Penyakit Gumboro

Cara Penanggulangan Penyakit Gumboro dan Infeksi Bronkitis Pada Ayam Kampung Super

Cara Penanggulangan Penyakit Gumboro dan Infeksi Bronkitis Pada Ayam Kampung Super

Selain penyakit Newcastle Disease, ayam kampung super terkadang terkena penyakit gumboro. Penyakit gumboro secara subklinis menyerang anak ayam yan berumur 0-3 minggu. Sedangkan penyakit gumboro secara klinis menyerang anak ayam yang berumur 3-7 minggu. Bagian tubuh yang diserang penyakit ini adalah bagian kekebalan tubuh. Penyakit ini dapat menetap dalam tubuh ayam selama 3 minggu. Sehingga perlu penanganan agar penyakit ini tidak menular ke ayam yang lain.

Penyakit Gumboro

Penyakit Gumboro

Penyakit ini sebenarnya secara langsung tidak menyebabkan kematian hanya saja bila tidak segera mendapat penanganan yang tepat maka lambat laun ayam akan mati karena daya tahan tubuhnya semakin melemah. Untuk itu kita perlu mengetahui gejala yang ditimbulkannya, cara pencegahan, cara pengobatan dan cara menanggulanginya.

Apa saja gejala yang ditimbulkan oleh ayam yang menderita penyakit gumboro?

Ayam yang terkena penyakit gumboro mempunyai gejala seperti nafsu makan berkurang, lesu, mengantuk, peradangan pada kloaka dan paruh ayam akan menempel ke lantai saat tidur. Cara pencegahannya dengan diberikan vaksinasi gumboro pada umur 2 minggu.

Sedangkan penyakit infeksi bronkitis banyak ditemui pada ayam kampung super fase grower. Bagian tubuh yang terjangkit penyakit ini pada bagian pernapasan. Gejala yang timbul diantaranya sesak napas, lesu, keluar lendir dari hidungnya, ngorok, bersin, sesak napas dan batuk. Penyakit ini cepat menurunkan berat badan ayam karena ayam berkurang nafsu makannya.

Penyakit ini dapat dicegah dengan cara sanitasi kandang yang baik, pemberian vaksinasi Infectious Bronchitis (IB). Untuk sekarang ini sudah ada kombinasi vaksin berupa ND-IB yang dapat diberikan pada saat ayam berumur kurang dari 1 minggu. Jika kita memberikan vaksin IB saja maka pemberian dilakukan pada saat ayam berumur 4 hari. Pemberian dapat diulangi saat berumur 19-21 hari.

vaksinasi ayam kampung super

vaksinasi ayam kampung super

Saat ini belum ada pengobatan yang manjur yang bisa mengobati penyakit infeksi bronkitis. Namun pemberian multivitamin dapat mempercepat pemulihan penyakit ini.

Demikian beberapa penyakit yang bisa menjangkiti ayam kampung super. Untuk tahap pencegahan terhadap penyakit ayam, kita bisa melakukan sanitasi dan ventilasi kandang yang baik, menjaga kebersihan dan hindari kandang dari kelembapan, usahakan kandang cukup mendapat sinar matahari pemberian pakan minum yang berkualitas, pada periode tertentu diberikan vaksinasi berupa ND-IB (Newcastle Disease Infectious Bronchitis) dan vaksin Gumboro. Pemberian vaksinasi dihentikan minimal 1 minggu sebelum panen agar ayam terhindar dari efek vaksinasi.

Kandang dengan ventilasi baik

Contoh Kandang dengan ventilasi baik

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Harga ayam kampung super petelur dibanding harga ayam potong , cara ternak ayam kampung super, prospek ayam kampung jantan pedaging, budidaya ayam kampung petelur bagi peternak pemula, kandang untuk ayam kampung super untuk 500 ekor, obat herbal gumboro, tanda penyakit gumboro, ciri ciri penyakit gumboro pada unggas, obat penyakit gumboro, penyakit pada unggas dan pencegahannya, penyakit unggas

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s