Analisa Usaha Ternak Ayam Kampung Skala 50 Ekor

Modal merupakan suatu hal yang bisa dikatakan penting dalam suatu perusahaan atau bisnis. Modal bisa di investasikan dalam suatu proyek atau investasi di bursa saham. 

Seperti halnya dalam menjalankan usaha peternakan harus dipersiapkan misalkan kandang, bibit,  peralatan pakan dan minum. Vaksin serta biaya biaya lain yang merupakan sebagai modal ternak ayam kampung pemula.

Sumber modal bisa berasal dari diri  sendiri atau pinjaman (asing). Modal pinjaman atau asing diperoleh dari investor maupun kerabat kerja dan bisa juga dari kredit perbankan.

Membuat Analisa Usaha Ternak Ayam Kampung sebelum proses ternak berjalan cukup penting bagi peternak agar bisa mengetahui perkiraan modal yang harus digunakan dan juga keuntungan yang didapat | image 1
Membuat Analisa Usaha Ternak Ayam Kampung sebelum proses ternak berjalan cukup penting bagi peternak agar bisa mengetahui perkiraan modal yang harus digunakan dan juga keuntungan yang didapat | image 1

Besar kecilnya jumlah modal ternak ayam kampung pemula yang dibutuhkan bisa dipengaruhi oleh skala dan lokasi usaha.

Skala usaha yang besar maka akan membutuhkan alat dan peralatan yang lebih banyak dan canggih apabila dibandingkan dengan usaha yang skala kecil.

Usaha yang dibangun di dekat perkotaan maka akan cenderung membutuhkan modal ternak ayam kampung pemula yang tentunya lebih tinggi jika dibandingkan di pedesaan.

DOC Joper di hobiternak.com berkualitas dan ayam yang dikirim sehat-sehat | image 2
DOC Joper di hobiternak.com berkualitas dan ayam yang dikirim sehat-sehat | image 2

Hal ini berkaitan dengan harga lahan. Biaya lahan di perkotaan lebih mahal apabila dibandingkan di pedesaan. Di desa, bisa menjalankan usaha ternak ayam modal kecil dibawah 1 juta dengan cara menggunakan lahan milik sendiri.

Selain itu, tingkat upah tenaga kerja di desa lebih terjangkau apabila dibandingkan di Kota. 

Permodalan dalam usaha ternak ayam kampung harus direncanakan sedemikian rupa sehingga segala kebutuhan untuk proses produksi bisa terpenuhi dan akhirnya akan berjalan dengan baik.

Baca juga : Simak!! Solusi Cara Ternak Ayam Joper Agar Cepat Panen

Analisa Usaha Ternak Ayam Kampung

Dalam hal modal ternak ayam kampung pemula sebenarnya relatif terjangkau bisa memulai pembelian DOC dan dipanen usia 60 sampai 70 hari dengan bobot  rata rata 0,8 – 1 kg/ Ekor.

Atau bisa juga dengan memelihara indukan misalkan menggunakan ternak ayam jago kampung dan betina dengan komposisi perbandingan 1 jantan dan 4 – 5 betina dalam satu kandang. 

Dengan menggunakan cara tersebut maka perkiraan ternak ayam modal 500 ribu bisa terlaksana. Selain itu, untuk meminimalkan modal bisa  dengan membuat kandang ternak ayam rumahan.

Contohnya dengan cara memanfaatkan beternak ayam di pekarangan rumah. Disisi lain, dalam pemeliharaan ayam kampung juga tidak membutuhkan ukuran kandang yang terlalu besar dan bisa cukup satu ruangan saja. 

Saat ini ternak ayam kampung super banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Karena memiliki masa panen yang cepat yakni sekitar 60 hari panen atau 2 bulan saja | image 3
Saat ini ternak ayam kampung super banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Karena memiliki masa panen yang cepat yakni sekitar 60 hari panen atau 2 bulan saja | image 3

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka tidak ada alasan peternak yang selalu beranggapan jika ternak ayam harus membutuhkan modal besar.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar menjadi peternak ayam dengan modal dibawah 1  juta. Dan berikut merupakan asumsi ternak ayam jawa super dengan modal dibawah 1 juta. 

  1. Jumlah DOC 50 Ekor.
  2. Pemeliharaan dalam waktu 60 hari.
  3. Kematian sampai dengan panen 4 %.
  4. Bobot saat dipanen rata-rata 0,9 kg.
  5. Harga jual panen Rp 28.000.
  6. Pakan menggunakan pabrikan dari DOC sampai panen.
  7. Lahan dan kandang merupakan milik sendiri.

1. Pengeluaran dalam Pemeliharaan Ayam Jawa Super

NoKeteranganHarga Satuan              (Rp)Jumlah Unit Jumlah (Rp)
1Pembelian bibit ayam470050 Ekor235.000
2Pakan 0 – 60 hari300.0002600.000
3Vitamin dan Vaksinasi100.000100.000
Total 935.000
Penimbangan bobot ayam sebelum dijual ke pasar | image 4
Penimbangan bobot ayam sebelum dijual ke pasar | image 4

2. Pemasukan 

Angka kematian standar berkisar antara 3 – 5 %. Apabila ada 50 ekor (4 %) mengalami kematian, maka pada saat panen jumlahnya menjadi 48 ekor dengan rata-rata berat 0,9 kg. Harga karkas ayam joper pada saat ini terendah di angka Rp 28.000/kg.

NoKeteranganHarga Per kg (Rp)Total Berat Semua Ayam (kg)Pendapatan (Rp)
1.Penjualan ayam28.00043,2 (0,9 kg x 48)1.209.600
Jumlah1.209.600

3. Keuntungan

Keuntungan = Pemasukan – Pengeluaran
                     = Rp 1.209.600 – Rp 935.000
                     = Rp 274.600

Dari analisa di atas maka dapat disimpulkan bahwa ternak ayam modal 1 juta bisa di mulai dengan pemeliharaan jumlah 50 ekor dan bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp 274.600. Bagi anda yang ingin mulai beternak joper atau konsultasi seputar pemeliharaan bisa hubungi kami di nomor berikut 0812-2028-8686 

Baca juga : Cara Mudah Ternak Ayam Joper-BONUS Analisis Ternak Kapasitas 100 Ekor

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi langsung dengan kami bisa juga langsung berkunjung ke kantor pemasaran kami di Sleman | image 5
Bagi Anda yang ingin berkonsultasi langsung dengan kami bisa juga langsung berkunjung ke kantor pemasaran kami di Sleman | image 5

Kesimpulan

Beternak menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Hal yang perlu diperhatikan sebelum beternak ayam kampung super yakni dengan mempersiapkan modal ternak ayam.

Selain itu peternak pun perlu mempersiapkan perlengkapan ternak lainnya, seperti kandang, bibit/ doc ayam kampung super, pakan , tempat pakan dan minum, vitamin dan vaksin dan aneka perlengkapan kandang lainnya.

Untuk modal ternak ayam kampung pemula ini kami buat dengan jumlah ternak 50 ekor, agar peternak dapat memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan saat beternak ayam.

DOC joper bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor : 0812-2028-8686 | image 6
DOC joper bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor : 0812-2028-8686 | image 6

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam kampung super atau jenis ayam produksi lainnya seperti ayam kub, ayam elba, ayam arab, ayam kampung asli atau ayam ras pedaging lainnya bisa segera dipesan di hobiternak.com.

Untuk pengiriman dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dengan harga yang terjangkau.

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

Kata terkait : usaha ternak ayam modal kecil, ternak ayam modal 500 ribu, ternak ayam modal 1 juta, kandang ternak ayam rumahan, ternak ayam jago kampung, apa yang harus, dilakukan agar menjadi peternak ayam, beternak ayam di pekarangan rumah, ternak ayam jawa super, modal ternak ayam kampung pemula

5/5 - (3 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: pinterest.com
  • image 2: hobiternak.com
  • image 4: Owned by the author
  • image 4: Owned by the author
  • image 5: hobiternak.com
  • image 5: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA