Bebek Peking

Beternak Bebek Peking Dengan Mudah

Beternak Bebek Peking Dengan Mudah

Bebek Peking merupakan bebek yang berasal dari Cina. Mungkin memang saat ini belum banyak orang yang mendengar istilah Bebek Peking. Namun sebagai salah satu pilihan peternakan, perkembangan budidaya bebek peking terus meningkat. Untuk itu jika anda beternak Bebek Peking tentu akan membuka peluang yang cukup bagus dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Di negara asalnya Cina, Bebek Peking diolah untuk menjadi masakan tradisional mereka. Untuk di Indonesia, Bebek Peking sudah cukup terkenal dan digemari oleh orang Indonesia. Maka dari itu tentu Anda bisa memulai beternak Bebek Peking ini karena cukup banyak permintaan, mulai dari daging, telur dan bulunya.

Bebek Peking

Bebek Peking

1. Kandang

Kandang Bebek Peking sama dengan kandang bebek jenis yang lain. yang perlu Anda perhatikan adalah kandang yang layak bagi bebek dilihat dari segi kebersihan, luas dan keamanan. Sedangkan lokasi kandang yang tepat akan berdampak besar terhadap perkembangan Bebek Peking. Lokasi kandang harus terhindar dari bibit penyakit dan terhindar dari bencana seperti banjir dan tanah longsor. Lokasi kandang yang ideal adalah jauh dari keramaian penduduk, dekat dengan bahan makanan, dan tempat distribusi untuk memasarkan bebek.

2. Pembibitan

Dalam budidaya bebek harus dilakukan secara terus-menerus, karena budidaya Bebek Peking terhadap 3 tahapan pembibitan yaitu mulai dari pemeliharaan anakan, masa pertumbuhan dan pemeliharaan saat masa bertelur.

Pada tahap pemeliharaan anakan dilakukan pada bebek yang berusia 1-60 hari. Pada tahap ini bebek peking yang masih anakan sebaiknya dipisahkan dengan bebek yang sudah dewasa dan diberikan lampu penghangat. Pakan yang bisa diberikan mempunyai kandungan protein sebesar 19-21%.

Tahap pemeliharaan masa bertumbuhan bebek yaitu 61-150 hari, bibit pengganti harus Anda persiapkan dengan memilih bebek jantan dan betina yang memiliki ciri bibit yang unggul.

Tahapan pemeliharaan masa bertelur dilakukan pada usia lebih dari 5 bulan. Pada tahap ini bebek dikandangkan di kandang khusus yang dilengkapi dengan temapt bertelur, umbaran dan kolam agar sesuai dengan habitatnya.

Bebek Peking

Bebek Peking

3. Pemeliharaan

Dalam memelihara Bebek Peking terdapat 3 sistem pemeliharaan, yaitu sistem pemeliharaan secara intensif, semi intensif dan extensive. Sistem pemeliharaan extensive merupakan pemeliharaan tradisional yang biasa digunakan oleh penduduk pedesaan. Pada sistem pemeliharaan seperti ini bebek akan digembalakan dan akan dilepas ke daerah yang mempunyai sumber pakan untuk bebek peking.

Pemeliharaan semi intensif yaitu pemeliharaan bebek menggunakan kandang dan diberi pakan. Akan tetapi terkadang bebek juga dilepas untuk mencari pakannya sendiri. Sistem ini menggabungkan antara 2 jenis sistem pemeliharaan yaitu sistem extensive dan intensif.

Untuk yang terakhir, sistem intensif, dalam sistem ini bebek selalu di dalam kandang dan diberi pakan secara teratur tanpa adanya pelepasan di daerah sumber pakan.

Seiring berjalannya waktu dan teknologi, aspek teknis dalam pemeliharaan bebek peking mulai diterapkan. Sehingga dalam budidayanya menggunakan teknologi yang sudah bagus dan mendukung. Untuk itu apabila Anda ingin memelihara bebek peking untuk hasil yang maksimal bisa Anda pelihara dengan sistem pemeliharaan intensif, akan tetapi semua tergantung dengan pilihan Anda. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bebek pedaging cukup cepat.

Bebek Peking

Bebek Peking

Apa saja aspek yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan Bebek Peking ?

Dalam pemberian pakan Bebek Peking, sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa aspek :

  • Pemberian pakan bebek untuk umur 1-7 hari dilakukan dengan sering namun dengan jumlah sedikit demi sedikit, satu hari bisa mencapai 5 kali. Hal ini bertujuan merangsang bebek agar mau makan terus menerus sejak awal. Pakan yang bisa Anda berikan bisa dari pabrik yang sesuai dengan standar seperti BR atau sejenisnya.

  • Umur 15 hari sampai dengan masa panen, Anda dapat memberikan pakan tambahan. Perbandingannya 40% konsentrat dan 60% buatan sendiri. Pemberian pakan 3 kali dalam sehari.

  • Selama Bebek Peking diberikan konsentrat, di minumannya diberikan 2,5 ml SOC (nutrisi) yang dicampur dengan 5 liter air.

DOD Peking

DOD Peking

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:
Harga DOD Lokal Betina Campbell, Peternak Bebek, Peternak Itik, Jual DOD Bebek, Jual DOD Itik, ternak bebek pedaging, ternak bebek entok, harga bebek peking per ekor, harga bebek peking 2016, cara ternak bebek peking petelur, bibit bebek peking, kandang bebek peking, ternak bebek peking jawa timur, makanan bebek peking, jual bebek peking, bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, ternak bebek pedaging, kandang bebek, cara ternak bebek, kandang bebek petelur, bebek hibridaa, pakan bebek petelurr, itik petelur, harga telur bebek, beternak bebek petelur, usaha ternak bebek, pakan bebek pedaging, jenis bebek

** Linda Rahmawati Choiriyah **

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s