Mengenal Jenis Ayam Kalkun yang Terdapat di Indonesia

Mengenal Jenis Ayam Kalkun yang Terdapat di Indonesia

Jenis Ayam Kalkun
Kalkun Golden Palm

Kalkun adalah salah satu unggas yang memiliki badan besar. Kalkun pertama kali ditemukan di Amerika. Hewan ini biasanya dijadikan sebagai hewan peliharaan. Sebenarnya daging kalkun memiliki citarasa yang enak, tetapi tidak semua orang mengetahuinya. Oleh karena itu, jarang sekali orang yang menyembelih kalkun. Ayam kalkun terdapat beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya saja.

Di Indonesia saat ini jenis ayam kalkun ada 9 macam, yaitu :

  1. Bronze merupakan jenis kalkun yang paling banyak dan paling populer di Indonesia. cirikhas warna bulunya yaitu hitam kecokelatan, jenis kalkun ini memang banyak dibudidayakan untuk kalkun pedaging dilihat dari segi harganya yang paling murah.
  2. Golden Palm adalah jenis kalkun yang memiliki banyak variasi campuran/ perpaduan warna dan populasinya banyak ditemukan di pasaran lokal indonesia.
  3. Pencilled Palm adalah jenis kalkun yang memiliki warna perpaduan mirip warna batik pada bulu ekornya dan memiliki perpaduan warna mirip corak warna bulu macan sehingga ada yang menyebutnya kalkun pencilled tiger.
  4. Naragansett adalah jenis kalkun yang memiliki corak mirip batik pada bagian bulu ekornya serta memiliki campuran warna abu-abu gelap bercampur warna kuning keemasan.
  5. White holland atau Kalkun Putih adalah jenis kalkun yang memiliki warna bulu putih diseluruh tubuhnya. di Indonesia jenis Kalkun ini cukup populer dan cukup banyak juga dipelihara oleh para penghobi ayam hias.
  6. Bourbon Red adalah jenis Kalkun yang berwarna merah kecokelatan, dari segi harganya yang cukup tinggi memang masih cukup jarang dipelihara, meskipun bagi kalangan penghobi ayam hias sudah cukup akrab ditelinganya.
  7. Black Spanish adalah jenis kalkun termahal jika dibandingkan dengan jenis kalkun yang lainnya. dengan harganya yang mahal,  membuat kalkun jenis ini masih jarang untuk dibudidayakan,
  8. Blue Slate adalah jenis kalkun baru yang ada di Indonesia pada tahun 2016, karena masih tergolong baru maka keberadaannya pun masih cukup langka.
  9. Self Buff memiliki cirikhas warnanya dari perpaduan putih dan cokelat muda, memang jenis kalkun masih cukup jarang dipelihara di Indonesia.
Jenis Ayam Kalkun
Kalkun White Holland

Dilihat dari segi fungsinya, kandang ayam kalkun disesuaikan dengan umur dan aktivitas kalkun,misalkan:

Berikut 7 Jenis Kandang berdasarkan usia dan aktivitasnya:

  • Kandang untuk mengumbar

Kalkun membutuhkan ruangan untuk bergerak dan beraktivitas. Untuk kandang umbaran ini dikelilingi pagar yang rapat agar lebih aman. Tujuan pemberian pagar untuk menjaga keamanan dari binatang pengganggu dan dari tangan jahil.

  • Kandang Kalkun umur 0 – 30 hari

Untuk kalkun yang masih berusia satu hari sampai satu bulan membutuhkan kandang boks yang hangat. Agar hangatnya merata sebaiknya diberikan beberapa lampu dengan watt yang kecil. Apabila diberikan lampu dengan watt besar akan menyebabkan pandangan mata kalkun menjadi rusak. Setelah kalkun berusia 1,5 sampai 2,5 bulan, kalkun sudah mengalami perkembangan. Maka diperlukan kandang yang lebih besar.

  • Kandang kalkun umur 2,5 bulan ke atas

Saat kalkun berusia diatas 2,5 bulan dibutuhkan lagi kandang dengan ukuran yang sesuai. Ukuran kandang untuk yang diusia tersebut, memiliki panjang 2 meter, tinggi 70 cm, lebar 80 cm, dan untuk kaki – kakinya menyesuaikan tempat. Kandang dengan luasan tersebut dapat diisi 20 ekor ayam kalkun. Populasi kalkun dapat dikurangi menjadi 10 ekor/kandang saat kalkun sudah berusia 3 bulan. Saat ayam kalkun berusia 3 bulan harus mulai dipisahkan berdasarkan jenis kelaminnya. Maka, kandang jantan dan betina dibuatkan sendiri – sendiri.

  • Kandang lantai

Sebagai contoh,ukuran kandang lantai ini panjang 6 meter,lebar 3 meter,dengan tinggi menyesuaikan kondisi setempat. Kandang lantai ukuran tersebut bisa digunakan untuk populasi sekitar 20 – 30 ekor tiap meter perseginya.

  • Kandang pejantan

Untuk pejantan ukuran kandangnya 80 x 80 x 80 cm. Kandangnya dibuat berkaki. dalam satu kandang hanya berisi satu ekor saja. Tujuannya agar kalkun tidak berkelahi yang bisa menyebabkan luka dan bulu rontok.

  • Kandang untuk mengeram

Kandang khusus disediakan untuk ayam kalkun yang sedang bertelur dan mengeram. Ukuran kandang ini 40 x 40 x 40 dan berupa bentuk boks. Bisa ditaruhkan kain bekas atau jerami sebagai alasnya.

ayam kalkun

 

Jenis makanan ayam kalkun yang diberikan seperti bekatul, sisa nasi, sisa sayur dan sejenisnya. Kita perlu mengetahui jenis dan kebutuhan perharinya dalam pemeliharaan yang intensif. Makanan untuk kalkun yang masih kecil dan kalkun dewasa membutuhkan macam dan porsi yang berbeda.

Ayam kalkun betina dan kalkun jantan memiliki ciri yang berbeda misalkan pada kalkun betina memiliki jengger kecil, lunak dan tipis yang berwarna hitam kusam pada bagian pialnya yang berukuran kecil. Postur tubuhnya membulat dan tambun, tetapi akan tampak sedikit datar ketika kalkun ini berdiri tegak. Di bagian ujung bulu ekor kalkun betina menyempit. Paruh kalkun berkelir dan bagian ujungnya berwarna abu-abu.

Sedangkan pada kalkun jantan memiliki kepala besar yang botak, berkulit tebal, berwarna kemerah-merahan, serta memiliki bercak-bercak putih dan kebiruan. Matanya terletak sedikit tersembunyi akibat tertutup lapisan kulit yang berkerut-kerut dan berwarna merah kehitam-hitaman. Berwarna kuning pada bagian paruhnya dengan pangkal hitam, dan berbentuk panjang dan besar.

Berbicara tentang harga, harga ayam kalkun memang berbeda-beda tergantung jenisnya dan rata-rata cukup terjangkau.

Di Indonesia, jenis ayam kalkun bronze terkenal sebagai ayam kalkun konsumsi. Untuk harga kalkun konsumsi cukup bervariasi tergantung umurnya,misalkan :

Kalkun Bronze 1 Bulan   @ Rp80,000
Kalkun Bronze 2 Bulan   @ Rp110,000
Kalkun Bronze 3 Bulan   @ Rp150,000
Kalkun Bronze 4 Bulan   @ Rp190,000
Kalkun Bronze 5 Bulan   @ Rp225,000
Kalkun Bronze Dewasa   @ Rp350,000

ayam kalkun

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan kalkun, kami juga bisa mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk kalkun dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

 

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:
jenis ayam kalkun, kandang ayam kalkun, makanan ayam kalkun, jenis kalkun termahal, ayam kalkun betina, ayam kalkun bronze, harga ayam kalkun, harga kalkun konsumsi

**Krisna Verawati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Kalkun
No HP
085647723888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: