8 Hal yang Perlu Peternak Pemula Lakukan Pada Saat Menerima DOC Ayam Kampung Super

Bagi peternak profesional, bukan hal yang membingungkan saat menerima DOC dari peternak lainnya. Sedangkan bagi peternak pemula yang belum pernah memelihara ayam kampung super perlu belajar bagaimana memperlakukan DOC Ayam Kampung Super dengan benar. DOC atau Day of Chicken merupakan anak ayam yang baru menetas. Pada periode ini DOC masih mempunyai cadangan makanan dalam tubuhnya sehingga tidak perlu terburu-buru memberikan makanan pada DOC.

Sebelum menerima DOC Ayam Kampung Super dari peternak yang berbeda maka kita perlu mempersiapkan kandang/ boks terlebih dahulu. Di dalam boks diletakkan pemanas buatan misalnya bohlam listrik sekitar 15 watt atau sesuai dengan kondisi lingkungan kandang. Bila kandang berlokasi di daerah yang sangat dingin maka suhu yang dibutuhkan untuk memanaskan boks sekitar 20 watt. Lampu tersebut mempunyai ketinggian sekitar 1,5 meter dari permukaan kandang.

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super
Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Persiapan selanjutnya adalah menyiapkan minuman bagi DOC. Minuman DOC yang baru masuk kandang berbeda dengan DOC yang telah dipelihara beberapa hari. Minuman DOC berupa air yang ditambahkan gula jawa sebanyak 1 sendok makan dan diaduk. Bisa juga diberi tambahan multivitamin seperti vitachic. Pemberian larutan gula dilakukan hanya pertama kali saat DOC masuk boks berpenghangat.

Boks berisi DOC dibuka sekitar 10 % dari seluruh populasi DOC yang kita pesan. DOC tersebut kita timbang untuk mengetahui berat rata-rata dari DOC tersebut. Sebab berat DOC berbanding lurus dengan dan hasil panen. Setelah ditimbang kita perlu melakukan penghitungan dengan cara memasukkan DOC ke dalam suatu lingkaran dan kita hitung satu per satu.

Setelah kita pastikan jumlahnya benar, barulah kita berikan perlakuan untuk DOC yang baru datang.

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super
Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Apa yang harus kita lakukan setelah DOC kita hitung jumlahnya ?

  1. Ayam DOC yang masih berada di dalam boks segera dikeluarkan.
  2. Berikan kesempatan DOC untuk beristirahat sejenak sekitar 30 menit.
  3. Setelah DOC beristirahat barulah kita berikan minuman seperti yang telah dibahas diatas. Pastikan semua DOC meminumnya
  4. Setelah 2- 3 jam kemudian, barulah kita bisa memberikan makanan untuk DOC.
  5. Selalu kita pantau untuk kesehatan dan tingkah laku ayam. Jika ada yang sakit, segera pisahkan di dalam kandang yang berbeda dan segera diberikan obat.
  6. Setelah 3 hari DOC berada di kandang, kita dapat melakukan vaksinasi ND-IB. Vaksin ini bertujuan agar ayam tidak terserang penyakit tetelo atau sampar.
  7. Pada saat DOC berumur 2 minggu, kita bisa melakukan vaksinasi Gumboro agar tidak mudah terserang penyakit gumboro.
  8. Pemberian suplemen atau multivitamin dengan waktu yang diselang-seling. Jadi setiap 3 hari berturut- turut diberikan suplemen, selanjutnya selama 3 hari berturut-turut pemberian dihentikan untuk selanjutnya diberikan lagi selama 3 hari berturut-turut, bagitu seterusnya.
DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Periode satu minggu pertama merupakan periode kritis dimana DOC kemungkinan mengalami kematian bila perlakuan kurang optimal. Namun karena DOC Ayam Kampung Super lebih tahan terhadap penyakit jadi persentase terjadinya kematian pada DOC lebih rendah dibandingkan DOC pada ayam pedaging atau ayam petelur.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke berbagai daerah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

 

SMS/CALL

0812 2028 8686 

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Jual DOC ayam kampung super, ternak ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, ayam kampung super pedaging, harga pakan ternak tahun 2017, peternak ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, pesan DOC ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, tempat penyedia DOC ayam kampung super, ayam kampung super, DOC ayam kampung super, ayam jawa super, DOC joper

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s