Sistem Manajemen Kesehatan Pada Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super merupakan ayam yang mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan ayam kampung biasa atau ayam potong/ broiler. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan ayam kampung super dapat terjangkit penyakit. Beberapa penyakit yang bisa menjangkit diantaranya penyakit tetelo, penyakit gumboro, flu burung, penyakit cacing dan beberapa penyalit lainnya. Untuk itu perlu sistem manajemen yang baik agar ayam dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Program vaksinasi pada Ayam Kampung Super dilakukan pada umur 4 hari yaitu vaksin ND Kill + Lasota untuk mencegah penyakit tetelo/ sampar. Penyakit Newcastle Disease (ND) merupakan penyakit yang dapat menular apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Pemberian vaksinasi diulang 4 bulan kemudian dengan vaksin ND strain Lasota. Pada saat ayam berumur 5 minggu perlu divaksin Fowl/ Pox untuk mencegah terhadap cacar penyakit.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Pada saat ayam berumur 12 minggu diberikan vaksin AI (Gumboro) untuk mencegah penyakit penyakit Avian Influenza. Pada umur 12 minggu ayam juga diberikan vaksin Worm X (obat cacing). Bila ayam kampung super kita panen pada umur 6 minggu maka tidak perlu divaksin AI dan vaksin Worm X namun cukup diberikan vaksin ND Kill + Lasota pada umur 4 hari.

Selain vaksin kita bisa memberikan obat herbal seperti temulawak dan kunyit. Obat herbal tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, obat herbal juga membuat daging yang dihasilkan ayam kampung super tidak anyir, mempunyai tekstur yang tidak lembek. Selain itu dengan penggunaan obat herbal bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas ayam petelur maupun pedaging. Selain itu obat herbal dapat menghemat pakan ternak.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Baca Juga!  Maggot BSF Menjadi Salah Satu Pakan Alternatif Untuk Ayam JOPER

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:

Harga jual ayam kampung super, ternak ayam kampung super yang efektif dan efisien, budidaya ayam kampung super pada kandang setengah tertutup, modal yang dibutuhkan untuk ternak ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, harga DOD untuk wilayah Sulawesi, DOC ayam kampung super, DOC ayam jawa super, ternak ayam kampung super, peternak ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, penjual DOC ayam kampung super, tempat penyedia DOC ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, ayam kampung super, pengiriman DOC ayam kampung super, DOC ayam kampung super jawa, DOC ayam kampung super Sumatera, DOC ayam kampung super Kalimantan, DOC ayam kampung super Sulawesi, DOC ayam kampung super Papua

** Yuni Ambarwati ** 

5/5 - (1 vote)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA