Cara untuk Membesarkan Ayam Kampung Super di Dalam Kandang Brooder

Metode membesarkan Ayam Kampung Super dilakukan menjadi 3 fase yaitu fase starter ( awal), fase grower (pertumbuhan) dan fase finisher (panen).Setelah peternak mendapatkan DOC maka perlu proses pembesaran dari fase awal hingga fase panen.

Membesarkan di kandang brooder

Kandang brooder (kandang induk buatan) merupakan kandang yang digunakan untuk membesarkan ayam DOC hingga umur 7 hari. Kandang brooder dilengkapi pemanas dengan suhu 31-34 derajat celcius. Pemanas itu bertujuan agar anak ayam tidak mati kedinginan karena anak ayam tidak bersama induknya.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Selama dipelihara di kandang brooder, peternak memperhatikan perkembangan DOC Ayam Kampung Super. Pada umur 1-7 hari, makanan berupa pakan voer dibasahi dengan sedikit air. Pemberian pakan secukupnya saja karena dikhawatirkan akan mudah berjamur. Pada fase ini anak ayam masih kesulitan untuk minum langsung dari tempatnya dan untuk solusinya diberikan bersamaan dengan makanannya. Setelah berumur 15 hari, pakan ayam dapat ditambahi dengan bahan pakan tambahan seperti dedak atau bekatul.

Kapan waktu yang tepat untuk memberi vaksinasi pada ayam fase starter?

Untuk mencegah kematian akibat merebaknya penyakit maka pada masa starter dapat divaksinasi dengan ND-IB yang dilakukan sebelum ayam berumur seminggu yang diberikan melaelalui tetes mata dan Gumboro yang diberikan pada saat ayam berumur kurang dari 2 minggu . Dan untuk mempercepat pertumbuhan perlu diberikan suplemen atau multivitamin dengan jangka waktu 3 hari berturut-turut. Setelah 3 hari, beri perlakuan serupa. Hal itu penting karena fase starter merupakan fase yang rentan terhadap penyakit.

Setelah ayam berumur 5 minggu, ayam sudah masuk fase grower. Fase grower (4- 6 minggu) ayam dipelihara di kandang postal yang lantainya dialasi dengan litter. Pada fase ini antara pejantan dan indukan dipelihara dalam kandang terpisah yang bertujuan agar memacu pertumbuhan ayam. Pejantan mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan betina. Saat ayam berumur 6 minggu, ayam pejantan sudah dapat dipanen karena mempunyai bobot 0,7-0,9 kg. Jumlah ayam yang dipanen sekitar 30% dari jumlah populasi.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Untuk ayam fase grower dapat diberikan pakan tambahan berupa hijauan lunak seperti kangkung, taoge kubis dan kulit ari kacang-kacangan. Pakan hijauan cukup penting untuk mengurangi pengeluaran pakan. Pakan hijauan sebelum diberikan ke ayam perlu dicincang halus agar memudahkan ayam memakannya. Untuk hasil yang lebih baik lagi, setelah dicincang dan dihaluskan perlu dikeringkan.

Cara pemberian pakan hijauan yaitu setelah pakan utama diberikan. Bisa juga diberikan antar waktu makan pagi hari dan sore hari. Ayaam yang mendapat asupan pakan hijauan akan terlihat lincah dan sehat.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686 

WHATSAPP

0856 4772 3888

 

Kata terkait:

Harga ayam dara super, beternak ayam kampung super, harga DOC ayam pedaging super, budidaya ayam kampung super petelur, kandang untuk ayam kampung super fase starter, ayam kampung super, ayam jawa super, DOC ayam kampung super, DOC ayam jawa super, ternak DOC ayam kampung super, peternak DOC ayam kampung super, pesan DOC ayam kampung super, kirim DOC ayam kampung super, pengiriman DOC ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, tempat penyedia DOC ayam kampung super

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s