Bebek Lokal Mojosari

11 Macam Penyakit yang Sering Menyerang Bebek dan Solusinya

11 Macam Penyakit yang Sering Menyerang Bebek dan Solusinya

Dalam beternak Bebek tentu pencegahan terhadap penyakit adalah satu kewajiban yang tidak bisa dihindarkan apabila dalam beternak Bebek diharapkan memberi keuntungan yang maksimal. Berbagai cara pencegahan telah dilakukan pada peternakan bebek yang baik. Bisa dicontohkan kesehatan bebek dan kebersihan lingkungan peternakan maupun vaksinasi terhadap penyakit tertentu yang sulit untuk diobati.

Jenis penyakit apa sajakah yang sering menyerang bebek ?

Menurut penelitian Kingston dan Dharsono pada tahun 1977; Kingston dan Slamet pada tahun 1981 diketahui bahwa penyakit yang menyerang Bebek di Indonesia tidak kalah dari penyakit unggas lain. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sampai sekarang masihs belum diketahui jelas penyakit yang menyerang Bebek.

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

Penyakit bebek terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Penyakit tidak menular

  2. Penyakit menular

1. Penyakit Tidak Menular Pada Bebek

Penyakit tidak menular pada Bebek adalah penyakit yang banyak disebabkan oleh buruknya sistem tata laksana pemeliharaan, seperti bebek keracunan, kebersihan kandang yang buruk, dan kekurangan vitamin dan mineral.

Apa saja penyakit tidak menular yang menyerang Bebek ?

  • Stress

Stress dapat disebabkan oleh berbagai faktor pengganggu yang secara langsung mempengaruhi fisiologi tubuh bebek. Misalnya keramaian dan kurang bebasnya bermain di dekat air. Obat untuk menanggulangi stress memang belum ada. Yang dapat dilakukan peternak adalah menghindarkan segala gangguan yang mungkin menimbulkan stress dengan cara memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan.

  • Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat mengganggu pertumbuhan bebek. Bebek yang kekurangan vitamin A akan mudah mengantuk, kondisi kaki lemah, mata tertimbun lendir dan mudah terkena infeksi. Kekurangan vitamin A pada Bebek juga dapat mengakibatkan penurunan produksi telur, tubuh mengurus dan lemah. Jagung kuning merupakan sumber vitamin A yang diperlukan dalam komposisi ransum pakan bebek.

  • Antibiotika Dermatitis

Penyakit ini biasa menyerang Bebek karena penggunaan obat-obatan yang mengandung antibiotika secara berlebihan. Akibat yang ditimbulkan adalah kulit kering, bulu rontok dan mudah patah, bebek selalu gelisah karena rasa gatal dikulitnya. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan antibiotika seperlunya.

  • Rickets Duck

Rickets Duck

Rickets Duck

Penyakit Rickets Duck adalah penyakit tulang pada Bebek yang bisa menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini disebabkan oleh komplikasi kekurangan kalsium, fosfor dan vitamin D3. Pencegahan yang bisa dilakukan dengan memberikan makanan yang mengandung mineral, kalsium, fosfor dan vitamin D.

  • Keracunan Garam

Penyakit ini umunya terjadi karena air minum yang diminum Bebek atau air kolam banyak mengandung kadar garam yang tinggi atau bahan baku lainnya yang berkadar garam tinggi. Keracunan banyak terjadi di lokasi peternakan dekat dengan pantai atau tambak yang airnya tercemar garam.

2. Penyakit Menular Pada Bebek

Penyakit menular merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau kuman yang disebabkan melalui kontak langsung atau lewat udara.

Apa saja penyakit menular yang menyerang Bebek ?

  • Colera

Penyakit colera menyerang Bebek karena disebabkan oleh bakteri Pasteurella Avicia. Kandang yang basah dan lembab mempercepat penularan bakteri ini. Colera banyak menyerang anak bebek usia 4 minggu bisa menimbulkan kematian sampai 50%, sedang pada bebek dewasa menimbulkan kematian kurang dari 50%.

Gejala yang ditimbulkan terlihat gejala sesak nafas, pial bengkak dan panas, jalan sempoyongan, meratap dan mengeluarkan suara nyaring. Penyakit ini dapat menyebabkan infeksi darah. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan vaksinasi Fowl Cholera, penyuntikan serum darah hewan yang mempunyai kekebalan terhadap penyakit kolera. Sedangkan pengobatan terhadap bebek yang sudah terserang penyakit ini bisa diberikan obat Chloramphenicol, Tetra Cycline atau preparat sulfa.

  • White eye

White Eye pada Bebek

White Eye pada Bebek

Penyakit ini sering menyerang bebek disegala umur. Penyebabnya adalah virus, penyebarannya pun sangat cepat. Bebek yang kekurangan vitamin A mudah terserang penyakit ini. Kandang Bebek yang lembab dan lantai kandang yang basah merupakan salah satu faktor bebek mudah terserang penyakit ini. Gejala yang ditimbulkan adalah keluarnya cairan bening dari mata dan paruh, kotoran yang bening dalam beberapa jam berubah menjadi kekuningan, sulit bernafas, lemah dan lumpuh. Pencegahan yang bisa dilakukan dengan memberikan antibiotika yang dapat di campurkan dalam air minum atau pakannya.

  • Coccidiosis bebek

Coccidiosis adalah penyakit berak darah yang menyerang Bebek. Gejala yang ditimbulkan yaitu kurangnya nafsu makan, berat badan menurun dan akhirnya lumpuh. Penularan melalui kotoran bebek relatif lebih cepat menyerang Bebek yang masih berusia anakan. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan obat-obatan seperti coccidiostat melalui obat yang dicampurkan dalam pakan atau minum.

  • Coryza Bebek

Penyakit coryza disebut juga penyakit pilek menular. Penyakit ini banyak terjadi pada awal pergantian musim. Gejala yang ditimbulkan adalah keluarnya kotoran cair kental dari mata dan gejalanya pun mirip dengan penyakit white eye. Kematian akibat penyakit ini cukup tinggi. Pencegahan yang bisa dilakukan dengan memberikan antibiotika yang dicampur dalam pakan dan minum dan bisa dengan menyuntikkan obat streptomycin sulphate. Pada anak Bebek yang berusia anakan bisa diberikan lewat minum atau makanan.

  • Salmonellosis

Penyakit ini banyak menyerang Bebek di segala usia, dan bisa menyebabkan angka kematian sampai 50%. Gejala yang ditimbukan keluarnya kotoran dari mata dan hidung dengan disertai mencret. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan. Sebaiknya dilakukan pembersihan kandang secara berkala agar kandang bebas dari kuman salmonella.

  • Sinusitis

Penyakit ini menyerang Bebek dewasa sehingga menyebabkan kerugian ekonomi yang tidak kecil. Penyakit ini disebabkan karena tata laksana pemeliharaan yang buruk, kekurang mineral dalam makanan dan tidak tersedianya kolam air untuk bermain. Gejala yang ditimbulkan adalah terjadi pembengkakan sinus, dari lubang hidung keluar cairan jernih dan sekresi mata menjadi berbuih. Pencegahan yang bisa dilakukan dengan tata laksana pemeliharaan yang baik. Pengobatan bagi bebek yang terserang penyakit ini bisa dengan menyuntikkan antibiotika.

Demikian artikel mengenai macam-macam penyakit yang banyak menyerang Bebek. Perlu kita ketahui bahwa penyakit yang menyerang Bebek ada 2 jenis yaitu, penyakit tidak menular dan menular. Penyakit dapat kita cegah dengan pemberian vaksinasi, antibiotika, pemeliharaan dan kesehatan kandang.

Bebek Hibrida

Bebek Hibrida

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

bebek peking, ternak bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, ternak bebek pedaging, obat bebek cepat bertelur, obat bebek lumpuh, obat nafsu makan bebek, obat itik pilek, benjolan disekitar hidung bebek, penyakit pada anak itik, ternak bebek, bebek peking, bebek petelur, telur bebek, kandang bebek petelur

**Linda Rahmawati Choiriyah**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s