2 Metode Pemilihan DOC Ayam Kampung Super Untuk Dijadikan ayam Pedaging atau Petelur

2 Metode Pemilihan DOC Ayam Kampung Super Untuk Dijadikan ayam Pedaging atau Petelur

Pemeliharaan Ayam Kampung Super dengan tujuan berbeda akan ditentukan pada pemilihan DOC Ayam Kampung Super. Jika Ayam Kampung Super dipelihara dengan tujuan dijadikan ayam petelur tetas, maka pemilihan pejantan dan betina wajib dilaksanakan pada saat masih berbentuk DOC (day of chicken).Pada saat ini terjadi proses pemisahan DOC ayam betina dan DOC ayam jantan.

Memang belum banyak peternak yang melakukan proses pemisahan ini jika pemeliharaan ditujukan untuk pembesaran ayam pedaging. Namun bila pemeliharaan ayam petelur maka pemisahan DOC jantan dan DOC betina wajib dilaksanakan.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Bagaimana cara pemilihan DOC Ayam Kampung Super untuk dijadikan ayam pedaging atau petelur?

2 Metode Pemilihan DOC Ayam Kampung Super Untuk Dijadikan ayam Pedaging atau Petelur

  1. Berdasarkan bulu ayam

  2. Berdasarkan alat kelamin

Berdasarkan bulu ayam

Metode berdasarkan bulu ayam pada umumnya dilakukan untuk memisahkan antara jantan dan betina terutama untuk DOC ayam ras. Jadi yang dijadikan standar yaitu warna bulu dan panjang bulu pada sayap. Untuk DOC ayam jantan mempunyai ciri mempunyai panjang bulu yang lebih panjang atau sama dengan buku primer. Sedangkan untuk DOC betina mempunyai ciri yang berlawanan dengan ciri DOC jantan.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Berdasarkan alat kelamin

Untuk menentukan DOC jantan dan betina dapat dilakukan dengan cara:

  1. kaki dan kepala DOC dijepit dengan jari tangan kiri secara hati-hati

  2. Dubur DOC dibuka dengan hati-hati dengan menggunakan tangan kanan

  3. Bila ada tonjolan berarti DOC jantan. Sedangkan bila tidak ada tonjolan berarti betina. Untuk bisa mendeteksi maka kita menggunakan senter/ sinar lampu.

Untuk mendeteksi pejantan atau betina memang butuh ketelitian. Hal tersebut karena DOC masih kecil dan rentan terhadap kematian. Namun bila untuk memenuhi kebutuhan daging maka pemisahan pejantan dan betina tidak diperlukan lagi.

Baca Juga!  Jual DOC Ayam Kampung Super untuk Wilayah Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan Bonus GRATIS Ongkos Kirim
Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Setelah DOC dapat kita pisahkan berdasarkan jenis kelaminnya barulah kita dapat menetukan tujuan pemeliharaan. DOC Ayam Kampung Super jantan lebih berpotensi menjadi pedaging karena mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ayam kampung super betina. Sedangkan betina ayam kampung super bisa dijadikan petelur dan pedaging. Pada umumnya betina yang dijadikan petelur mempunyai beberapa kualifikasi yang bagus agar dapat menghasilkan produktivitas telur tetas.

Pada umumnya betina Ayam Kampung Super menghasilkan telur tetas guna memenuhi permintaan DOC Ayam Kampung Super yang terus mengalami peningkatan. Telur yang mempunyai kualitas yang baik dan memenuhi syarat akan dijadikan telur tetas sedangkan telur yang tidak lolos kualifikasi akan menjadi telur konsumsi. Saat ini telur konsumsi masih didominasi ayam petelur. Sedangkan tujuan utama ayam kampung petelur hanya untuk menghasilkan DOC saja.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:

Cara memilah DOC jantan dan DOC betina ayam kampung super, ternak ayam kampung super, beberapa kelebihan ayam kampung super, peluang bisnis usaha penetasan DOC ayam kampung super, kelebihan memelihara ayam kampung super dalam kandang litter, DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, peternak DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super

** Yuni Ambarwati **

3.5/5 - (4 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA