dan mengkilap. Sedangkan petelur yang buruk terlihat tidak lengkap atau rontok.
  10. Memiliki sayap lebar dan simetris
  11.  Memiliki kaki panjang, kokoh, proporsional dan kulit berwarna cerah.
  12. Pullet dengan kualitas yang baik tidak mempunyai sifat kanibal
Berikut merupakan anatomi tubuh Ayam | image 2
Berikut merupakan anatomi tubuh Ayam | image 2

2. Kerangka Tubuh Ayam Pullet

Ukuran kerangka tubuh pullet sangat berpengaruh terhadap produksi dan kualitas telur. Kerangka tubuh yang optimal terbentuk pada umur 12 minggu. Hal ini bisa di amati berdasarkan postur tubuh ayam. 

3. Bobot Badan Standar Ayam Pullet

Patokan lain yang mudah diamati untuk menentukan pullet berkualitas adalah bobot badan. Pullet yang berkualitas akan memiliki bobot sesuai dengan standar breeder. Bobot atau berat badan yang kurang atau berlebihan dari standar yang ditetapkan dapat mengganggu performanya sehingga hasil telur yang didapatkan tidak optimal. 

Baca juga : Pakan Ayam Petelur Berkualitas Hasil Telur Melimpah

4. Keseragaman Ayam Pullet

Kesegaraman pullet tidak hanya dilihat pada bobot ayam yang di timbang secara rutin. Apabila peternak membeli pullet dalam jumlah banyak, perlu dilakukan pengecekan keseragaman. Keseragaman yang baik adalah >85%. Artinya, dari 1000 ekor ayam minimal 850 ekor ayam yang berat badanya memenuhi standar. Penyeragaman berat badan dapat dilakukan melalui penimbangan berat badan yang dilakukan secara rutin.

Pemeliharaan ayam pullet petelur agar mendapatkan hasil yang maksimal pun juga perlu memperhatikan bobot si ayam. Karena jika ayam terlalu gemuk akan produktivitas telur akan menurun | image 3
Pemeliharaan ayam pullet petelur agar mendapatkan hasil yang maksimal pun juga perlu memperhatikan bobot si ayam. Karena jika ayam terlalu gemuk akan produktivitas telur akan menurun | image 3

Setelah penimbangan, peternak segera membagi ayam-ayam tersebut ke dalam kandang berbeda berdasarkan berat badan dan frame size-nya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan peternak dalam mengamati perkembangan pullet dan untuk menentukan jumlah konsumsi ransumnya. 

Keunggulan Ayam Pullet 

Dalam sebuah usaha ayam petelur dapat berhasil apabila peternak memahami dengan baik sifat serta persyaratan hidup ayam petelur. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki ayam petelur : 

  1. Laju pertumbuhan ayam petelur sangat pesat
  2. Kemampuan berproduksi cukup tinggi (Antara 250-280 butir/tahun)
  3. Memiliki kemampuan yang baik dalam memanfaatkan ransum pakan dan berkorelasi positif
  4. Periode bertelur lebih panjang, bisa berlangasung selama 13-14 bulan hingga ayam berumur 19-20 bulan

Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan usaha peternak, termasuk budidaya ayam petelur adalah kualitas menejemen pemeliharaan yang baik serta sesuai standar. Apabila menejemen pemeliharaan diterapkan dengan baik sesuai dengan standar maka akan menghasilkan ayam pullet yang berkulitas. Menejemen pemeliharaan yang baik menyangkut pemberian pakan, pemberian vitamin, pengendalian penyakit, serta pembuatan kandang dan faktor lingkungan sekitar. 

Keberhasilan ternak ayam petelur akan terlihat jika ayam selalu dalam keadaan sehat dan jumlah produktivfitas telur menjadi meningkat | image 4
Keberhasilan ternak ayam petelur akan terlihat jika ayam selalu dalam keadaan sehat dan jumlah produktivfitas telur menjadi meningkat | image 4

Pakan yang berkualitas pun juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan si ayam agar menghasilkan telur yang maksimal. Selain itu, peternak dituntut untuk mengatur pola produksi yang mana bertujuan agar keuntungan yang di peroleh dapat maksimal. Beberapa hal diantaranya mengganti ayam afkir, menjaga kondisi bulu ayam dan meminimalisasi tingkat kematian pada ayam.

Baca juga : Harga DOC Ayam Petelur Layer & Keunggulan dalam Beternak Ayam Petelur

Dimana Peternak bisa Mendapatkan Ayam Pullet ?

Untuk mendapatkan Ayam Pullet berkualitas memang perlu kejelelian dan ketelitian dari pihak peternak. Kami dari hobiternak.com pun menyediakan ayam pullet berkualitas mulai dari usia DOC/ Bibit dan 10 – 16 minggu. Harga pullet ayam petelur umur 16 minggu di hobiternak.com cukup terjangkau dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh pulau jawa. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ayam petelur bisa segera pesan ditempat kami. Kami menyediakan ayam petelur mulai dari usia DOC/ Bibit dan usia 10 – 16 minggu. Pengiriman DOC/ Bibit ayam petelur dapat kami jangkau untuk pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. 

Untuk mengetahui daftar harga ayam petelur lebih lengkap dappat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK Ayam Pullet word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : ayam layer adalah, perbedaan pullet dan layer, ayam petelur adalah, ciri – ciri ayam pullet, beda ayam layer dan pullet, doc pullet, ayam pullet adalah, harga pulet ayam petelur uur 16 minggu, harga pullet ayam petelur japfa, harga ayam petelur, harga pakan ayam petelur

5/5 - (16 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • cover: rimbakita.com
  • Image 6: mbizmarket.co.id
  • image 2: ctsindonesia.co.id
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 1: madten.com
  • image 5: thenews.com.pk

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA