Gangguan Kesehatan Pada Ayam Kampung Super yang Disebabkan Oleh Lingkungan

Beberapa Gangguan Kesehatan Pada Ayam Kampung Super yang Disebabkan Oleh Lingkungan

Ayam Kampung Super maupun ayam lainnya yang sakit bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena terkena penyakit, kekurangan nutrisi dan bisa disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang bagus. Memang bukan hal yang mudah untuk mendeteksi penyebab gangguan kesehatan terutama bagi peternak pemula. Masing-masing gangguan mempunyai beberapa ciri yang terkadang perlu ketelitian agar mengetahui penyebabnya. Salah satu dari penyebab gangguan kesehatan adalah karena faktor lingkungan.

Lingkungan yang terkena polusi akan berdampak terhadap kesahatan dan pertumbuhan ayam yang kita pelihara. Penyebab terjadinya gangguan diantaranya ventilasi kandang yang kurang memadai sehingga karbondiaoksida, amoniak dan debu yang kadar berlebihan di dalam kandang sementara oksigen yang dibutuhkan ayam kurang mencukupi.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Untuk pencegahan sebenarnya cukup sederhana yaitu dengan pembuatan ventilasi yang baik sehingga oksigen dapat masuk. Sementara amoniak, karbondioksida dapat keluar dengan baik. Di samping itu kebersihan kandang selalu terjaga agar debu dan kotoran lainnya dapat hilang. Untuk peternak yang lebih modern dapat melengkapi dengan kipas angin yang dapat membantu sirkulasi dalam kandang berjalan dengan baik.

Gangguan kesehatan akibat lingkungan yang kurang mendukung disebut asites yaitu busung air karena penumbunan cairan yang berlebihan dalam rongga perut. Penimbunan cairan ini bisa mencapai 0,5 liter sehingga ayam akan terlihat gemuk. Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian pada ayam hanya berselang beberapa hari dari gejala awal timbul.

Apa saja gejala dari penyakit asites?  

Penyakit asites dapat dilihat dari gejala yang dialaminya eperti perut ayam nampak gendut dan posisi seperti duduk, sesak napas, bulu ayam nampak kusut dan ayam nampak lesu. Untuk gejala lebih lanjut seperti kulit dan selapus lendir berwarna biru dan kejang-kejang. Apabila ayam mati maka ginjal dan jantung ayam akan membesar.

Baca Juga!  Langkah Awal Menentukan Keberhasilan Dalam Beternak Ayam Kampung Super (Joper)

Penyebab penyakit asites termasuk kompleks diantaranya temperatur kandang terlalu rendah/ dingin, ayam kekurangan nutrisi makanan, serta kadar garam yang terlalu tinggi yang terdapat pada pakan ternak dan kekurangan oksigen pada ayam.

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super
Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Bagaimana cara pencegahan agar ayam kampung super tidak terkena penyakit asites?

  1. Mengatur agar kandang mempunyai ventilasi yang baik. Dengan ventilasi berjalan dengan lancar maka udara kandang tidak pengap dan panas.
  2. Paternak perlu mengatur jumlah dan komposisi pakan yang memadai agar ayam tidak kekurangan nutrisi makanan.
  3. Menjaga temperatur kandang agar selalu hangat.
  4. Ayam tidak mendapatkan asupan garam yang berlebihan.

Gejala penyakit akibat dari lingkungan yang kurang mendukung cukup berbahaya. Sehingga perlu tindakan pencegahan agar ayam tidak terkena penyakit asites. Sebenarnya jika peternak melaksanakan sanitasi dan ventilasi yang baik, pemberian pakan yang selalu terkontrol dan pengawasan terhadap gejala ayam yang sakit maka akan mengurangi resiko terjadinya penyakit asites.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:

Harga DOC ayam kampung super tahun 2017, pemeliharaan ayam kampung super pedaging dengan kandang postal, budidaya ayam kampung super, peluang bisnis usaha pembesaran DOC ayam kampung super, ukuran kandang untuk DOC kampung super dengan kapasitas 100 ekor, DOC ayam kampung super, DOC ayam jawa super, ayam jawa super, peternak DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, DOC ayam kampung super wilayah jawa, DOC ayam kampung wilayah Sumatera, DOC ayam kampung super wilayah Kalimantan, DOC ayam kampung super wilayah Sulawesi, DOC ayam kampung super wilayah Papua, sedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, pesan DOC ayam kampung super, pengiriman DOC ayam kampung super wilayah jawa, pengiriman DOC ayam kampung super wilayah luar Pulau Jawa

Baca Juga!  Perbedaan Mengembangbiakan Ayam Kampung Super Pedaging Secara Alami dan Metode Inseminasi Buatan (IB)

** Yuni Ambarwati **

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA