Kandang Ayam Kampung Super

Pemeliharaan Ayam Kampung Super Untuk Dijadikan Ayam Petelur

Pemeliharaan Ayam Kampung Super Untuk Dijadikan Ayam Petelur

Ayam kampung super disamping potensial digunakan untuk pedaging yang unggul, juga bisa dijadikan ayam petelur. Pada umumnya, ayam kampung super petelur dipelihara untuk tujuan konsumsi. Berdasarkan pengalaman dari peternak, telur yang dihasilkan dari ayam kampung super tidak bisa dibuahi dan hanya dijadikan telur konsumsi. Ayam kampung super merupakan hasil persilangan antara ayam bangkok dan ayam petelur.

Ayam kampung merupakan persilangan antara ayam bangkok dan ayam petelur mempunyai kemampuan bertelur sekitar 150-170 telur/ ekor/ tahun. Masa produktivitas ayam petelur berkisar antara 8 bulan – 2 tahun. Jika dibandingkan ayam arab, produktivitas ayam kampung petelur lebih rendah. Ayam arab sendiri mampu berproduksi sekitar 200-260 butir/ ekor/ tahun. Jadi dari produktivitas telur, ayam arab masih lebih unggul dibandingkan ayam petelur.

Kandang ayam kampung petelur

Kandang ayam kampung biasanya menggunakan kandang baterai. Dalam kandang baterai setiap kandang berjajar rapi dan dalam satu kandang terdapat satu hingga tiga ayam. Selain kandang baterai, ayam petelur juga bisa menggunakan kandang panggung. Dengan menggunakan kandang panggung, telur yang dihasilkannya lebih bersih. Kandang yang biasa digunakan untuk ayam petelur juga bisa digunakan untuk ayam yang menghasilkan telur tetas.

kandang sistem panggung

Kandang untuk ayam petelur berukuran 31x31x31 cm atau bisa juga dengan mengunakan sangkar dengan ukuran 35x35x40 cm. Dengan ukuran kandang tersebut dapat menampung sekitar 4-5 ekor dalam satu kandang. Bentuk sangkar bisa bertingkat atau mendatar.

Pakan ayam petelur

Untuk menunjang produktivitas telur, maka ayam petelur perlu mendapatkan asupan makanan yang bervitamin. Pakan yang diberikan seperti pakan ayam petelur pada umumnya. Jika mendapatkan pakan dengan nutrisi yang bagus maka akan menghasilkan telur dengan kualitas yang bagus. Untuk saat ini telur yang dihasilkan ayam kampung super hanya bisa dijadikan konsumsi. Berbeda dengan telur ayam kampung biasa yang dapat dijadikan telur tetas maupun telur konsumsi.

ayam petelur

Contoh pakan yang berkualitas

Selain mendapatkan pakan dari konsentrat, peternak perlu mengkombinasikan dengan bahan pakan tambahan dengan tujuan untuk mengurangi pengeluaran pakan ternak. Sumber pakan ternak berasal dari nabati (tumbuhan) dan hewani. Diantara pakan yang berasal dari sumber nabati diantaranya dedak halus, jagung, singkong. Sedangkan sumber pakan hewani diantaranya tepung ikan, tepung udang, tepung kerang dan bekicot.

Sedangkan bahan pakan tambahan diantaranya vitamin, mineral, lysine dan probiotik. Untuk pakan tambahan dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit namun sangat penting bagi hewan.

Saat ini ayam kampung super memang lebih dikenal sebagai penghasil daging dibandingkan penghasil telur. Dan saat ini kebutuhan daging secara nasional terus mengalami peningkatan sehingga prospek bisnis di bidang pemeliharaan DOC serta pembesaran ayam kampung super masih terbuka luas.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

081220288686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

Kata terkait:

Cara ternak ayam kampung, kandang ternak ayam kampung, pakan ternak ayam kampung, kandang ayam, peluang usaha pembesaran ayam kampung super, ternak ayam kampung super, kandang pemeliharaan DOC ayam kampung super, bahan pakan tambahan ayam kampung

*Hasti Nur Chayati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 3 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super
No HP
081220288686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply