Pakan Alternatif Bebek untuk Menunjang Produktifitas Telur

Pemeliharaan bebek petelur merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan karena tingkat konsumsi telur bebek di masyarakat yang cukup tinggi sehingga permintaan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut tentu menjadi peluang bisnis bagi para peternak profesional. Dan untuk pemeliharaan bebek petelur sebenarnya cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh peternak pemula. Salah satu yang menjadi perhatian adalah pakan bebek petelur. 

Pakan menjadi salah satu faktor utama dalam dunia peternakan. Kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi dalam pakan bebek petelur akan membuat pertumbuhan dan perkembangan bebek untuk menghasilkan telur semakin berkualitas. Para peternak bebek petelur pun perlu mempersiapkan jenis – jenis pakan yang berkualitas untuk bebek. Karena jika pakan tidak diperhatikan dengan baik, dikhawatirkan akan menurunkan jumlah produktifitas telur bebek yang dihasilkan.


14 Daftar Makanan yang di sukai Bebek:

  1. Onggok. Limbah yang di hasilkan dari pengolahan singkong
  2. Jagung. Segala macam jagung baik utuh maupun giling.
  3. Dedak. Hasil sampingan dari pengolahan padi.
  4. Tepung Ikan. Ikan yang di proses menjadi tepung
  5. Tepung Keong. Keong yang di olah menjadi tepung.
  6. Tepung Bekicot. Bekicot yang di proses menjadi tepung.
  7. Ikan kecil. Biasanya menjadi limbah di daerah nelayan.
  8. Limbah/Jeroan Ikan yang di buang. Mudah di dapat di area pengolahan hasil nelayan.
  9. Polar. Merupakan hasil dari limbah penggilingan gandum.
  10. Bungkil Kedelai. Bahan pakan limbah pengolahan biji kedelai
  11. Ampas Tahu. Hasil samping dalam proses pembuatan tahu yang yang berbentuk padat
  12. Ampas Tempe. Limbah industri pembuatan tempe berupa kulit ari kedelai
  13. Sorgum. Salah satu biji-bijian yang mirip sereal dan kebanyakan di gunakan untuk Peruntukan pakan ternak.
  14. Tepung Kulit Telur. Mudah di dapat dari area industri yang banyak menggunakan telur.

Tetapi perlu dingat juga untuk peternak agar tidak asal – asalan dalam memberikan pakan pada bebek petelur. Pemberian pakanya haruslah sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan bebek dan sesuai takaran yang dianjurkan. Karena untuk memaksimalkan hasil produksi telur bebek haruslah sebading dengan jenis pakan yang diberikan.

Lalu bagaimana pemberian pakan bebek petelur agar efektif, murah dan berkualitas untuk menunjang produktifitas telur bebek ? Simak penjelasanberikut ini

Jenis – jenis Pakan Bebek Petelur 

Seperti penjelasan kami diatas bahwa pakan yang baik dan berkualitas dapat menunjang produktiftas telur bebek menjadi tinggi. Untuk pemberian pakanya pun juga harus memperhatikan jumlah vitamin serta gizi yang ada di dalam pakan. Jika peternak hanya fokus pada pemberian pakan pabrikan saja maka bisa dipastikan biaya pakan yang akan dikeluarkan peternak akan membengkak. Maka dari itu perlu adanya inovasi dari peternak untuk mengkolaborasikan pakan pabrikan dengan bahan pakan alternatif yang ada di sekitar rumah, sepeti bekatul, nasi aking, daun – daun hijauan dan lain sebagainya. 

Produktivitas bebek mojosari tidak perlu diragukan lagi. Mas produksi telur bebek mojosari mencapai 200 - 220 butir per ekor dalam setahun. | image 1
Produktivitas bebek mojosari tidak perlu diragukan lagi. Mas produksi telur bebek mojosari mencapai 200 – 220 butir per ekor dalam setahun. | image 1

Pakan yang dapat diberikan untuk bebek petelur terbagi menjadi pakan sumber energi, pakan sumber protein, dan pakan sumber mineral. Mari kita simak penjelasanya berikut ini : 

1. Pakan Sumber Energi

Pakan sumber energi untuk bebek petelur ini diperoleh dari jenis umbi – umbian atau sereal. Bebek petelur membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas sehari – hari, seperti bergerak, bertelur, terbang, berenang dan lain sebagainya. Pakan sumber energi cukup penting karena menunjang produksi telur yang dihasilkan. Adapun untuk jenis pakan sumber energi sebagai berikut : 

  • Sorgum
  • Jagung Kuning
  • Singkong
  • Dedak Padi
  • Polar
  • Tepung roti
  • Minyak CPO(Crude palm oil)

Baca juga :  Yuk, kenali 6 Tips Supaya Bebek Bertelur Setiap Hari

Sumber pakan alternatif hewani yang bisa digunakan adalah tepung ikan karena kandungan nutrisinya baik | image 2
Sumber pakan alternatif hewani yang bisa digunakan adalah tepung ikan karena kandungan nutrisinya baik | image 2

2. Pakan Sumber Protein

Untuk jenis pakan sumber protein ini terdiri dari bahan nabati dan juga hewani. Kandungan protein inilah yang dapat menujang produktifitas telur menjadi cukup tinggi. Pakan sumber protein terdiri dari bungkil kelapa, bungkil kacang hijau, berbagai jenis tepung misalnya tepung ikan, tepung tulang dan tepung daging.  Jenis pakan tersebut cukup mudah di dapat dipasaran dengan harga yang terjangkau sehingga peternak tidak kesulitan mendapatkannya. Jenis – jenis pakan yang memilki protein tinggi adalah sebagai berikut ini 

Jenis Pakan Sumber Protein adalah sebagai berikut :

  • Bungkil Kedelai
  • Corn Gluten Meal (CGM)
  • Tepung Ikan
  • Bungkil Kelapa
  • Bungkil Kacang Tanah
  • Tepung Daging dan Tulang
  • Konsentrat
 image 3
Tepung Keong menjadi salah satu bahan pakan alternatif yang dapat diberikan untuk bebek petelur | image 3

3. Pakan Sumber Mineral

Untuk pakan sumber mineral bisa didapatkan pakan minyak ikan dan minyak kelapa. Pakan sumber mineral diberikan dalam jumlah yang terbatas pada bebek. Saat ini banyak terdapat voer atau konsentrat siap pakai yang terdapat di pasaran. Voer tersebut mempunyai komposisi yang pas sesuai dengan jenis bebek yang dipelihara.

Namun jika mengandalkan voer yang siap pakai tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk itu agar lebih efisien dan hemat biaya maka peternak perlu memberikan berbagai jenis bahan pakan tambahan yang mempunyai kandungan yang gizi yang baik dan seimbang. Hal tersebut cukup penting mengingat produktivitas bebek cukup dipengaruhi dari jenis pakan yang dikonsumsinya. Bahan pakan sumber mineral terkandung di : 

  • Tepung Keong Mas 
  • Tepung Bekicot
  • Tepung Kulit Telur 

Baca juga : Tingkatkan Produktifitas Telur Bebek dengan Pakan Alternatif

Menyusun Formula Pakan Untuk Bebek Petelur

Dalam pemberian pakan pada bebek petelur peternak dapat meracik sendiri formula pakan yang cocok untuk Bebek Petelur. Penyusunan formula pakan untuk bebek petelur tentunya berbeda dengan formula pakan untuk bebek pedaging, oleh karena itu peternak harus memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan nutrisi setiap jenis dan pertumbuhan bebek sebelum menyusun formulasi pakannya. Ragam formulasi tersebut disusun berdasarkan presentase nutrisi dari setiap bahan pakan yang tersedia.

Pakan Campuran untuk ternak Bebek Petelur | image 4
Pakan Campuran untuk ternak Bebek Petelur | image 4

Selain itu peternak juga dapat memanfaatkan pakan jadi bebek petelur. Bisanya peternak yang menggunakan pakan jadi bebek petelur atau pakan pabrikan ini dihadapkan harga pakan yang semakin mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Maka dari itu kini formula pakan yang berasal dari bahan – bahan alami sudah banyak peternak terapkan guna menekan biaya pembelian pakan. Sebelum memberikan pakan alternatif bebek tersebut alangkah baiknya jika peternak mengetahui presentasi kandungan gizi dalam setiap pakan. Dengan demikian pakan alternatif bebek tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan si bebek. 

Tips Menyusun Formula Pakan Itik

  • Tentukan umur bebek yang akan diberikan pakan
  • Tentukan kebutuhan nutrien bebek yang akan digunakan
  • Tentukan bahan pakan yang akan digunakan, semisal bahan protein, mineral atau energi
  • Tentukan kandungan nutrien pakan
  • Pertimbangkan kandungan serat kasar pada bahan pakan yang tersedia

Baca juga : Komposisi Pakan Bebek Hibrida

Bebek pada umumnya mulai bertelur pada 6 bulan. Pada awal masa bertelur, bebek perlu penyesuaian dan tidak langsung secara rutin bertelur setap hari. Setelah 6 bulan lebih bebek sudah mulai bertelur. Untuk bebek mojosari dapat menghasilkan telur selama 11 bulan dalam setahun sehingga produksi telurnya cukup banyak. Dan untuk mendukung produksi telur  perlu pemeliharaan yang intensif. Dengan pemeliharaan tersebut bebek akan mendapat asupan makan yang teratur. Bebek juga beraktivitas hanya di dalam kandang sehingga tidak banyak energi yang terbuang.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha budidaya bebek petelur. Kami dari hobiternak.com menyediakan DOD Bebek Mojosari Petelur. Untuk harga DOD Mojosari Petelur 2020 cukup terjangkau. 

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK pakan alternatif bebek word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata Terkait: ternak bebek petelur,  harga DOD bebek mojosari petelur, pakan bebek petelur, pakan alternatif, pakan bebek petelur kering, pakan itik petelur murah, pakan bebek murah, makanan bebek agar cepat besar, pakan bebek pedaging, harga pakan bebek petelu,r takaran pakan itik petelur, pakan bebek petelur untuk 100 ekor, pakan jadi bebek petelur

*Yuni Ambarwati*
*.

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 4: es.pinterest.com
  • image 2: facebook.com
  • Tepung Keong: Tokopedia.com
  • image 2: contohternak.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA