Mengenal Jenis Ayam Serama Kecil Mungil Eksotik

Ayam serama asli memiliki bentuk tubuh  kecil mungil eksotik merupakan sebutan lain dari ayam unik ini. Jenis Ayam serama merupakan ayam yang berasal dari Malaysia. Ayam Serama atau serama malaysia memiliki perawakan yang kecil,gesit dan juga lincah yang merupakan hasil persilangan antara berbagai jenis ayam, umumnya serama banyak dijadikan sebagai hiasan oleh para kolektor ayam hias. Jenis Ayam malaysia memiliki badan yang sangat kecil kisaran jengkal tangan orang dewasa yang beratnya tidak sampai 500 gram.

Ayam Serama
Serama Sepasang

Pada ayam ini  dengan memiliki tubuh mini memang cocok dijadikan sebagai ayam hias. Banyak para penghobi ayam serama yang menjadikan ayam ini sebagai ajang pertunjukan atau kontes. Hal ini tidak lain karena jenis ayam ini memang suka tampil dan memukau pengunjung dengan gayanya yang khas dan unik. Sehingga sering kali mendapat julukan sebagai ayam serama kontes.

Berikut merupakan beberapa jenis ayam serama :

    1. Ayam Serama Slim
      Tipe slim merupakan ayam yang pertama kali dikenal dikalangan pecinta ayam serama. Memiliki postur tubuh  yang tegap menjadikan ayam ini populer sebagai jenis ayam yang sombong. Berbeda dengan ayam kate yang memiliki betuk tubuh lebih besar dibandingkan dengan serama dengan kaki yang lebih pendek dan besar. Jenis  tipe ini juga pernah menjadi primadona atau unggulan diwaktu pertama kali dikenal.
    1. Ayam Serama Apple
      Tipe  apel ini mulai diperkenalkan pada tahun 2003-2004. Merupakan jenis ayam yang memiliki tubuh bulat dan tegap  dengan kaki yang pendek. Pada badan ayam ini dapat membusungkan dadanya maka kepala ayam serama apel ini akan tertarik ke belakang.
  1. Ayam Serama Ideal
    Tipe ideal merupakan tipe ayam yang memiliki tubuh yang ideal, ideal dalam artian jenis ayam yang cukup sempurna. Tipe ayam yang ideal ini merupakan silangan dari jenis serama slim dengan serama apel. Ayam ini memiliki tubuh yang sangat ramping dengan dada yang berisi layaknya serama apel.Ayam Serama

Dari ketiga jenis serama yang telah dijelaskan diatas, pada saat ini ayam tersebut sering dijadikan dalam kontes-kontes ternak ayam serama yang ideal. Syarat untuk menjadikan ayam  ini dijadikan sebagai ajang konter adalah untuk serama yang berusia dewasa dengan kisaran harga mulai dari 2 juta.

Berikut merupakan daftar harga ayam serama anakan hingga dewasa :

1).Ayam Serama 1 Bulan   @ Rp 125,000
2).Ayam Serama 2 Bulan   @ Rp150,000
3).Ayam Serama 3 Bulan   @ Rp200,000
4).Ayam Serama 4 Bulan   @ Rp250,000
5).Ayam Serama 5 Bulan   @ Rp300,000
6).Ayam Serama Dewasa   @ Rp450,000

Pada dasarnya cara membedakan antara serama jantan dengan  serama betina  memang sulit dilakukan, sebab secara sepintas keduanya memiliki kesamaan dari sisi fisiknya. Sebagai patokan untuk membedakan antara serama betina dengan serama jantan dapat dilihat pada sisi bulu dan jenggernya.

Ayam Serama
Ayam Serama

Pada  serama jantan
– Memiliki jengger yang lebih menonjol
– Memiliki jengger yang berwarna kemerah-merahan
– Bulu-bulunya yang berwarna lebih mencolok dan cerah dibnadingkan dengan ayam serama lainnya

Pada serama betina
– Cenderung memiliki jengger yang landai atau sering disebut lambat dumbuh|
– Warna jengger yang tidak menampakkan kemerah-merahan
– Memiliki warna bulu yang kurang tajam jika dibandingkan dengan ayam jantan

Sebagai jenis ayam yang sering dijadikan sebagai ajang kontes, ayam unik ini merupakan jenis ayam yang membutuhkan perawatan yang tepat. Jenis ayam yang membutuhkan latihan tidur diatas kayu untuk memperkuat otot kaki dan untuk menghasilkan kaki yang lurus dan dapat berdiri tegak. Ayam serama ini juga membutuhkan makanan yang seimbang serta protein tertentu dan minyak ikan untuk memperindah bulu ayam tersebut.

Berikut merupakan video ayam serama dewasa.

Jenis pakan yang dapat diberikan sejenis kacang-kacangan berupa jagung,kedelai, gabah, bekatul,dedak   juga dapat dibuat dengan campuran dadak padi, jagung giling, menir gabah yang dapat menekan harga pada saat terjadi kenaikan harga pakan. Pada pemberian pakan anakan ayam dapat diberikan voer yang dicampurkan dengan berbagai macam sayuran misalnya kangkung, bayam dan jenis sayuran lainnya yang dapat membantu pertumbuhan pada ayam tersebut.

Mungkin kita timbul pertanyaan mengapa ayam serama ini banyak diburu dan dicari orang?

Karena ayam ini termasuk ayam yang langka dan juga unik dapat dijadikan sebagai ajang kontes, karena memiliki bulu yang eksotik selain itu ayam ini juga termasuk ayam yang menggemaskan.

Ayam SeramaSerama berkualitas memiliki ciri tertentu yang berbeda dengan jenis ayam kate,berikut merupakan ciri-ciri ayam serama :

    • Memiliki ekor lurus panjang dan tegak dan hampir menyatu dengan kepala
  • Kepala serama lebih kecil jika dibandingkan dengan ayam kate
  • Tingginya sekitar sejengkal orang dewasa
  • Memiliki sayap yang hampir menyentuh dengan tanah
  • dan memiliki postur tubuh yang kecil dan mungil

Dalam pemeliharaan kebersihan kandang kesehatan merupakan salah satu faktor keberhasilan sebuah usaha. Pada usaha itu sendiri kesehatan ayam memang sangat berpengaruh pada hasil produksi. Dalam hal ini perlu adanya menjaga kebersihan kandang dengan membersihkan kandang dari kotoran ayam tersebut maupun sisa-sia pakan ayam. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan ayam serta kebersihan, keindahan juga kecerahan pada bulu ayam tersebut.

Silahkan bagi anda yang ingin membeli ayam hias kami jual berbagai jenis  serama serta ayam hias lainnya bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan dari Telur-Indukan serama yang berkualitas dan dapat mengirimkan ke berbagai wilayah di Indonesia. Untuk wilayah di pulau Jawa, pengiriman menggunakan kargo kereta api sedangkan untuk luar pulau Jawa maka pengiriman menggunakan kargo pesawat terbang.

Untuk pemesanan silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
video ayam serama, harga ayam serama anakan, ayam serama betina, ayam serama juara, ayam serama kontes, ayam, serama malaysia, ayam serama asli

Viky Ristiyarti

Image Sources :

  • Ayam Serama usia 1 bulan: Hasti
  • Ayam serama usia 4 bulan: Duwi Kristinawati

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: