Beberapa Gangguan Kesehatan Pada Ayam Kampung Super yang Disebabkan Oleh Lingkungan

Ayam yang sakit bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya terkena penyakit, kekurangan nutrisi dan bisa disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang bagus. Memang bukan hal yang mudah untuk mendeteksi penyebab gangguan kesehatan terutama bagi peternak pemula. Masing-masing gangguan mempunyai beberapa ciri yang terkadang perlu ketelitian agar mengetahui penyebabnya. Salah satu dari penyebab gangguan kesehatan adalah karena faktor lingkungan.

Ayam Sakit
Ayam Sakit

Lingkungan yang terkena polusi akan berdampak terhadap kesahatan dan pertumbuhan ayam yang kita pelihara. Penyebab terjadinya gangguan diantaranya ventilasi kandang yang kurang memadai sehingga karbondioksida, amoniak dan debu yang kadar berlebihan di dalam kandang sementara oksigen yang dibutuhkan ayam kurang mencukupi.

Untuk pencegahan sebenarnya cukup sederhana yaitu dengan pembuatan ventilasi yang baik sehingga oksigen dapat masuk. Sementara amoniak, karbondioksida dapat keluar dengan baik. Di samping itu kebersihan kandang selalu terjaga agar debu dan kotoran lainnya dapat hilang. Untuk peternak yang lebih modern dapat melengkapi dengan kipas angin yang dapat membantu sirkulasi dalam kandang berjalan dengan baik.

Gangguan kesehatan akibat lingkungan yang kurang mendukung disebut dengan asites, yaitu busung air karena penimbunan cairan yang berlebihan dalam rongga perut. Penimbunan cairan ini bisa mencapai 0,5 liter sehingga ayam akan terlihat gemuk. Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian pada ayam hanya berselang beberapa hari dari gejala awal timbul.

Apa saja gejala dari penyakit asites?

Penyakit asites dapat dilihat dari gejala yang dialaminya seperti perut ayam nampak gendut dan posisi seperti duduk, sesak napas, bulu ayam nampak kusut dan ayam nampak lesu. Untuk gejala lebih lanjut seperti kulit dan selaput lendir berwarna biru dan kejang-kejang. Apabila ayam mati maka ginjal dan jantung ayam akan membesar.

Penyakit Asites pada ayam
Penyakit Asites pada ayam

Penyebab penyakit asites termasuk kompleks diantaranya temperatur kandang terlalu rendah/ dingin, ayam kekurangan nutrisi makanan, serta kadar garam yang terlalu tinggi yang terdapat pada pakan ternak dan kekurangan oksigen pada ayam.

Bagaimana cara pencegahan agar ayam tidak terkena penyakit asites?

  1. Mengatur agar kandang mempunyai ventilasi yang baik. Dengan ventilasi berjalan dengan lancar maka udara dalam kandang tidak pengap dan panas.

  2. Peternak perlu mengatur jumlah dan komposisi pakan yang memadai agar ayam tidak kekurangan nutrisi makanan.

  3. Menjaga temperatur kandang agar selalu hangat.

  4. Ayam tidak mendapatkan asupan garam yang berlebihan.

Gejala penyakit akibat dari lingkungan yang kurang mendukung cukup berbahaya. Sehingga perlu tindakan pencegahan agar ayam tidak terkena penyakit asites. Sebenarnya jika peternak melaksanakan sanitasi dan ventilasi yang baik, pemberian pakan yang selalu terkontrol dan pengawasan terhadap gejala ayam yang sakit maka akan mengurangi resiko terjadinya penyakit asites.

Kandang dengan ventilasi baik
Contoh Kandang dengan ventilasi baik

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Harga DOC ayam kampung super tahun 2017, pemeliharaan ayam kampung super pedaging dengan kandang postal, budidaya ayam kampung super, peluang bisnis usaha pembesaran DOC ayam kampung super, ukuran kandang untuk DOC kampung super dengan kapasitas 100 ekor

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s