musim pancaroba

Memelihara Ayam pada Saat Musim Pancaroba

Memelihara Ayam pada Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba merupakan musim kombinasi antara musim kemarau dengan musim penghujan peralihan. Pada musim pancaroba ini dampak yang paling besar yaitu hewan lebih rentan terserang wabah penyakit. Perbedaan suhu yang cukup ekstrim akan membawa akibat menurunnya daya tahan tubuh ayam. Dengan begitu ayam akan mudah terserang penyakit.

musim pancaroba

musim pancaroba

Beberapa dampak musim pancaroba pada perkembangan ayam:

  1. Perkembangan DOC kurang optimal

DOC atau day of chicken merupakan anakan atau bibit ayam yang baru saja ditetaskan. Dampak yang nyata terjadi yaitu proses penyerapan kuning telur tidak sempurna yang menyebabkan kekebalan tubuhnya menjadi rendah. Akibat dari proses yang tidak sempurna tersebut menyebabkan pertumbuhan DOC menjadi kurang optimal.

  1. Ayam mudah terjangkit berbagai penyakit

Ayam Sakit

Ayam Sakit

Pada musim pancaroba terjadi peningkatan jumlah partikel debu. Partikel tersebut merupakan media penyebaran E. Coli yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan yang masuk ke dalam tubuh ayam pada saat ayam nafasnya tersenggal-senggal karena stress.

Dengan menurunnya daya tahan tubuh akibat stress maka ayam akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Ayam akan mulah terinfeksi bibit penyakit. Dengan kondisi suhu yang ekstrem hal tersebut dapat dengan mudah menular ke ayam yang lain.

  1. Penurunan kualitas pakan ternak

Pada saat musim pancaroba akan membawa dampak pada penurunan kualitas pakan karena pada saat itu kelembapan cukup tinggi. Kelembapan yang cukup tinggu dan penyimpanan yang kurang tepat akan menyebabkan kualitas pakan menjadi berkurang. Pakan ternak akan mudah ditumbuhi jamur. Jika pakan ternak tetap dikonsumsi oleh ayam tentu bisa menyebabkan pencernaan menjadi terganggu.

  1. Penurunan kualitas air minum

Pada saat musim kemarau air yang ada di penampungan atau sumur menjadi keruh. Bila akan digunakan untuk air minum ayam, air tersebut perlu diendapkan terlebih dahulu. Bila telah jernih dan terbebas dari zat-zat yang mencemari, maka air tersebut dapat dikonsumsi oleh ayam. Air bersih merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam pertumbuhan dan perkembangan ayam.

  1. Dapat menurunkan kekebalan tubuh ayam

Cuaca yang cukup ekstrem dapat menurunkan daya tahan dan kekebalan tubuh ayam. Vaksinasi yang telah dilakukan pada ayam seringkali tidak berhasil dengan baik jika dilakukan pada musim pancaroba.

Untuk melakukan vaksinasi dilakukan saat ayam dalam kondisi sehat, dilakukan pada pagi atau siang hari (saat suhu sekitar kandang tidak cukup tinggi) dan dilakukan oleh orang yang sudah profesional.

Dengan mengetahui dampak yang bisa terjadi pada saat musim pancaroba, maka kita perlu melakukan upaya pencegahan agar mengurangi resiko terjadinya kematian pada ayam. Langkah pertama pencegahan diantarannya dengan memberikan vaksinasi sebelum musim pancaroba. Pemberian pakan dan minum yang berkualitas, pemberian suplemen atau multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh ayam agar tetap prima.

DOC ayam kampung super

DOC ayam kampung super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Jual ayam kampung super pedaging, ternak ayam kampung super dengan pola kemitraan, harga bibit atau anakan ayam kampung super di Pulau Jawa, pakan untuk ayam kampung pedaging, ukuran kandang yang sesuai untuk memelihara DOC ayam kampung, tingkat kepadatan ayam kampung super pada fase grower, bagaimana mengatasi kendala serta meningkatkan usaha peternakan di indonesia, permasalahan di bidang peternakan, kendala beternak ayam, permasalahan peternakan unggas, apa hambatan pengembangan sektor peternakan unggas di indonesia, resiko ternak ayam potong, kelemahan usaha ayam petelur

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s