7 Upaya Agar Ayam Kampung Super Lebih Tahan Terhadap Penyakit

7 Upaya Agar Ayam Kampung Super Lebih Tahan Terhadap Penyakit

Salah satu kelebihan Ayam Kampung Super adalah lebih tahan terhadap serangan penyakit dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Kelebihan tersebut karena Ayam Kampung Super merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis ayam yang mempunyai keunggulan dengan betina ayam petelur dan mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Dari sifat genetik ayam ras petelur, Ayam Kampung Super mewarisi sifat unggul diantaranya mampu menghasilkan telur dengan jumlah yang banyak dan ukuran yang lebih besar dibandingkan telur ayam kampung biasa. Sedangkan dari ayam kampung, ayam kampung super mewarisi dagingnya yang enak dan gurih, daya tahan tubuhnya yang prima, lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Meskipun Ayam Kampung Super mempunyai sifat yang lebih tahan terhadap penyakit, namun kita perlu melakukan berbagai upaya lain supaya ayam yang kita pelihara tidak mudah sakit dan tahan terhadap cuaca ekstrim. Seperti yang kita ketahui bersama, pada saat pergantian musim dimana suhu pada siang hari cukup panas dan suhu pada malam hari sangat dingin akan mengakibatkan stamina tubuh unggas akan menurun.

Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang optimal maka ayam yang kita pelihara dapat menurun staminanya. Diantara gejala ayam yang menurun staminanya diantaranya ayam tampak lemah, lesu, kurang nafsu makan. Jika hal ini berkelanjutan maka akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh ayam terhambat.

Apa saja upaya pencegahan agar ayam tidak mudah terkena penyakit?

  1. Sanitasi kandang

sanitasi kandang
sanitasi kandang

Kandang perlu sanitasi yang baik. Sekeliling kandang dibuat aliran air agar air tidak menggenang dan dapat dijadikan sarang jentik nyamuk dan hewan yang bisa menjadi perantara penyakit.

  1. Ventilasi kandang

Kandang dengan ventilasi baik
Contoh Kandang dengan ventilasi baik

Kandang yang baik perlu ventilasi yang baik agar udara segar dapat masuk ke kandang. Dengan demikian udara disekitar kandang menjadi sejuk. Kandang yang terlalu panas akan mengakibatkan ayam mudah lemah dan lesu dan gampang sakit.

  1. Pemberian pakan dan minum yang bernutrisi

Baca Juga!  Jual DOC Ayam Joper Mojokerto, Yuk Kepoin Harganya
Contoh pakan yang berkualitas untuk ayam kampung super
Contoh pakan yang berkualitas untuk ayam kampung super

Pakan dan minum juga mempengaruhi ayam agar mempunyai stamina dan lebih tahan terhadap penyakit. Ayam yang kurang mendapat asupan yang bagus badannya akan lemah serta rentan terkena penyakit.

  1. Memberikan multivitamin sebagai penambah stamina ayam

  2. Melakukan pemisahan terhadap ayam yang sakit.

Ayam Sakit
Ayam Sakit

Ayam yang sakit perlu penanganan khusus agar tidak menular ke ayam yang lain. Hal tersebut penting sebagai upaya pencegahan.

  1. Perlunya fumigasi sebelum ayam masuk ke kandang.

fumigasi kandang
fumigasi kandang

Sebelum kita menggunakan kandang sebagai tempat untuk pemeliharaan ayam , kandang terlebih dahulu difumigasi agar bibit penyakit tidak mudah tumbuh dan berkembang di area kandang.

  1. Lantai litter pada kandang perlu dibolak-balik agar tidak lembab dan ditumbuhi jamur.

Kandang yang berjenis postal dengan lantai litter perlu melakukan kontrol terhadap litter. Setiap 3-4 hari sekali litter kandang perlu di bolak-balik agar tidak lembab dan ditumbuhi jamur.

Kata terkait:

Ternak ayam kampung super pedaging, produksi telur ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, beternak secara intensif, jenis kandang untuk ayam kampung, pakan untuk ayam kampung super, jadwal vaksinasi untuk ayam kampung super, cara mengatasi berbagai penyakit pada ayam, ayam kampung super petelur, harga jual ayam kampung pedaging, usaha ternak ayam petelur, bisnis peternakan yang paling menguntungkan, ternak yg cepat menghasilkan uang, ternak yang paling cepat panen, ternak ayam kampung super cepat, cara beternak ayam kampung biar cepat besar

**Yuni Ambarwati**

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA