Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Proses Penetasan Telur Ayam kampung Super

Ayam kampung super kita pelihara dengan tujuan untuk mendapatkan telurnya. Telur yang berkualitas bagus bisa kita jadikan telur tetas sedangkan yang tidak memenuhi syarat akan kita jadikan telur konsumsi. Jika tujuan pemeliharaan untuk menghasilkan telur tetas maka kita perlu memperhatikan beberapa hal agar menghasilkan telur tetas yang berkualitas. Telur tetas yang berkualitas dihasilkan oleh pejantan dan betina yang mempunyai bibit unggul. Untuk menetaskan telur tetas bisa menggunakan indukan ayam maupun mesin tetas. Untuk skala menengah ke atas biasanya menggunakan mesin penetas telur.

Mesin Penetas Telur
Mesin Penetas Telur

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menetaskan telur ayam ?

Sebelum kita menetaskan telur, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat kita akan menetaskan telur ayam kampung super diantaranya:

  1. Memilih telur tetas

  2. Menyimpan telur tetas

  3. Peneropongan telur tetas

  4. Proses penetasan

Memilih telur tetas

Telur Ayam Kampung Super
Telur Ayam Kampung Super

Telur tetas yang akan dijadikan calon DOC sebelumnya diseleksi. Penyeleksian meliputi berat telur, bentuk telur, kebersihan telur dan kulit telur. Berat telur mempunyai pengaruh pada berat DOC yang akan dihasilkannya. Bentuk telur yang ideal adalah oval. Jika ada telur dengan bentuk lonjong atau terlalu bulat maka bisa dijadikan telur konsumsi. Kebersihan telur juga mempengaruhi persentase penetasan dimana telur yang kotor maka saat dimasukkan ke dalam mesin penetas telur bisa menyebabkan retak. Untuk itu sebelum dimasukkan ke dalam mesin penetas telur, telur tetas akan dibersihkan terlebih dahulu. Sedangkan kulit telur yang bagus adalah telur yang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. Sebelum dimasukkan ke dalam ruang penyimpanan telur, telur tetas perlu fumigasi ulang. Jadi pada saat dimasukkan di dalam ruang penyimpanan telur, kondisi telur telah bebas dari hama.

Menyimpan telur tetas

Telur tetas yang akan ditetaskan perlu penyimpanan yang tepat agar persentase menetas cukup tinggi. Telur tetas diletakkan dalam egg tray. Dalam satu tumpuk maksimal diletakkan 5 egg tray. Telur perlu diletakkan dengan bagian tumpul dibagian atas. Hal ini bertujuan agar ruangan udara yang ada di dalam telur tidak rusak. Telur perlu di letakkan di dalam ruang penyimpanan telur, sebelum dimasukkan ke dalam mesin penetas telur. Penyimpanan maksimal satu minggu agar tidak mengurangi daya tetas telur. Semakin lama telur disimpan, maka daya tetas telur menjadi berkurang. Ruang penyimpanan telur sebaiknya bersuhu 15 derajat celcius dengan kelembapan 70 – 80 %.

Peneropongan telur tetas

Peneropongan telur ayam
Peneropongan telur ayam

Telur yang telah dimasukkan ke dalam mesin penetas telur perlu diteropong. Peneropongan telur tetas diperlukan untuk mengetahui telur yang ditetaskan mempunyai embrio atau tidak. Pada umumnya proses peneropongan dilakukan pada umur 5 hari setelah awal telur dimasukkan ke dalam mesin penetas.

Bila pada peneropongan didapat telur tidak mempunyai serabut maka telur tersebut masih bisa dijadikan telur konsumsi.

Proses peneropongan jangan terlalu lama karena jika terlalu maka bisa mengkibatkan embrio mati. Lampu yang digunakan untuk meneropong adalah lampu pijar 100 watt.

Proses penetasan

Penetasan Telur Ayam kampung super
Penetasan Telur Ayam kampung super

Telur tetas dapat menggunakan ayam yang sedang bertelur maupun mesin penetas telur. Biasanya yang menggunakan mesin penetas telur adalah peternak dengan jumlah telur yang banyak. Untuk peternak kecil biasanya dititipkan pada ayam indukan lain. Sedangkan peternak kelas menengah dapat menggunakakan mesin penetas telur skala sedang yang berkapasitas 10.000 telur tetas. Sedangkan mesin penetas telur skala besar mempunyai kapasitas 120.000 telur tetas.

Proses yang mempengaruhi penetasan diantaranya temperatur, kelembapan, sirkulasi udara dan pemutaran telur (turning). Proses tersebut mengadopsi dari cara kerja proses penetasan alami ayam. Suhu ideal inkubatior berkisar 100 derajat fahrenheit dengan kelembapan 55 %.

Selanjutnya dilakukan dilakukan peneropongan ulang pada umur 18 – 19 hari. Setelah 21 hari telur yang diletakkan ke dalam mesin tetas dan mesin hatcher akan menetas. DOC yang telah menetas segera diseleksi terlebih dahulu. Yang dipilih DOC dengan jenis mata sehat dan bersinar, kaki tidak cacat, bulu tumbuh bagus. Sedangkan DOC yang abnormal seperti mata buta, kaki bengkok, bulu tidak merata, perut tidak menutup merata serta kaki kering akan dipisahkan. DOC yang berkualitas selanjutnya dimasukkan ke dalam boks khusus.

Kandang boks
Kandang boks

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

DOC ayam kampung super yang berkualitas, jual ayam kampung super, beberapa kelebihan bisnis ayam kampung super pedaging , peluang bisnis usaha penetasan DOC ayam kampung super, suhu yang pas untuk menetaskan telur, proses penetasan telur dengan mesin penetas, suhu penetasan telur bebek, suhu dan kelembaban penetasan telur, cara menetaskan telur secara tradisional, suhu untuk menetaskan telur lovebird, suhu penetasan telur entok, cara memutar telur dalam mesin penetas

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s