Menelusuri Sejarah Ayam Kampung Super di Indonesia & Pembuatan Kandang Ayam JOPER yang Mudah

Menelusuri Jejak Sejarah Ayam Kampung Super di Indonesia Serta Tata Cara Pembuatan Kandang Ayam Kampung Super – Ayam kampung super yang belakangan menjadi trend dikalangan peternak ayam kampung super, sebenarnya melalui perjalanan yang cukup panjang karena pada awalnya ayam yang dikenal di Indonesia adalah ayam kampung. Nama ayam kampung sendiri mempunyai beberapa sebutan diantaranya ayam buras (ayam bukan ras), ayam lokal dan ayam sayur.

Ayam kampung merupakan hasil domestikasi dari ayam hutan merah (red jungle fowl) dan ayam hutan hijau (Gallus Varius) yang awalnya tinggal dihutan. Setelah melalui proses perkembangbiakan dan dipelihara di dalam masyarakat maka peranakan menjadi ayam kampung.

Beternak ayam Joper (Ayam Kampung Super)
Beternak ayam Joper (Ayam Kampung Super)

Ayam kampung lokal tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Ayam tersebut mempunyai kelebihan dan ciri khas yang tidak dimiliki ayam jenis lain sehingga keberadaan ayam lokal menjadi semakin langka dan harganya semakin mahal.Ayam kampung sendiri mempunyai varietas seperti ayam kedu, ayam pelung, ayam cemani, ayam balengek, ayam kinantan, ayam nunukan, ayam sentul, ayam hitam sumatera, ayam brugo dan masih banyak lagi varietas ayam kampung. 

Seiring dengan meningkatnya permintaan ayam kampung, maka peternak melakukan beberapa pemilihan ayam kampung asli Indonesia yang berpotensi sebagai petelur dan ayam kampung yang berpotensi sebagai pedaging agar dapat menghasilkan varietas baru sebagai ayam kampung pedaging dan petelur. Hal itu untuk mencukupi kebutuhan ayam pedaging dan petelur yang semakin meningkat.

doc ayam joper purbalingga
Sentra peternakan ayam adalah salah satu peluang ekonomi yang potensial jika dikembangkan, terlebih ayam joper.

Adapun upaya untuk menghasilkan ayam dengan beberapa keunggulan diantaranya:

  • Pemilihan varietas unggul yang ada di Indonesia.
  • Perkawinan silang (crossbreeding) dengan ras yang lokal Indonesia.
  • Melakukan program seleksi dan breeding untuk mendapatkan varietas ayam kampung yang superproduktif.

Untuk meningkatkan produktivitas ternak melakukan program seleksi genetik. Tujuan seleksi genetik untuk mendapatkan keturunan ayam yang mempunyai kemampuan pertumbuhan yang baik dan meningkatkan produktivitas. Untuk menghasilkan ayam kampung super didapat dari hasil persilangan keturunan ke-4 dan ke-5 dari pejantan ayam bangkok dan betina ayam petelur sehingga anakan mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki ayam kampung lokal.

Beberapa kelebihan ayam kampung super antara lain mempunyai daya tahan yang lebih besar terhadap penyakit, pertumbuhan yang lebih cepat, dagingnya enak dan lebih padat dan cepat dipanen. Ayam kampung super dapat dipanen mulai umur 6 minggu dan mencapai puncak pertumbuhan pada umur 14 minggu. Untuk itu peternak lebih cepat dapat memetik hasilnya.

Cara Pembuatan Kandang Ayam Kampung Super 

Kandang merupakan faktor utama terselenggaranya usaha ternak ayam, terutama ayam kampung super. Karena pembuatan kandang yang baik dan sesuai dengan kondisi ayam akan membuat kesehatan ayam menjadi lebih terjamain. Letak kandang yang baik sebaiknya membujur dari arah utara ke selatan, hal ini dikarenakan agar sinar matahari lebih leluasa masuk kedalam kandang.

Baca Juga!  Berapa sih Harga DOC JOPER di Indramayu ?

Kandang ayam berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keberlangsungan hidup ternak. Mencegah ganguan serangan predator, mencegah strees pada ayam, memudahkan tata laksana yang meliputi pemeliharaan dalam memberikan pakan dan minum serta dapat memantau keadaan ayam yang sehat dan yang sedang sakit.

harga doc joper wonosobo
Kandang panggung adalah kandang yang cocok untuk joper yang dipelihara di dataran tinggi. Dengan dinding yang diberi terpal untuk mengurangi suhu dingin di kandang.

Syarat – syarat dalam pembuatan kandang meliputi :

  • Bentuk kandang yang serasih
  • Sinar matahari dapat masuk secara merata
  • Bebas dari hama dan tikus
  • Ruangan kandang cukup dengan jumlah hewan yang dipelihara
  • Disusun menggunakan kayu dari bambu

Kontruksi kandang ayam kampung super yang baik, harus memenuhi syarat agar menjamin keberlangsungan hidup ayam. Syarat tersebut diantaranya :

1. Atap Kandang

Usahakan bentuk kandang ayam menghadap arah timur ke barat atau membujur dari arah utara ke selatan. Ini dilakukan agar sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam kandang.Iklim kandang atau temperatur kandang berkisar antara 32,2 – 35 derajat celcius, dan kelembaban antara 60 – 70%

jual doc joper magelang
Pembuatan bagian atap kandang dapat berupa asbes atau seng

2. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara dapat dibantu dengan menggunakan monito di atap kandang selain itu dapat dibantu juga dengan penggunaan kipas yang berfungsi meniup udara bersih masuk ke kandang (blower fan) atau kipas yang mengeluarkan udara kotor dan amoniak keluar (exhaust fan). Kipas tersebut dapat digunakan pada sistem kandang terbuka dan lebih diperlukan lagi bagi kandnag tertutup.

Pemilihan Lokasi Kandang Untuk JOPER
Perlunya mengatur sirkulasi udara pada kandang ayam kampung super agar udara di dalam kandang dapat berganti

3. Dinding Kandang

Dinding kandang terbagi menjadi dua yaitu, dinding tertutup dan dinding terbuka. Pada bagian dinding terbuka sebelah kanan dan kiri, dibuat menggunakan bilah – bilah bambu, sehingga udara dapat leluasa masuk kedalam kandang. Tipe kandang in masih digunakan oleh peternak ayam petelur maupun daging.

Baca Juga!  Beberapa Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Nutrisi Pada Ayam Kampung Super

Pada kandang tertutup bagian dinding samping kiri dan kanan tertutup dengan tirai penuh. Sistem ini saat udara masuk benar – benar dikontol melalui tenaga listrik yang digerakan oleh kipas. Tipe dinding kandang in biasanya digunakan oleh peternak dalam pembudidayaan ayam dengan skala besar

4. Lantai Kandang

Kandang dapat dibedakan berdasarkan lantainya, lantai litter, lantai slat dan kombinasi lantai slat dan litter. Pada lantai slat, lantai ini dibuat dengan disemen lalu diberi alas berupa sekam, serbuk kayu atau jerami.

Untuk lantai slat biasanya dibuat pada tipe kandang panggung, rangkaian pada lantai slat dibuat menggunakan bilah – bilah bambu. Jadi kotoran ayam akan langsung jatuh ke tanah, sehingga ayam tidak langsung kontak fisik dengan kotorannya sendir yang akan mengakibatkan terjangkitnya virus.

Pada lantai kombinasi slat dan litter, tipe lantai ini biasanya digunakan untuk kandang pembibitan. Penggunaan lantai litter bertujuan agar pejantan bisa mengawini betina dan tempat telur ayam betina, sedangkan penggunaan slat bertujuan agar lantai tidak kotor.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB

Kata terkait : DOC ayam kampung super untuk wilayah Sumatera, pemeliharaan ayam kampung super dengan metode intensif, harga jual ayam kampung super , peluang bisnis usaha pembesaran DOC ayam kampung super, ukuran kandang untuk DOC kampung super, karakteristik tempat hidup ayam, pembibitan ayam joper, cara membuat joper, cara membuat bibit ayam joper, mencetak ayam joper, ayam kresing super, ayam hasil persilangan, kawin silang pelung dan bangkok

**Yuni Ambarwati**

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA