Apa Sih Perbedaan antara Ayam Kampung Super dengan Ayam Kampung Daging Biasa ?

Perbedaan ayam kampung super dengan ayam kampung daging biasa – Pada umumnya masyarakat lebih mengenal ayam kampung daging biasa atau yang dikenal dengan ayam jawa jika dibandingkan dengan ayam kampung super. Hal tersebut dapat dimaklumi karena populasi ayam kampung daging biasa lebih banyak dibandingkan dengan ayam kampung super / ayam jawa super (joper). Ayam kampung daging merupakan ayam asli Indonesia yang mempunyai daging lebih enak dari segi tekstur dan rasa dibandingkan daging ayam lainnya. Dahulu ayam kampung daging merupakan primadona bagi kalangan orang berada. Seiring perkembangan zaman maka penikmat ayam kampung daging semakin luas di berbagai kalangan.

Apa Sih Perbedaan antara Ayam Kampung Super dengan Ayam Kampung Daging Biasa? | gambar 1
Apa Sih Perbedaan antara Ayam Kampung Super dengan Ayam Kampung Daging Biasa? | gambar 1

Apa itu Ayam Joper?

Ayam kampung super atau ayam joper adalah ayam persilangan antara ayam kampung atau ayam bangkok yang disilangkan dengan ayam petelur betina untuk menghasilkan jenis ayam yang lebih cepat dipanen, namun mempunyai karakter daging yang mirip dengan ayam kampung asli. Sebutan lain dari ayam ini yaitu ayam jawa super, kampung super, ayam koper, kamper, dan masih banyak sebutan unik lainnya. 

Saat ini peminat ayam joper di Indonesia telah mengalami peningkatan cukup tinggi. Hal ini didukung oleh jumlah penduduk, sehingga jumlah kebutuhan pangan pun ikut naik terutama daging ayam joper ini. Ternak ayam pedaging super atau joper banyak dikembangkan oleh peternak di Indonesia karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam pedaging jenis lain. 

DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | gambar 2
DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | gambar 2

Harga ayam kampung daging termasuk mahal dibandingkan harga ayam potong, untuk pemeliharannya juga lebih lama. Hal tersebut mendorong peternak untuk mencoba menyilangkan jenis ayam kampung dengan ayam petelur agar mendapatkan varietas ayam yang lebih unggul. Dan setelah dilakukan percobaan/ penelitian persilangan antar berbagai jenis ayam, maka didapatlah ayam yang mempunyai keunggulan dibandingkan ayam kampung daging biasa

Selain itu ada juga jenis ayam kub. Ayam kub ini juga memilki keunggulan yang hampir sama dengan ayam kampung biasa, yakni bisa dijadikan sebagai pedaging dan juga petelur. Ayam kub vs ayam joper merupakan dua jenis ayam yang memilki keunggulan sama dijadikan pedaging. Hanya saja masa panen ayam jawa super/ joper lebih cepat dibanding dengan ayam kub. 

Apa Saja Keunggulan Ayam JOPER/ Kampung Super?

Seperti kita ketahui, ayam jenis joper memang memiliki beberapa keunggulan. Dengan adanya keunggulan ini membuat masyarakat lebih banyak memilih jenis ayam jawa super untuk dijadikan sebagai penghasil daging. 

Adapun untuk point – pointnya adalah sebagai berikut ini : 

1. Mempunyai pertumbuhan yang cepat sehingga proses panen ayam dapat lebih sering dilakukan. Ternak ayam kampung super cepat masa panennya, pada umur 60 hari (2 bulan) ayam kampung super atau joper sudah dapat dipanen. Untuk pengaturan pakan ayam joper pun relatif mudah.

2. Mempunyai daya tahan yang bagus. Jadi ayam kampung super lebih tahan terhadap penyakit. Tahan penyakit ini karena periode dalam pembesarannya lebih singkat sehingga risiko ayam mengalami sakit juga lebih kecil. 

3. Mempunyai citarasa yang enak, gurih, dan padat. Tekstur khas ayam kampung daging sangat terasa di dalam serat ayam joper, berbeda dengan tekstur daging ayam negeri. 

Baca juga !

KANDANG YANG BAIK UNTUK TERNAK AYAM KAMPUNG SUPER (JOPER)

Ayam jawa super siap panen untuk dipasarkan dagingnya | image 3
Ayam jawa super siap panen untuk dipasarkan dagingnya | image 3

4. Asal usul ayam joper berasal dari perkawinan silang dari indukan ayam pejantan bangkok yang berpostur besar dengan betina ayam petelur sehingga ayam kampung super bisa dijadikan ayam pedaging atau ayam petelur. Namun bila dijadikan ayam petelur, telur ayam joper saat menetas akan menjadi jenis anakan ayam kampung biasa, tidak menjadi jenis ayam joper, karena ayam joper merupakan jenis ayam ras pedaging.

5. Harga ayam joper yang relatif lebih kompetitif dibandingkan dengan ayam kampung asli bila dilihat dari ukuran DOC atau bibit ayamnya.

6. Kandang ayam joper tidak memerlukan lahan seluas kandang ayam kampung asli yang biasanya memerlukan area umbaran yang cukup luas. Sehingga ternak ayam joper bisa menjadi solusi bagi peternak yang memiliki lahan terbatas.

Kelemahan Ayam Kampung daging biasa 

Ayam kampung biasa mempunyai keunggulan pada rasanya yang enak. Teksturnya yang padat dapat dijadikan berbagai kuliner yang lebih beragam dibandingkan ayam potong.  Adapun untuk kelemahan ayam kampung biasa lainya dibanding dengan ayam jawa super adalah sebagai berikut : 

1. Mempunyai pertumbuhan yang lebih lambat dari ayam kampung super. Ayam kampung daging baru bisa dipanen pada umur 5 atau 6 bulan. Biaya perawatan pun akan lebih mahal.

2. Lebih rentan terhadap penyakit, karena bukan berasal dari varietas unggulan. Pada umumnya perkawinan jenis ayam kampung dikakukan dangan jenis ayam yang sama, sehingga tidak menghasilkan keturunan yang memiliki genetik yang berbeda dari segi kualitasnya. Sehingga tidak ada pembaruan keturunan dari hasil perkawinan jenis ayam kampung biasa yang sama.

Baca juga !

AYAM KAMPUNG JOPER DAN AYAM KUB, PILIH YANG MANA?

Beternak ayam kampung asli dan joper dengan sistem intensif | image 4
Beternak ayam kampung asli dan joper dengan sistem intensif | image 4

3. Pada umumnya ayam kampung biasa diumbar, sehingga asupan gizi pada ayam kurang tercukupi. Hal tersebut mempengaruhi waktu produktivitas ayam, pada umur 6 bulan ke atas ayam baru dapat berproduksi.

4. Mempunyai karkas yang lebih sedikit dibandingkan ayam kampung super.

Dari perbedaan ini dapat dilihat bahwa kelebihan yang dimiliki ayam kampung super lebih banyak dibandingkan ayam kampung daging biasa. Maka banyak peternak yang melirik ayam kampung jawa super agar mendapatkan ayam pedaging yang potensial. Tingginya permintaan daging ayam jawa super menjadikan harga yang ditawarkan menjadi mahal.

Baca juga !

Jika ingin beternak ayam kampung maka kami sarankan untuk beterak ayam pedaging super karena kelebihan yang dimilikinya. Dengan modal yang tidak begitu banyak, kita bisa berkembang di sekitar 500 ekor, agar bisa memaksimalkan sumber daya manusia yang ada. Karena pertumbuhan 100 ekor dengan 500 ekor kurang lebih tidak jauh berbeda untuk perawatannya. Jadi lebih efisien jika naik 500 ekor ayam super. Atau Anda bisa juga membaca artikel kami mengenai ternak ayam joper terlebih dahulu untuk menambah wawasan tentang ternak jenis ayam ini.

Apabila anda tertarik, hobiternak.com menyediakan DOC ayam kampung super untuk dipelihara atau diternakkan. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan terpercaya. Untuk ke Pulau Jawa kami kirimkan melalui kereta dan untuk luar Pulau Jawa dikirim melalui pesawat. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ternak ayam pedaging super, asal usul ayam joper, ayam jenis joper ,ayam ras, ternak ayam kampung super cepat, ayam petelur, ayam pejantan, ayam negeri, ayam kub vs ayam joper, harga ayam joper, keunggulan ayam joper

** Yuni Ambarwati **

Image Sources :

  • gambar 1: pinterest.com
  • gambar 2: Admin 1 hobiternak.com
  • image 3: Admin 2 hobiternak.com
  • image 4: Hasti

8 thoughts on “Apa Sih Perbedaan antara Ayam Kampung Super dengan Ayam Kampung Daging Biasa ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: