Apakah Kualitas Pakan Ayam Broiler Kita Sudah Tepat ?

Faktor utama dalam dunia peternakan ayam agar tercapainya hasil panen yang maksimal dipengaruhi oleh pakan.

Pakan menjadi salah satu hal terpenting dalam dunia peternakan. Bahkan jika peternak tidak memberikan pakan yang berkualitas maka pertumbuhan ayam yang diternakkan pun menjadi kurang maksimal.

Maka dari itu peternak perlu memperhatikan kualitas pakan ayam yang diberikan pada hewan ternak. Usahakan agar peternak memilih pakan pabrikan yang berkualitas, karena pakan pabrikan ini memiliki vitamin & gizi yang sesuai dengan pertumbuhan si ayam.

Memperhatikan kualitas pakan ayam yang baik menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam usaha ternak ayam | image 1
Memperhatikan kualitas pakan ayam yang baik menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam usaha ternak ayam | image 1

Sebagian orang berpendapat bahwa pakan buatan pabrik dapat diganti dengan pakan alternatif. Nah.. pendapat tersebut memang benar, tetapi peternak perlu juga memberikannya dengan memperhatikan batasan pemakaian.

Untuk mengetahui kualitas ayam yang kita berikan sudah tepat, terutama untuk ayam broiler, maka dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel Persyaratan Mutu Kualitas Pakan

Dengan memperhatikan tabel kualitas pakan ayam pedaging broiler ini, diharapkan peternak dapat memberikan pakan yang tepat pada ternak ayam broiler.

Hal ini dilakukan agar pertumbuhan ternak ayam broiler dapat maksimal dan tepat panen saat usia 35 hari.

NOPARAMETERSATUANPERSYARATAN
ANAK AYAM PEDAGING
(BROILER STARTER)
AYAM PETELUR DARA
(BEROILER FINISHER)
1Kadar Air%Maks. 14,0Maks. 14,0
2Protein Kasar%Maks. 19,0Maks. 19,0
3Lemak Kasar%Maks. 7,4 Maks. 7,4
4Serat Kasar%Maks. 6,0Maks. 6,0
5Abu%Maks. 8,0Maks. 8,0
6Kalsium (Ca)%0,90 – 1,000,90 – 1,00
7Fosfor total (P)%0,60 – 1,000,60 – 1,00
8Fosfor tersedia%Min. 0,40Min. 0,40
9Energi termetabolis (ME)KCal\kgMin. 2.900Min. 2.900
10Total aflatoksin/kgMaks. 50,0Maks. 50,0
11Asam amino
– Lisin%Min. 1,10Min. 0,90
– Metionin%Min. 0,40Min. 0,30
– Metionin + Sistin%Min. 0,60Min. 0,50

Tabel yang kami sajikan berikut merupakan tabel persyaratan mutu pakan ayam ras pedaging yang sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia). Jadi, diharapkan pada peternak ayam broiler sebelum memutuskan untuk menentukan pakan pabrikan, peternak dapat memilih pakan yang memiliki kandungan mutu seperti tabel diatas.

Baca juga : Rumus Mudah Cara Menghitung FCR Ayam Broiler

Cara Mengetahui Kualitas Pakan Ayam

Pakan memiliki peran peting dan utama bagi dunia peternakan, bahkan jika total degan biaya keseluruhan dalam peternakan, pemberian pakan dapat menghabiskan 70% biaya peternakan.

Kualitas pakan yang baik dapat berpengaruh pada kebutuhan nutrisi harian ternak ayam broiler, sehingga produktivitas ayam menjadi optimal.

Adapun untuk mengetahui kualitas pakan ayam yang baik diantaranya sebagai berikut ini :

1. Bentuk pakan sesuai dengan fisiologis ayam

Saat beternak ayam broiler peternak perlu menyesuaikan pakan ayam sesuai dengan usianya. Untuk usia ayam broiler terbagi menjadi usia starter dan finisher.

Bentuk fisiologis pakan ayam pada setiap periode pertumbuhan ayam berbeda - beda | image 2
Bentuk fisiologis pakan ayam pada setiap periode pertumbuhan ayam berbeda – beda | image 2

Pakan ayam broiler usia starter tentu berbeda dengan pakan usia finisher. Perbedaanya terdapat pada kandungan nutrisi, vitamin dan protein lainnya. Oleh karena itu peternak perlu menyiapkan dua jenis pakan terlebih dahulu sebelum mulai beternak ayam broiler.

2. Memiliki warna dan bau menarik

Jika diamati dari fisiknya pakan ayam broiler yang baik memiliki warna dan bau yang berbeda dengan jenis ayam lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dengan fisik, seperti warna dan bau pakan tersebut.

Ayam akan lebih menyukai pakan yang berwarna kekuningan dan memiliki bau khas pakan yang segar.

Pakan yang berkualitas memiliki warna dan bau yang menarik | image 3
Pakan yang berkualitas memiliki warna dan bau yang menarik | image 3

Warna kuning pada pakan ayam broiler ternyata dapat merangsang nafsu makan menjadi lebih tinggi. Berbeda jika bau pakan ayam menjadi apek yang tentunya malah akan menurunkan ketertarikan ayam pada pakan ayam tersebut.

Akibatnya ayam akan menurun dalam konsumsi pakannya.

3. Kandungan nutrisi yang lengkap

Kandungan nutrisi yang lengkap pada pakan ayam broiler dapat dilihat pada tabel nutrisi yang ada pada bagian karung. Usahakan agar kandungan protein, energi, lemak, serat, vitamin dan mineral sesuai dengan tabel kualitas mutu pakan yang sesuai dengan SNI.

Kandungan nutrisi yang lengkap akan menjadikan kualitas pakan ayam menjadi lebih tinggi | image 5
Kandungan nutrisi yang lengkap akan menjadikan kualitas pakan ayam menjadi lebih tinggi | image 5

Jika kebutuhan nutrisi dalam pakan tidak lengkap maka akan mempengaruhi pertumbuhan menjadi terganggu. Maka dari itu menentukan kualitas pakan ayam yang baik akan mendukung ayam broiler dalam mencapai performa produksti menjadi optimal.

4. Tidak Mengandung Toksin/ Racun

Penyimpanan pakan yang kurang baik akan menyebabkan pakan ayam menjadi mudah terkontaminasi dengan mikotoksin atau racun jamur.

Pengaruh toksin yang tumbuh pada pakan akan mengontaminasi pakan tersebut, alhasil kuaitas pakan akan menurun. Pengaruh pada ayam jika diberikan pakan berjamur tersebut akan merusak sel-sel pencernaan sehingga nutrisi yang diserap ketika di pencernaan akan menurun.

Pemberian pakan ayam broiler yang baik menjadi salah satu penunjang kesehatan dan pertumbuhan ayam | image 6
Pemberian pakan ayam broiler yang baik menjadi salah satu penunjang kesehatan dan pertumbuhan ayam | image 6

5. Anutrisi Pakan yang Rendah

Anutrisi merupakan salah satu senyawa alami yang terdapat di dalam bahan pakan ayam. Perlu diketahui bahwa senyawa ini tidaklah beracun, namun jika jumlahnya banyak akan menurunkan kualitas pakan.

Baca juga : 5 Hal Penting Agar Kualitas Pakan Ayam dan Bebek Tetap Baik

Tips Menjaga Kualitas Pakan

  1. Pada bagian lantai diberikan alas terlebih dahulu sebelum peletakan pakan, bisa diberikan tatakan pakan atau kayu untuk melatakan pakan agar tidak kontak langsung dengan pakan.
  2. Atur cara penumpukan dengan mengurutkan sesuai tanggal pembuatan pakan
  3. Menerapkan sisterm FIFO/ masuk pertama keluar pertama
  4. Mengatur jarak setiap tumpukan pakan dengan dinding
  5. Pastikan ventilasi udara berfungsi dengan baik dan maksimal

Pentingnya menjaga kualitas pakan ayam menjadi salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan. Pasalnya pakan memegang peran utama dalam proses pertumbuhan ayam terutama pada ternak ayam broiler.

Salah satu contoh gudang pakan yang baik yakni pada bagian lantai diberikan alas berupa kayu, agar karung pakan tidak bersentuhan langsung dengan lantai kandang | image 7
Salah satu contoh gudang pakan yang baik yakni pada bagian lantai diberikan alas berupa kayu, agar karung pakan tidak bersentuhan langsung dengan lantai kandang | image 7

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam broiler. Kami dari hobiternak.com menyediakan DOC Ayam Broiler usia baru saja menetas dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan terjangkau.

Silahkan hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Kata terkait : perbedaan pakan 511 dan br 1, pakan ayam br 1, merk pakan ayam protein tinggi, jenis pakan ayam pedaging, jenis pakan ayam pedaging sesuai umur, daftar harga pakan ayam petelur 2021, manfaat pakan ayam br 1, jenis pakan ayam pabrikan

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 5: Lazada
  • image 2: pinterest.com
  • image 5: Pinterest.com
  • image 6: pixabay.com
  • image 7: neo-demokrasi.com
  • thumnail: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA