Mengenal Jenis dan Harga Ayam Mutiara Unggulan

Harga ayam mutiara – Harga Ayam Mutiara yang terjangkau menjadikan para penghobi ayam hias semakin membludak. Harga Ayam Mutiara Unggulan siap produksi dan siap kirimkan keseluruh wilayah Indonesia. Semakin banyak jenis ayam hias yang dijadikan sebagai hewan perlombaan semakin banyak pula yang mengembangbiakkan jenis ayam ini.  Kini berternak ayam hias merupakan prospek usaha yang sangat bagus kian hari semakin meningkat, banyak orang yang beralih usaha kedalam bisnis usaha ayam ini. Meskipun dalam berternak membutuhkan kesabaran yang ekstra yang lebih agar mencapai hasil yang diinginkan.

Apakah Ayam Mutiara berasal dari Indonesia?

Ayam Mutiara sebenarnya bukan asli Indonesia dan dapat dikatakan sebagai ayam pendatang. Karena ayam  ini merupakan ayam yang berasal dari Afrika  membutuhkan perlakuan istimewa. Cara ternak ayam ini berbeda dengan jenis-jenis ayam lainnya. Ayam yang berasal dari Afrika ini memiliki ciri khas sendiri dengan memiliki corak bulu bintik-bintik putih seperti mutiara yang cantik dan eksotis.  Ayam mutiara ini sering disebut sebagai burung, akan tetapi ayam ini tidak bisa terbang jauh sehingga biasa dikenal dengan sebutan  ayam mutiara.

Apa saja jenis Ayam Mutiara?

Jenis ayam mutiara sendiri beraneka ragam dapat dibedakan menurut warna bulunya. Jenis-jenis ayam mutiara antara lain ayam mutiara silver, ayam mutiara plangkok, ayam mutiara putih dan ayam mutiara hitam namun hanya beberapa yang dapat dibudidayakan di Indonesia dan memiliki harga yang berbeda. Ayam mutiara merupakan salah satu ayam yang memiliki keunikan pada bulunya.

Keunikan ini terletak pada bulunya yang memiliki warna bintik-bintik putih yang seperti mutiara di seluruh tubuhnya. Selain itu ayam mutiara merupakan jenis ayam yang unik yaitu ayam yang mampu bergerombol bersama dengan spesiesnya. Dalam perkembangan, ayam mutiara ini merupakan hasil persilangan antara ayam mutiara dengan ayam yang lainnya, dengan begitu ayam ini termasuk ayam yang sedikit berbeda dengan ayam yang lain.

Berikut mari kita ulas mengenai jenis-jenis ayam mutiara :

  • Ayam Mutiara Silver

Harga ayam mutiara
Mutiara Silver

Ayam ini merupakan ayam mutiara unggulan yang memiliki warna abu-abu dengan memiliki bintik-bitik warna bulu yang berwarna putih. Bulu pada bagian kepalanya memiliki warna hitam keputihan dan warna kaki kuning ke abu-abuan.

Baca Juga!  Perbedaan Ayam Kalkun Jantan dan Ayam Kalkun Betina

Berikut merupakan daftar harga Ayam Mutiara Silver per ekor  :

Mutiara Silver 1 Bulan   @ Rp200.000
Mutiara Silver 2 Bulan   @ Rp250.000
Ayam Mutiara Silver 3 Bulan   @ Rp350.000
Mutiara Silver 4 Bulan   @ Rp400.000
Untuk Mutiara Silver 5 Bulan   @ Rp450.000
Sedangkan Mutiara Silver Dewasa   @ Rp500.000

  • Ayam Mutiara Plangkok

Harga ayam mutiara
Mutiara Plangkok

Ayam ini merupakan ayam  mutiara unggulan yang memiliki perpaduan warna bulu hitam dengan bulu ayam mutiara putih. Pada bagian sayap dan perutnya yang memiliki warna putih, kepala berwarna putih, leher yang berwarna kuning dan pada ayam mutiara plangkok ini memiliki kaki dan paruh yang berwarna kuning.

Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Plangkok per ekor  :

Mutiara Plangkok 1 Bulan   @ Rp175,000
Ayam Mutiara Plangkok 2 Bulan   @ Rp250,000
Mutiara Plangkok 3 Bulan   @ Rp325,000
Mutiara Plangkok 4 Bulan   @ Rp400,000
Untuk Mutiara Plangkok 5 Bulan   @ Rp425,000
Sedangkan Mutiara Plangkok Dewasa   @ Rp475,000

  • Ayam Mutiara putih 

harga ayam mutiara
Mutiara Putih

Ayam ini merupakan ayam mutiara unggulan yang memiliki bulu yang berwarna putih diseluruh tubuhnya sehingga ayam ini hampir tidak memiliki bintik  mutiara.

Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Putih per ekor  :

Mutiara Putih 1 Bulan   @ Rp200,000
Ayam Mutiara Putih 2 Bulan   @ Rp250,000
Mutiara Putih 3 Bulan   @ Rp350,000
Mutiara Putih 4 Bulan   @ Rp400,000
Untuk Mutiara Putih 5 Bulan   @ Rp450,000
Sedangkan Mutiara Putih Dewasa   @ Rp500,000

  • Ayam Mutiara Hitam

Harga ayam mutiara
Mutiara Hitam

Merupakan ayam mutiara unggulan yang memiliki bulu yang berwarna hitam dengan memiliki bintik-bintik yang berwarna putih. Ayam ini merupakan salah saju jenis ayam yang eksotis sehingga ayam ini memiliki banyak peminatnya untuk dibudidayakan maupun hanya untuk sebagai hiasan.

Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Hitam per ekor  :

Ayam Mutiara 1 Bulan   @ Rp100,000
Ayam Mutiara 2 Bulan   @ Rp125,000
Mutiara Hitam 3 Bulan   @ Rp150,000
Ayam Mutiara 4 Bulan   @ Rp200,000
Untuk Ayam Mutiara 5 Bulan   @ Rp250,000
Sedangkan Ayam Mutiara Dewasa   @ Rp300,000

Dalam produktifitas telurnya saat ini pemeliharaan ayam mutiara dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dengan semakin banyak permintaan ayam mutiara tentu semakin banyak pula orang yang memelihara ayam ini. Rata-rata dalam setahun ayam mutiara mampu bertelur kurang lebih 100 butir dalam periode tertentu pada saat musim hujan saja.Ukuran tubuhnya yang lebih besar dari ayam-ayam kampung biasa menambah keunikan pada ayam ini. Ayam mutiara juga tidak kalah agresif, gesit dan lincah dengan ayam-ayam biasanya.

Pakan

Pakan merupakan 70% dari biaya pemeliharaan yang harus memberikan zat pakan bernutrisi yang dibutuhkan oleh ayam tersebut. Dalam pemeliharaan ayam ini sama halnya dengan ayam-ayam pada umumnya. Pakan yang diberikan pada ayam bisa berupa voer maupun layer yang dicampuri dengan iris-irisan sayuran seperti kol, kangkung, bayam serta jenis-jenis sayuran lainnya yang bisa diperoleh dengan mudah. Atau bisa juga apabila Anda memiliki sisa nasi dapat dicampurkan ke dalam pakan tersebut.  Pemberian pakan pada ayam sebaiknya berupa voer maupun layer yang sudah dijelaskan diatas hal ini diyakini dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut.

Baca Juga!  Jual Ayam Mutiara Putih Dari Anakan Hingga Indukan

Bagaimana cara perawatan ayam mutiara ini?

Perlu Anda ketahui bahwa ayam mutiara merupakan salah satu dari jenis-jenis ayam pada umumnya yang tahan terhadap penyakit. Seperti halnya merawat ayam hias lain, ayam mutiara ini juga memerlukan perawatan yang khusus, perawatan yang harus memiliki kesabaran yang lebih dibandingkan dengan merawat jenis ayam lainnya. Kesabaran ini tidak hanya dalam pemberian pakan saja tetapi juga dalam pembuatan kandang yang nantinya akan menjadi tempat bertelurnya ayam mutiara .

Jika anda memilih untuk berternak dan memelihara ayam mutiara kami memberikan tips cara perawatan yang baik :

A. Persiapan Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal bagi ayam untuk berteduh dari sinar matahari maupun hujan, sebagai tempat peristirahatan dan juga sebagai tempat berlindung dari para pemangsa ayam tersebut.

B. Pakan dan Air Minum

Pakan dan minum merupakan hal terpenting dalam  berternak ayam. Gunakanlah air yang jernih terbebas dari kuman serta tidak berwarna. Alangkah baiknya jika menggunakan air matang maka kesehatan pada ayam mutiara akan lebih terjaga dengan baik.

C. Merawat Kandang

Menjaga pemeliharaan kebersihan kandang sebaiknya dapat dilakukan setiap hari. Dengan membersihkan kandang dari kotoran maupun sisa-sisa makanan. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kandang ayam agar selalu higienis supaya terhindar dari macam bibit penyakit .

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam mutiara, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau melalui kargo hewan terpercaya. Selain itu kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dan memberi pelayanan yang terbaik. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

 

Kata terkait : 
harga ayam mutiara putih, makanan ayam mutiara, daging ayam mutiara, jumlah telur ayam mutiara, jenis ayam mutiara, berat ayam mutiara,

Viky Ristiyarti

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA