Pengaruh Kualitas Pakan Dalam Pertumbuhan Ayam Kampung Super

Pengaruh Kualitas Pakan Dalam Pertumbuhan Ayam Kampung Super

Pertumbuhan Ayam Kampung Super yang baik dipengaruhi beberapa hal. Diantaranya pakan yang berkualitas, bibit yang digunakan, sanitasi dan ventilasi kandang dan pemeliharaan yang optimal. Pakan memberikan pengaruh 40% dalam keberhasilan usaha ternak ayam. Sehingga jika kita menginginkan unggas yang kita pelihara mempunyai kualitas yang bagus, salah satunya yang perlu mendapatkan penanganan yang optimal adalah pakan ayam yang baik.

Dalam memilih bahan, perlu mempertimbangkan beberapa hal antara lain mudah didapat, harga relatif murah, tersedia dalam jumlah yang cukup serta kontinyu, tidak mempunyai unsur racun (aman dikonsumsi), saling melengkapi dengan bahan pakan lain dan tidak bersaing dengan kebutuhan manusia.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Pakan Ayam Kampung Super sendiri cukup sederhana dan tidak rumit dibandingkan pakan untuk ayam pedaging (broiler) dan ayam petelur. Pakan yang digunakan biasanya voer BR 1 yang dicampur dengan jagung dengan komposisi 2 : 1 atau 1 : 1. jika tidak dicampur dengan bahan pakan lain maka peternak akan mengeluarkan biaya yang besar, keuntungan menggunakan pakan komersial yaitu peternak tidak perlu melakukan aktivitas menyusun formulasi pakan.

Salah satu bahan pakan yang dapat ditambahkan dengan voer atau BR adalah jagung. Jagung merupakan sumber energi metabolisme paling tinggi dibandingkan biji-bijian lain. Jagung juga mengandung vitamin A dan asam lemak linoleat. Jagung yang biasanya digunakan adalah jagung kuning atau agak merah. Dalam pakan ternak, penggunaannya bisa mencapai 45-55%.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Selain jagung, bahan pakan lainnya yang dapat ditambahkan pada pakan ternak diantaranya padi dan produk turunan dari padi (dedak, bekatul, menir), molase (tetes tebu), tepung gaplek, tepung ubi jalar, polar (limbah pengolahan tebu) dan sagu. Selain itu tepung ikan, tepung daging, tepung bulu, tepung darah, tepung bekicot, tepung kepala udang.

Baca Juga!  Cara Buat Pakan Ayam Sendiri dengan Bahan & Alat Sederhana

Beberapa sumber protein yang berasal dari tumbuhan juga baik digunakan untuk pakan ayam kampung super diantaranya bungkil kedelai, bungkil kecipir, bungkil kacang tanah, ampas tahu dan kecap, tepung daun lamtoro dan bahan pakan hijauna lainnya.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Ayam yang diberi pakan yang berkualitas maka pertumbuhan badannya akan lebih cepat, dagingnya padat dan masa panen lebih cepat dibandingkan dengan ayam yang mendapat perlakuan yang sebaliknya. Maka perlu pemeliharaan yang optimal dan tepat agar ayam kampung super menghasilkan daging yang padat, besar, enak dan cepat dipanen.

DOC Ayam kampung Super
DOC Ayam kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:

Jual DOC ayam kampung super, ternak ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, ayam kampung super pedaging, harga pakan ternak tahun 2017, DOC ayam kampung super, DOC ayam jawa super, ayam kampung super, ayam jawa super, ayam joper, peternak DOC ayam kampung super, peternakan ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, pesan DOC ayam kampung super, kirim DOC ayam kampung super, pengiriman DOC ayam kampung super, DOC ayam kampung wilayah Pulau Jawa, pengiriman DOC ayam kampung super wilayah Sumatera, DOC ayam kampung super  wilayah Kalimantan, DOC ayam kampung super wilayah Papua

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA