Hal Yang Perlu diperhatikan Sebelum Memelihara Ayam Kampung Super Petelur

Ayam kampung super membutuhkan pemeliharaan yang cukup simple dan dapat dipelihara oleh peternak pemula. Ayam kampung super dapat dijadikan pedaging dan petelur. Pemeliharaan ayam kampung petelur dimulai dari DOC hingga menjadi ayam siap produksi. Sebelum memelihara DOC hal yang perlu diperhatikan adalah mendeteksi antara DOC jantan dan DOC betina. Seperti yang kita ketahui, ayam yang akan kita pelihara sebagai petelur adalah ayam betina. Untuk itu kita perlu memisahkan bibit jantan dan bibit betina.

Perbedaan jantan dan betina
Perbedaan jantan dan betina

Cara untuk mendeteksi DOC jantan dan DOC betina:

  1. Berdasarkan warna bulu indukan

  2. Menggunakan metode kloaka

Berdasarkan warna bulu indukan

Bibit ayam kampung super dapat dibedakan berdasarkan warna indukannya. DOC ayam biasanya mewarisi warna dari indukan pejantan dan betina.

Membedakan Jantan Betina dengan Bulunya
Membedakan Jantan Betina dengan Bulunya

Metode kloaka

Untuk dapat mendeteksi pejantan dan betina dengan menggunakan metode kloaka. Caranya dengan menjepit kaki ayam menggunakan jari kelingking dan jari manis pada tangan kiri. Kemudian dengan menggunakan senter atau lampu penerang, kita membuka dubur ayam dengan menggunakan tangan kanan. Jika ada tonjolan pada bagian dubur maka DOC tersebut jantan. Sedangkan jika tidak ada tonjolan maka DOC tersebut betina.

Penggunaan metode ini adalah 12- 30 jam setelah DOC menetas.

Ayam kampung super petelur tujuan ditetaskan pemeliharaan berbeda dengan petelur dengan tujuan konsumsi. Kebanyakan pemeliharaan ayam kampung super petelur bertujuan untuk menghasilkan telur tetas. Bila tidak memenuhi syarat untuk ditetaskan barulah telur tersebut dijual untuk konsumsi keluarga. Pemeliharaan ayam petelur tujuan ditetaskan membutuhkan pejantan dalam kandang sedangkan untuk tujuan konsumsi saja maka dalam kandang tersebut tidak perlu memelihara pejantan.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Pada umumnya bagi peternak DOC, belum ada pemisahan antara pejantan dan indukan. Pejantan biasanya diperuntukan sebagai pedaging. Sedangkan betina pada umumnya dijadikan petelur atau pedaging. Pejantan lebih diprioritaskan menjadi pedaging karena pertumbuhan lebih cepat dibandingkan betina disamping itu pejantan bisa dipanen lebih cepat karena konsumsi pakan lebih banyak. Jadi dengan mempercepat panen pejantan ayam kampung super maka peternak bisa lebih hemat pakan.

ayam kampung super
ayam kampung super

Produktivitas telur ayam kampung super cukup bagus dibandingkan petelur ayam kampung lokal. Sedangkan ayam arab dapat berproduksi 200 – 260 telur/ tahun. Masa produksi 5 -24 bulan, jadi cukup produktif.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Harga DOC ayam kampung super, ternak ayam kampung super pedaging dengan kandang postal, budidaya ayam kampung super, pemeliharaan pembesaran DOC ayam kampung super, ukuran kandang untuk DOC kampung super dengan kapasitas 100 ekor, ternak hewan yang paling menguntungkan, ternak unggas mentok, kandang ayam jawa super, penjual doc jawa super, pakan ayam jawa super, harga ayam jawa super 2017

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s