DOC Ayam Kampung Super

Perbedaan Mengembangbiakan Ayam Kampung Super Pedaging Secara Alami dan Metode Inseminasi Buatan (IB)

Perbedaan Mengembangbiakan Ayam Kampung Super Pedaging Secara Alami dan Metode Inseminasi Buatan (IB)

Dalam mengembangbiakan ayam, peternak menggunakan berbagai cara. Dari cara tradisional hingga modern. Dalam mengembangbiakan secara tradisional terbagi menjadi beberapa cara diantaranya diletakkan dalam kandang setengah tertutup dan kandang baterai. Selain itu ada cara lain yaitu dengan inseminasi buatan. Masing- masing ada beberapa kelebihan dan kekurangannya.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Apa perbedaan mengembiakkan Ayam Kampung Super Pedaging alami dan metode Inseminasi Buatan?

1. Perkawinan dengan cara alami

Untuk mendapatkan keturunan ayam yang berkualitas, peternak mempersiapkan perkawinan secara alami dengan cara dimasukkan ke dalam kandang setengah tertutup. Hal itu bertujuan agar pejantan dapat membuahi beberapa betina sekaligus. Cara ini banyak digunakan oleh peternak dalam mendapatkan ayam yang bagus kualitasnya. Namun ada kelemahan dimana peternak perlu memepersiapkan pejantan dalam jumlah yang banyak dalam suatu area kandang.

Sedangkan bila dimasukkan ke dalam kandang baterai, dalam satu kandang hanya terdapat satu pejantan dan satu betina saja. Jadi kemungkinan dibuahi sangat besar. Setelah dipastikan dibuahi, betina dapat diganti dengan betina lainnya. Cara ini mempunyai kelebihan diantaranya peternak lebih bisa memastikan jika betina telah dibuahi sedangkan kelemahannya peternak perlu mengawasi ayamnya, apakah sudah dibuahi atau belum.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Cara tersebut lebih efektif dalam menaikkan produktivitas telur tetas dibandingkan dengan perkawinan yang dilakukan sendiri-sendiri oleh ayam yang diumbar. Pada umumnya peternak tradisional yang membiarkan ayamnya melakukan perkawinan sendiri-sendiri. Kelemahan sistem perkawinan ini yaitu sulitnya mengontrol kualitas anakan dan mengetahui keturunan genetik dari seekor ayam. Hanya saja untuk cara ini paling mudah dan murah dilakukan.

2. Pengembangbiakan dengan sistem inseminasi buatan

Inseminasi buatan adalah usaha memasukkan semen atau sperma ke dalam saluran reproduksi betina ayam. Jadi antara pejantan dan betina tidak melakukan perkawinan secara langsung.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Pengembangbiakan dengan inseminasi buatan mempunyai beberapa kelebihan diantaranya peternak tidak perlu menyediakan pejantan dalam jumlah yang banyak. Satu pejantan bisa untuk inseminasi sekitar 25 betina. Disamping itu ayam yang dipelihara dapat dipelihara dikandang baterai sehingga hemat tempat, telur yang dihasilkannya juga lebih bersih.

Inseminasi buatan mempunyai persentase lebih besar dibandingkan perkawinan secara alami karena inseminasi buatan dapat dilakukan pada ayam dengan postur tubuh yang beragam sedangkan bila perkawinan secara alami faktor postur tubuh bisa menjadi kendala bila postur tubuhnya berbeda.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Jadi inseminasi buatan dapat dilakukan untuk menyilangkan jenis ayam yang mempunyai beberapa keunggulan.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Harga jual ayam kampung super, ternak ayam kampung super yang efektif dan efisien, budidaya ayam kampung super pada kandang setengah tertutup, modal yang dibutuhkan untuk ternak ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, harga DOD untuk wilayah Sulawesi, DOC ayam kampung super, ternak ayam kampung super, peternak ayam kampung super, jual ayam kampung super, harga ayam kampung super

** Yuni Ambarwati ** 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s