7 Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Ayam Petelur

Salah satu jenis ayam yang paling banyak diinginkan para peternak pemula untuk dikembangbiakan yaitu jenis ayam petelur. Membuka usaha ayam petelur sangat berpeluang bagus, pasalnya kebutuhan telur masyarakat Indonesia semakin hari semakin meningkat. Pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan membuat konsumsi telur ayam juga melonjak. Telur ayam memang memiliki rasa yang lezat dan enak. Banyak menu makanan lezat yang dibuat dari bahan dasar telur. Tidak hanya itu, telur juga dapat dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan roti. 

Ayam petelur adalah jenis ayam yang diternakan untuk diambil telurnya. Tak tanggung-tanggung produktivitas ayam petelur bisa mencapai sekitar 250-280 butir/ekor dalam setahun. Jadi bisa dikatakan satu ekor ayam bertelur dalam 1 minggu sekitar 5-7 butir. Hasil yang sangat tinggi bukan. 

Dalam beternak ayam petelur perlu adanya ilmu yang cukup dan memadai. Dengan ilmu yang cukup, diharapkan proses beternak ayam petelur akan berjalan dengan lancar dan sukses. Kadangkala ada peternak yang hanya berpikiran tentang keuntungan yang didapat saat beternak ayam petelur saja, namun tidak memikirkan apakah ilmu yang dimiliki itu sudah memadai atau belum. Memutuskan untuk beternak, perlu adanya kesiapan tidak hanya finansial saja namun ilmu pengetahuan juga. 

Binsis ternak ayam petelur bila dikerjakan dengan sungguh-sunggu dan sesuai prosedur maka bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi | Image 1
Binsis ternak ayam petelur bila dikerjakan dengan sungguh-sunggu dan sesuai prosedur maka bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi | Image 1

Ilmu pengetahuan sangat penting dalam beternak ayam karena ada beberapa proses dalam beternak yang harus dilakukan dengan menggunakan ilmu. Cara yang asal-asalan akan membuat usaha peternakan ayam petelur Anda menjadi gagal dan rugi. Untuk beternak ayam petelur, modal yang harus dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan beternak ayam lain. Harga DOC atau pullet yang tinggi, perlu adanya kehati-hatian dalam menanganinya. 

Banyak dari peternak ayam petelur yang berhasil dalam mengembangkan usahanya namun tak sedikit juga yang gagal. Lalu apa penyebab kegagalan dalam beternak ayam petelur? Mari simak informasi berikut ini untuk mengetahui beberapa penyebab kegagalan berbisnis ayam petelur. 

Baca juga : 9 Jenis Ayam Petelur Unggul

Berikut adalah beberapa penyebab kegagalan bisnis ayam petelur : 

1. Perawatan yang tidak tepat

Perawatan yang asal-asalan dan tidak sesuai dengan prosedur bisa menyebabkan gagalnya proses beternak | Image 2
Perawatan yang asal-asalan dan tidak sesuai dengan prosedur bisa menyebabkan gagalnya proses beternak | Image 2

Sebelum beternak ayam petelur sebaiknya pelajari dahulu dan pahami bagaimana perawatan ayam petelur, bagaimana cara beternak ayam petelur yang benar. Ilmu yang perlu dan penting dimiliki peternak ayam petelur yaitu diantaranya tentang persiapan kandang, pakan yang tepat, vitamin yang digunakan, vaksin yang tepat untuk ayam petelur dan penanganan jika ayam sakit. Itu semua sangat penting dipahami sebelum beternak ayam petelur. 

Baca juga : Bagaimana Program Vaksinasi Ayam Petelur yang Benar ?

2. Manajemen keuangan

Memanajemen uang masuk dan uang keluar dalam proses beternak dapat membuat peternak mengetahui berapa keuntungan atau kerugian yang didapat | Image 3
Memanajemen uang masuk dan uang keluar dalam proses beternak dapat membuat peternak mengetahui berapa keuntungan atau kerugian yang didapat | Image 3

Dalam berbisnis, manajemen keuangan sangat penting untuk diperhatikan, pasalnya untuk menghindari adanya penyelewengan keuangan. Pencatatan keuangan yang perlu dicatat yaitu uang keluar dan masuk. Pencatatan ini juga bisa untuk mengetahui apakah bisnis yang dijalankan untung atau rugi. Tim akuntansi inilah yang menjadi peran penting dalam menjalankan tugasnya. 

3. Harga yang tidak stabil 

Harga telur yang menurun akan membuat keuntungan yang didapat peternak berkurang | Image 4
Harga telur yang menurun akan membuat keuntungan yang didapat peternak berkurang | Image 4

Harga jual telur bagi peternak ayam petelur sangat berpengaruh dalam bisnisnya. Jika harga telur turun maka tidak menutup kemungkinan bisnisnya akan mengalami kerugian, namun jika harga telur melonjak tinggi maka bisnisnya akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Biasanya harga telur melambung tinggi yaitu pada saat hari besar seperti idul fitri, idul adha, hari libur dan juga musim hajatan. Sedangkan harga telur turun yaitu saat hari biasa. Pada hari biasa, daya beli masyarakat untuk membeli telur akan mengalami penurunan. 

4. Persaingan pasar

Strategi pasar yang bagus dapat membantu kemajuan usaha ternak Anda | Image 5
Strategi pasar yang bagus dapat membantu kemajuan usaha ternak Anda | Image 5

Dalam berbisnis pasti ada persaingan pasar yang akan menghadang. Dengan strategi pemasaran yang tidak tepat, juga akan menyebabkan kegagalan dalam berbisnis. Strategi pemasaran sangat penting demi kelangsungan hidup bisnis Anda. Anda perlu mengatur strategi pemasaran yang bagus supaya telur yang dihasilkan tidak terlalu lama ditimbun. Karena biasanya konsumen tidak mau jika telur terlalu lama ditimbun dan tidak fresh. Hal ini akan mengakibatkan daya beli konsumen menurun dan konsumen harus berpikir ulang untuk membeli. 

5. SDM (Sumber Daya Manusia) yang Kurang Berkualitas

Carilah SDM yang berkualitas untuk mengelola usaha peternakan Anda | Image 6
Carilah SDM yang berkualitas untuk mengelola usaha peternakan Anda | Image 6

Kegagalan bisnis ternak ayam petelur bisa terjadi juga bisa disebabkan karena sumber daya manusia yang kurang berkualitas. Apabila peternakan Anda dikelola oleh orang-orang yang tidak berkompeten maka dalam perawatan ayam petelur, mereka akan melakukannya dengan asal-asalan. SDM yang kurang berkualitas yaitu contohnya tidak bisa dipercaya, memperlakukan atau merawat ayam secara tidak baik, tidak mengelola kebersihan kandang dengan baik, bekerja dengan bermalas-malasan. Peran Anda sebagai pemimpin disini sangat penting untuk menyeleksi siapa pekerja yang cocok untuk bekerja di bisnis ternak Anda. 

6. Dalam Memilih Mitra Kurang Tepat

Bermitra dengan perusahaan yang bagus dan dapat dipercaya akan membantu Anda untuk mensukseskan usaha ternak | Image 7
Bermitra dengan perusahaan yang bagus dan dapat dipercaya akan membantu Anda untuk mensukseskan usaha ternak | Image 7

Saat ini banyak perusahaan abal-abal yang memberikan iming-iming ke peternak tentang keuntungan jika Anda bermitra dengan mereka. Jika dalam memilih mitra Anda kurang tepat maka akan membuat bisnis ternak Anda menjadi rugi. Karena banyak perusahaan yang menawarkan bibit atau pakan yang berkualitas, namun nyatanya bibit atau pakan tersebut tidak berkualitas dan menyebabkan pertumbuhan ayam menjadi terhambat. 

Baca juga : √ Cara Mudah Menentukan Modal Ternak Ayam Petelur 100 ekor

7. Cuaca yang Ekstrim

Kegagalan bisnis ternak ayam petelur juga dapat disebabkan oleh cuaca yang ekstrem | Image 8
Kegagalan bisnis ternak ayam petelur juga dapat disebabkan oleh cuaca yang ekstrem | Image 8

Kegagalan bisnis ternak ayam petelur juga disebabkan oleh cuaca yang ekstrim. Cuaca yang ekstrim akan membuat ayam menjadi banyak terserang penyakit dan bisa sampai mati. Pada cuaca ekstrem tersebut, banyak ayam yang stress dan mengakibatkan penurunan produktivitas telur.Tidak hanya ayam petelur saja yang ikut terdampak, namun sektor peternakan lainnya juga akan ikut terdampak. 

Itu dia informasi penyebab kegagalan bisnis ayam petelur. Dengan mengetahui beberapa hal yang menjadi kendala dalam proses beternak ayam petelur, diharapkan peternak akan menjadi lebih selektif dan cermat dalam beternak.

Beberapa penyebab kegagalan bisnis ternak ayam petelur di atas juga bisa tidak berpengaruh ke peternak jika dalam mengelola bisnis ternak ayam petelur sesuai dengan prosedur. Sudah banyak terbukti peternak ayam petelur yang sukses dan dapat menghasilkan keuntungan yang banyak tiap bulannya. 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan ilmu Anda. 

Dan jika Anda berminat untuk beternak ayam petelur, kami dari hobiternak.com jual DOC ayam petelur. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia dan dengan menggunakan kargo hewan terpercaya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor kami dibawah ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK Ayam Petelur word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 2: pixabay.com
  • Image 2: pixabay.com
  • Image 3: google.com
  • image 5: thenews.com.pk
  • image 4: beritamalukuonline.com
  • Image 6: saran.id
  • Image 6: mbizmarket.co.id
  • Image 8: kompas.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA