DOC Ayam Kampung Super

6 Strategi dalam Memasarkan Ayam Kampung Super

6 Strategi dalam Memasarkan Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super merupakan salah satu ayam yang mempunyai beberapa keunggulan yang dimiliki. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik sehingga banyak peternak pemula yang mencoba untuk ternak Ayam Kampung Super. Pemeliharaannya yang cukup sederhana dibandingkan ayam petelur dan pedaging, membuat peternak bersedia mempersiapkan modal untuk terjuan sebagai pebisnis Ayam Kampung Super. Namun bagi pebisnis pemula, ada kendala dalam pemeliharaan Ayam Kampung Super ini yaitu cara memasarkan Ayam Kampung Super ini.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Pemasaran mungkin menjadi salah satu momok yang menghantui seorang pebisnis, apapun bidang yang ditekuninya. Dalam bidang usaha, lebih banyak yang bisa memproduksi suatu barang atau jasa namun dalam memasarkan suatu produk, mereka mengalami suatu permasalahan. Padahal pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan/ kesuksesan suatu usaha. Tanpa pemasaran, maka hasil produksi tidak akan dapat diserap pasar. Dengan demikian, maka modal akan tertahan pada produksi. Tentu untuk menggerakkan roda perusahaan/ badan usaha, kita perlu memasarkan hasil usaha agar dapat membiayai kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Dalam memasarkan hasil panen Ayam Kampung Super, masing-masing peternak mempunyai pendekataan yang berbeda. Ada yang melakukan pendekatan produk dengan menjual di supermarket yang mau bekerjasama atau melakukan transaksi langsung dengan pembeli di kandang atau sentra penjualan Ayam Kampung Super.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Apabila permintaan dan penawaran berjalan seimbang dalam arti kata permintaan tinggi dan disertai penawaran yang tinggi maka peternak atau pebisnis akan mengalami keuntungan yang tinggi juga. Keuntungan didapat setelah mengetahui selisih harga jual dengan modal yang dikeluarkan oleh peternak.

Apa saja stategi pemasaran yang perlu dilakukan peternak?

  1. Bekerjasama dengan pihak lain dengan pola kemitraan

Pola kemitraan terjadi dimana peternak hanya menyediakan kandang dan tenaga kerja sedangkan bibit, pakan, minuman, suplemen dan penyuluhan terhadap pemeliharaan ayam kampung dilakukan oleh pihak inti. Pada saat kerjasama ditandatangani, telah tertera nilai nominal berdasarkan berat bobot ayam yang dihasilkan. Jadi peternak tidak perlu melakukan strategi pemasaran karena semua telah diambil alih pihak inti. Biasanya kerjasama pola kemitraan ini untuk pemeliharaan ayam potong/ broiler dan Ayam Kampung Super pedaging yang memunyai masa panen yang cepat jadi perhitungan untung ruginya cepat dapat diketahui.

2. Melakukan transaksi langsung dengan pembeli

Melakukan penjualan langsung ke pembeli merupakan langkah yang bagus karena akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan melalui pihak ketiga.

3. Melakukan terobosan dengan melakukan penjualan di supermarket

Melakukan penjualan di berbagai supermarket merupakan langkah yang cukup jitu dimana pangsa pasar cukup luas dan banyak diminati kalangan menengah keatas. Dengan menjalin kerjasama dengan supermarkert besar yang memiliki beberapa cabang di kota besar maka diharapkan ayam kampung super dapat diserap oleh pasar.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

4. Menyediakan usaha pemotongan ayam

Di berbagai wilayah sekarang ini banyak peternak yang juga menyediakan fasilitas pemotongan ayam. Dengan usaha ini makin mendongkrak penjualan karena pembeli dapat langsung mengolah ayam setelah melakukan transaksi. Di samping itu pembeli juga mendapatkan daging segar langsung dari kandang. Dengan usaha pemotongan ayam, pembeli tidak perlu khawatir mendapatkan ayam yang telah mati baru dipotong namun bisa memastikan mendapat ayam dengan kualifikasi yang diinginkan.

5. Melakukan penjualan ke pengepul besar

Saat ini banyak pengepul besar yang mau menampung hasil panen dari peternak Ayam Kampung Super. Mereka biasanya memasarkan kembali ke berbagai rumah makan, restoran, swalayan dan pasar tradisional lainnya. Harga dari pengepul biasanya lebih rendah dari harga pasaran namun mereka bisa menampung dalam jumlah yang banyak.

6. Melakukan inovasi berbagai produk ayam

Saat ini belum banyak peternak yang melakukan berbagai inovasi menyediakan produk ayam dan dijual ke berbagai kota di Indonesia. Namun banyaknya permintaan produk ayam menjadikan beberapa peternak yang menjalin kerjasama dengan orang yang bisa mengolah berbegai jenis produk ayam dan menjual dalam bentuk ayam siap santap. Saat ini ada sejumlah peternak yang bisa menyediakan berbagai olahan seperti ayam bakar, ayam kremes, ayam ingkung yang dapat dipesan oleh masyarakat.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Budidaya ayam kampung super, peluang usaha pada bisnis pembesaran ayam kampung super, bahan pakan tambahan pada pembesaran ayam kampung super fase grower, perbedaan bobot ayam pada pemeliharaan secara tradisional dan metode intensif, cara penanggulangan penyakit mata pada pemeliharaan ayam kampung super, harga bibit atau anakan ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, peternak ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super

** Yuni Ambarwati **

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s