4 Keuntungan Menggunakan Inseminasi Buatan pada Ayam Kampung Super

Pada umumnya untuk mendapatkan ayam dengan kategori unggul menggunakan cara menyilangkan dengan ayam dengan beberapa kelebihan sehingga anakan yang dihasilkannya mempunyai kelebihan dibanding ayam yang lain. Saat ini teknologi pemuliaan ayam semakin maju sehingga untuk untuk mendapatkan ayamdengan kategori unggul menggunakan cara inseminasi buatan (IB).

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Inseminasi buatan pada prinsipnya memasukkan sperma pejantan ayam kampung ke dalam saluran reproduksi betina ayam kampung. Cara ini mempunyai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan menyilangkan ayam pejantan dengan ayam betina dan dikawinkan secara alami. Hal ini disebabkan karena penyuntikan dapat dilakukan peternak terhadap betina ayam yang mempunyai postur yang berbeda dibandingkan pejantannya.

Apa saja keuntungan menggunakan inseminasi buatan?

4 keuntungan menggunakan inseminasi buatan diantaranya:

  1. Peternak tidak diharuskan mempersiapkan pejantan dalam jumlah yang banyak suatu kandang. Untuk melayani 25 ekor betina maka memerlukan satu pejantan saja. Sedangkan bila menggunakan persilangan secara alami maka satu pejantan hanya dapat melayani 5 – 6 betina.

  2. Dapat dilakukan pada ayam yang ada dikandang baterai sehingga dapat hemat tempat.

  3. Telur tetas yang dihasilkannya lebih bersih.

  4. Mudah menyeleksi ayam betina/ ayam jantan yang kurang potensial.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Proses inseminasi buatan diawali dengan proses pengurutan/ perangsangan pada ayam jantan untuk mendapatkan sperma. Proses selanjutnya adalah menyuntikkan semen atau sperma ayam jantan ke dalam alat reproduksi ayam betina.

7 faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses inseminasi buatan diantaranya:

  1. Suhu dan udara sewaktu menampung sperma.

  2. Terhindarnya sperma dari tercampurnya urine dan feses.

  3. Adanya telur di dalam uterus. Untuk menghindarinya maka proses penyuntikan di lakukan pada sre hari.

  4. Kondisi kesehatan ayam. Lebih berpeluang berhasil dibandingkan ayam yang Ayam yang dalam kondisi kurang prima

  5. Umur ayam betina sebagai penerima sperma ayam jantan. Ayam yang siap untuk diinseminasi buatan sebaiknya yang berumur 8 bulanan ke atas. Ayam yang terlalu tua juga memperngaruhi tingkat keberhasilan.

  6. Pakan ayam. Ayam yang mendapatkan asupan pakan yang baik lebih siap untuk diinseminasi dibandingkan ayam yang kurang mendapatkan pakan yang bergizi.

  7. Pelaksana yang melakukan proses inseminasi buatan. Pelaksana yang profesional lebih memungkinkan sukses dalam melakukan proses inseminasi dibandingkan pelaksana yang masih pemula.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Saat melakukan proses inseminasi buatan, usahakan suhu dan udara sekitar tempat pemrosesan cukup sejuk dan tidak dalam kondisi sangat panas. Disamping itu faktor kebersihan juga mempengaruhi keberhasilan inseminasi buatan. Usahakan pada saat melakukan inseminasi buatan menggunakan ayam yang cukup umur dan dilakukan oleh orang yang profesional.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Harga DOC ayam kampung super, ternak ayam kampung super pedaging dengan kandang postal, budidaya ayam kampung super, pemeliharaan pembesaran DOC ayam kampung super, ukuran kandang untuk DOC kampung super dengan kapasitas 100 ekor, DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, peternak DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super

 

** Yuni Ambarwati **

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s