DOC Ayam Kampung Super

Cara Pembuatan Bahan Pakan Tambahan Untuk Ayam Kampung Super

Cara Pembuatan Bahan Pakan Tambahan Untuk Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super merupakan ayam kampung unggulan. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, sekarang ini permintaan Ayam Kampung super makin meningkat. Berat badan ayam kampung super tergolong cepat karena pada umur 2 bulanan, ayam jenis ini bisa dipanen. Tentu saja setiap peternak memiliki hasil yang berbeda jika pemeliharaan dan penggunaan pakan yang berbeda pula.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Pada tahap awal ayam kampung masuk kandang, peternak lebih banyak menggunakan voer atau BR. Setelah berumur 5 minggu, peternak dapat menggunakan pakan tambahan yang dapat kita buat sendiri dengan bahan-bahan yang berkualitas. Jika kita mengandalkan pakan ternak komersial maka peternak akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi.

Bahan baku yang kita gunakan sebaiknya yang berharga murah, mudah peroleh secara kontinyu, tidak mengandung racun (aman digunakan), saling melengkapi dengan bahan lain. Sebelum kita mengolah bahan pangan, kita perlu mengolah bahan baku menjadi bahan pangan. Pengolahan bertujuan agar bahan baku lebih tahan lama. Biasanya bahan baku diolah menjadi tepung. Pengolahan setiap bahan baku berbeda-beda karena sifat bahan baku juga tidak sama.

Beberapa bahan pakan yang bisa kita buat berasal dari bahan baku yang berasal dari bekicot, kerang, darah, tepung daging, hijauan, bungkil kelapa, ampas tahu dan masih banyak lagi.

Apa yang perlu diperhatikan saat mengolah bahan pakan ternak?

Saat kita akan mengolah bahan pakan ternak maka kita perlu mengetahui prosesnya:

  1. Bahan baku yang akan digunakan dikumpulkan
  2. Bahan yang akan kita gunakan disortir
  3. Pencincangan bahan baku terutama yang berukuran besar dan keras
  4. Bahan baku direbus agar membunuh kuman yang kemungkinan ada pada bahan baku tersebut.
  5. bahan baku ditiriskan agar air yang terkandung didalamnya berkurang
  6. Pengepresan bertujuan mempercepat proses penghilangan air.
  7. Pengeringan dapat dilakukan dibawah sinar matahari atau dengan pengering buatan.
  8. Penggilingan bahan kering menjadi tepung.

Setelah mengetahui proses yang akan kita lakukan, maka kita dapat membuat tepung berbagai bahan baku. Pada kesempatan ini, kita memberikan beberapa contoh agar kita dapat membuat bahan pangan sendiri. Untuk prosesnya setiap bahan baku berbeda-beda karena bahan baku mempunyai kadar air, bentuk , asal bahan dan sifat bahan baku.

Cara pembuatan tepung keong dan tepung bekicot

tepung keong

tepung keong

Keong dan bekicot yang akan diolah menjadi tepung, terlebih dahulu direbus agar kuman mati. Setelah direbus proses selanjutnya dengan ditiriskan dan isinya dikeluarkan diiris agar menjadi potongan kecil. Proses selanjutnya dengan dikeringkan. Setelah dalam kondisi kering maka kita dapat menggiling dengan menggunakan alat hammer mill atau disc mill

Cara pembuatan tepung tulang

Tepung Tulang

Tepung Tulang

Jika kita akan membuat tepung tulang maka terlebih dahulu kita mengumpulkan sisa tulang limbah rumah tangga, dipotong kecil-kecil atau diketuk-ketuk agar membentuk serpihan yang lebih kecil. Tahap selanjutnya dengan direbus selama 4 jam agar kuman yang terdapat pada tulang menjadi mati. Setelah proses perebusan maka ditiriskan dan dikeringkan. Setelah kering dilakukan proses perendaman air terdiri dari air kapur 10% ( kapur 100 gram dicampur dengan 1 liter air) selama 1,5 bulan. Tahap selanjutnya dicuci menggunakan air tawar agar kadar kapur hilang. Setelah kapur hilang maka kita dapat melakukan perebusan selama 4 jam. Lalu direbus selama 4 jam dengan suhu 70 derajat celcius. Kita masih melakukan perebusan sekali lagi pada suhu 100 derajat celcius.

Untuk selanjutnya kita pisahkan tulang dan gelatinnya. Selanjutnya tulang dikeringkan dengan alat pengering pada suhu 100 derjat celcius baru digiling menggunakan hammer mill.

Cara pembuatan tepung berbahan daun

Tepung Daun

Tepung Daun

Untuk membuat tepung dari berbagai daun maka tahap pertama kita kumpulkan daun yang akan dibuat tepung. Lakukan penyortiran, selanjutnya kita cincang agar menjadi serpihan yang lebih kecil. Daun yang telah berbentuk kecil-kecil kita jemur hingga kering, barulah dapat kita giling.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

DOC Ayam Kampung Super

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686 

WHATSAPP

0856 4772 3888

 

Kata terkait:

DOC ayam kampung super, pembesaran ayam kampung super, harga DOC ayam pedaging super, harga ayam kampung super pedaging tahun 2017, kandang yang tepat untuk ayam kampung super pedaging, ayam kampung super, ternak ayam kampung super, peternak  ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, tempat penyedia DOC ayam kampung super, pesan DOC ayam kampung super, kirim DOC ayam kampung super, pengiriman DOC ayam kampung super, DOC ayam kampung super wilayah Pulau Jawa, DOC ayam kampung super wilayah Papua, DOC ayam kampung super wilayah Sulawesi, DOC ayam kampung super wilayah Kalimantan, DOC ayam kampung super wilayah Sumatera

 

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s