DOC Ayam Kampung Super

Cara Menentukan Ukuran Luas Kandang Ayam 

Cara Menentukan Ukuran Luas Kandang Ayam 

Seperti kita ketahui, kandang mempunyai beberapa fungsi yang cukup vital dimana banyak aktivitas ayam lebih banyak dihabiskan di dalam kandang. Fungsi kandang diataranya sebagai tempat untuk berteduh dari panas dan hujan, sebagai tempat tinggal untuk berkembang biak, mengasuh anak-anaknya, melakukan perkawinan dan membesarkan anak-anaknya. Kandang perlu mendapatkan perhatian dari peternak agar fungsi kandang dapat mendukung tumbuh dan kembang ayam. Peternak juga perlu mengetahui ukuran luas kandang yang pas agar tidak terjadi kepadatan populasi.

Bagaimana cara menentukan luas kandang Ayam Kampung Super?

Ukuran luas kandang cukup berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan ayam. Jika terlalu banyak ayam yang dipelihara dalam satu populasi maka tingkat kepadatan akan tinggi. Tingkat kepadatan akan mempengaruhi kesehatan ayam. Ayam akan kepanasan, kehilangan selera makan, letih, lesu pada akhirnya ayam akan sakit. Bila tidak dilakukan tindakan dengan memindahkan ke lain kandang, maka ayam bisa mengalami mortalitas/ kematian.

Kandang Ayam Kampung Super

Kandang Ayam Kampung Super

Cara menentukan ukuran kandang cukup erat kaitannya dengan jumlah ayam yang akan kita pelihara. Semakin banyak ayam yang dipelihara maka akan semakin luas kandang yang diperlukan. Bentuk kandang juga mempengaruhi kapasitas ayam yang dipeliharanya. Saat ini bentuk kandang yang sering digunakan untuk memelihara ayam kampung super adalah kandang postal dengan lantai litter, kandang panggungg/ cage dan kandang tingkat/ kandang baterai.

Sebagai contoh jika kita ingin memelihara 10.000 ekor ayam dengan kandang bentuk postal berlantai litter denagn lebar maksimal 7 meter maka kepadatan maksimal 12 ekor per meter persegi (1:12). Dengan perincian panjang kandang = 10.000/ (7 x 12 ) x 1 meter = 119 meter.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Artinya untuk kapasitas 10.000 ekor dapat dibuat kandang dengan ukuran 7 m x 119 m.

Dengan metode perhitungan yang sama, jika kita ingin memelihara ayam sebanyak 10.000 dengan mengunakan kandang panggung dengan lebar kandang maksimal 8 meter dengan kepadatan kandang maksimal 15 m per meter persegi ( 1 : 15 ). Maka kandang ukuran kandangnya 7 x 84 meter.

JIka kita menggunakan kandang tingkat/ baterai dengan lebar maksimal 7 meter dengan kepadatan 12 ekor per meter persegi, naka ukuran kandang 7 x 60 m.

Metode tersebut digunakan bila untuk memelihara ayam yang telah dewasa sedangkan bila masih bibit atau anakan maka tingkat kepadatan lebih tinggi.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Untuk kandang yang paling banyak digunakan untuk memelihara Ayam Kampung Super biasanya bentuk kandang postal dengan litter. Pada tahap awal untuk kepadatan per meter sekitar 60 ekor/ meter. Setelah umur 7 – 12 hari maka tingkat kepadatan dikurangi menjadi 40 ekor/ meter. Pada saat umur 13 – 30 hari populasi per meter tinggal 20 ekor. Pada saat umur 31 hingga masa panen kepadatan populasi 9 ekor/ meter.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Harga jual ayam kampung super pedaging , ternak ayam kampung super, budidaya ayam kampung super pada kandang dengan modal yang terbatas, modal yang dibutuhkan untuk ternak ayam kampung super, harga bibit atau DOC ayam kampung super, harga bibit atau DOD untuk wilayah Sulawesi, DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, peternak DOC ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super

** Yuni Ambarwati **

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s