DOD Bebek Peking

Beberapa Jenis Bebek Pedaging Unggul yang Perlu Kita Ketahui

Beberapa Jenis Bebek Pedaging Unggul yang Perlu Kita Ketahui

Bebek atau ada yang menyebut dengan itik merupakan salah satu unggas unggulan yang dapat menghasilkan telur atau daging. Jenis bebek ada yang lokal maupun bebek impor yang mempunyai kualitas yang baik maupun persilangan antara bebek lokal dan bebek impor. Bebek lokal pada umumnya mempunyai produktivitas telur maupun daging yang lebih rendah. Namun tidak semua bebek lokal mempunyai kualitas yang rendah. Beberapa diantaranya mempunyai kualitas dan kelebihan sehingga disilangkan dengan bebek impor agar menghasilkan bebek unggulan.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Sebelum kita memelihara bebek pedaging, ada baiknya kita mengenal beberapa jenis bebek pedaging unggulan agar kita bisa mendapatkan bibit seperti yang kita harapkan.

Apa saja jenis bebek pedaging unggul ?

  • Bebek Swedia Biru

Bebek Swedia biru termasuk bebek yang biasa diternakan. Warna bulunya biru dan keistimewaannya adalah mempunyai berat badan yang cukup besar sekitar 12 kg sampai 15 kg per ekor. Untuk bebek swedia biru jantan bahkan mempunyai bobot yang lebih tinggi. Bebek ini sangat cocok dijadikan bebek pedaging karena kualitasnya yang super. Untuk harga bebek ini memang lebih mahal dibandingkan bebek lokal. Saat ini peternak menyilangkan dengan jenis bebek lokal agar harganya terjangkau namun dengan kualitas yang terjaga.

  • Bebek Raja dan Ratu

Bebek raja dan ratu merupakan bebek hasil persilangan antara pejantan Mojosari dan betina Alabio.

Bebek raja mempunyai postur tubuh yang besar dan bisa dijadikan pedaging. Sedangkan bebek ratu mempunyai produktivitas telur yang cukup tinggi sehingga sangat sesuai untuk digunakan sebagai petelur. Bebek hibrida jenis ini mempunyai keunggulan yaitu mempunyai pertumbuhan yang tinggi/ cepat besar, cepat bertelur, lebih tahan terhadap serangan penyakit dan tidak gampang stres. Bebek ini menjadi salah satu bebek unggulan yang patut dipertimbangkan menjadi calon indukan.

  • Bebek Serati

Bebek serati merupakan hasil persilangan antara entok/ mentok jantan dengan bebek lokal sehingga menghasilkan bebek pedaging yang berkualitas tinggi. Di pedesaan banyak bebek serati namun menggunakan entok betina dan pejantan bebek lokal namun hasilnya kurang memuaskan. Jadi jika akan menyilangkan diusahakan jangan terbalik antara entok dan bebek yang digunakan. Bebek serati banyak digunakan pada masakan nusantara seperti rica-rica bebek, bebek betutu, bebek panggang, bebek goreng dan masih banyak menu lainnya.

  • Bebek Tiktok

Bebek tiktok merupakan hasil persilangan antara entok jantan dari Taiwan dan bebek Alabio betina. Pada umumnya cara menyilangkannya dengan inseminasi buatan, bukan dengan perkawinan alami karena termasuk sulit dikawinkan secara alami.

  • Bebek Manila

Bebek manila atau disebut Muscovy duck yang dibeberapa tempat mempunyai nama yang berbeda seperti Indian Duck, Muscovite Duck, Guenia Duck, Turkish Duck, Pato dll. Di pulau jawa disebut juga dengan entok. Bentuk tubuh bebek manila sangat besar, beratnya bisa mencapai 3-7 kg. Pejantan sendiri bila di peternakan intensif bisa mencapai berat 10 kg. Sehingga sangat potensial dijadikan pedaging.

  • Bebek Peking

Bebek peking berasal dari China. Bebek ini kemudian mengalami perkembangan di negara Inggris dan benua Amerika. Bebek ini mempunyai keistimewaan karena bisa dijadikan petelur dan pedaging. Untuk pedaging biasanya digunakan bebek jantan atau betina yang sudah memasuki masa tidak produktif sedangkan betina produktif digunakan untuk petelur. Bebek ini tenar karena menu bebek peking makin banyak disediakan di sejumlah restoran ternama. Harganya memang diatas rata-rata bebek lokal. Karena kelebihannya maka bebek peking sangat potensi dijadikan indukan.

DOD Peking

DOD Peking

Beberapa kelebihan bebek peking:

  • Pertumbuhan yang cepat. Bila dipelihara secara intensif dalam jangka waktu 2 bulan berat badannya bisa mencapai 3-3,5 kg.

  • Tahan terhadap penyakit.

  • Dagingnya empuk dan tidak alot.

  • Bebek Magelang

Bebek ini mempunyai ciri khas yaitu adanya bulu warna putih pada lehernya yang sekilas seperti kalung. Jadi banyak yang menyebut bebek magelang dengan bebek kalung.

  • Bebek Tegal

Bebek ini banyak ditemukan di kabupaten Tegal dan Brebes. Bentuk badannya hampir tegak lurus mirip seperti botol.

  • Bebek Alabio/ Bebek Banar

Bebek ini berasal dari Kalimantan Selatan. Bebek ini mirip dengan bebek peking yang juga bisa berfungsi sebagai petelur dan pedaging. Bebek ini bahkan lebih unggul dibanding bebek magelang, bebek bali, bebek tegal dan bebek mojosari. Betina bebek Alabio mulai bertelur pada umur 6 bulan.

Demikian beberapa bebek pedaging unggul baik lokal, impor maupun bebek hasil persilangan. Dengan memelihara bebek pedaging kualitas unggul disertai pemeliharaan yang intensif maka akan mendapatkan kualitas yang bagus.

Bebek Hibrida/ Bebek Petelur

Bebek Hibrida/ Bebek Petelur

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Ternak bebek petelur, agar bebek bertelur tiap hari, agen dod bebek, analisa bebek pedaging, analisa biaya ternak bebek pedaging, bibit bebek pedaging, bebek pedaging unggul, bebek pedaging hibrida, pakan bebek pedaging
budidaya bebek pedaging, cara beternak bebek pedaging, pakan bebek pedaging agar cepat besar, ternak bebek pedaging, cara pelihara bebek pedaging, cara pemberian pakan bebek pedaging

** Hasti Nurchayati **

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s