5 Persyaratan Untuk Dapat Memanen Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super dapat dipanen pada umur 6 minggu dan dapat diteruskan pada umur 12 minggu. ada beberapa alasan mengapa kita perlu memanen pada umur 6 minggu yaitu untuk efisiensi pakan. Seperti kita ketahui, pejantan ayam kampung super lebih banyak menghabiskan pakan dibandingkan ayam kampung super betina. Untuk itu pada umur 6 minggu peternak mulai memanen pejantan ayam kampung super.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Sebelum kita panen, ada beberapa syarat yang perlu kita ketahui agar kita dapat panen Ayam Kampung Super tepat sasaran diantaranya:

  1. Pada saat Ayam Kampung Super berumur 6 minggu kita dapat mulai panen. Ayam yang kita panen sekitar 30% dari seluruh populasi kandang. Hal tersebut bila harga yang ditawarjkan sesuai harga pasar.
  2. Jika panen karena alasan ekonomis maka kita bisa memilih ayam yang mempunyai berat badan ideal yang kita panen terlebih dahulu. Bobot yang disarankan untuk panen sekitar 0,78 – 0,85 kg per ekor.Untuk ayam yang berbobot kurang dari berat ideal maka disarankan untuk terus dipelihara sampai mencapai berat badan ideal untuk dijual.
  3. Ayam yang dipanen dipilih yang sehat, mempunyai otot paha dan otot dada yang padat dan kakinya berwarna kuning.
  4. Diutamakan yang berjenis jantan karena konsumsi pakan ayam jantan lebih banyak dibandingkan Ayam Kampung Super betina. Jadi peternak lebih efisien dalam hal pakan.
  5. Setelah panen tahap pertama, kita dapat kembali panen pada saat ayam berumur 12 minggu. Seperti kita ketahui bahwa pertumbuhan ayam kampung super mencapai puncaknya pada saat ayam berumur 12 minggu. Namun jika permintaan tinggi dan harga yang ditawarkan juga mengikuti standar pasar, kita dapat memanen sebelum ayam berumur 12 minggu.
DOC Ayam Kampung Super

Kita dapat memelihara ayam lebih dari 12 minggu jika tujuannya untuk dijadikan indukan. Sedangkan jika untuk tujuan komersial, sebelum umur 12 minggu sudah dapat dipanen sesuai aturan diatas.

Baca Juga!  3 Tipe Kandang Ayam Broiler, Mana yang Paling Bagus?

Pemanenan juga dapat dilakukan berdasarkan permintaan pasar atau konsumen. Konsumen sendiri mempunyai minat terhadap berat badan ayam berbeda-beda tergantung tujuan penggunaan. Untuk konsumen yang mempunyai usaha rumah makan atau restoran maka ayam yang dibutuhkan berbobot 0,8-0,9 kg per ekor. Untuk pasar swalayan dan pasar tardisional membutuhkan ayam berbobot 0,9-1 kg. Sedangkan restoran cepat saji biasanya memilih ayam yang berbobot 1 – 1, 2 kg per ekor. Jika kita mengembangbiakan untuk pembibitan maka ayam yang dibutuhkan yang berbobot lebih dari 1,8 kg.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

 

Kata terkait:

Harga DOC Ayam Kampung Super untuk wilayah Sulawesi, ternak Ayam Kampung Super bagi peternak pemula, kandang yang sesuai untuk ayam kampung super fase starter, harga ayam kampung super pedaging tahun 2017, harga pakan ternak ayam kampung super pedaging, ternak Ayam Kampung Super,  peternak Ayam Kampung Super, jual DOC ayam kampung super, ayam kampung super, DOC ayam kampung super, ayam jawa super, DOC joper

*Yuni Ambarwati*

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA