5 Jenis Energi yang Dibutuhkan Dalam Pakan Bebek

Dalam beternak Bebek untuk menghasilkan bebek yang berkualitas tentu memerlukan pakan yang berkualitas juga. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dihasilkan tergantung dengan jenis pakan yang diberikan. Untuk melengkapai pakan dibutuhkan vitamin, mineral, nutrisi dan antibiotik untuk menunjang pertumbuhannya, mempertahankan dan menjaga kesehatan bebek.

Pakan yang dibutuhkan bebek haruslah mengandung gizi. Gizi adalah zat yang terkandung dalam pakan ternak, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Karbohidrat dan lemak akan membentuk energi yang akan digunakan sebagai energi sebagai hasil pembakaran.

DOD Hibrida
DOD Hibrida

Apa saja energi yang dibutuhkan dalam pakan bebek ?

Berikut 5 jenis energi yang dibutuhkan dalam pakan bebek

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi dan tenaga yang dipakai untuk beraktivitas dalam tubuh bebek. yang termasuk dalam sumber karbohidrat adalah beras, jagung, dedak dan lain sebagainya.

2. Protein

Protein sangat dibutuhkan oleh bebek untuk masa pertumbuhan, mengganti sel-sel jaringan yang rusak serta untuk menunjang produksi bebek. Selain kebutuhan protein yang dibutuhkan bebek, Anda juga perlu memperhatikan keseimbangan asam amino yang membentuk protein tersebut. Untuk menjaga keseimbangan antar protein dan asam amino dalam penyusunan pakan haruslah berisi berbagai macam bahan baku. Dengan begitu kebutuhan akan asam amino dapat diperoleh dari bahan baku yang lainnya. Berdasarkan sumbernya, protein dibagi menjadi 2 yaitu protein nabati dan hewani.

  • Protein Hewani

Protein ini berasal dari hewan yang mempunyai nilai hayati lebih tinggi jika dibandingkan dengan protein yang berasal dari tanaman. Yang termasuk sumber protein hewani antara lain tepung ikan, susu bubuk kering dan hasil potongan daging dari tempat pemotongan hewan.

  • Protein Nabati

Protein ini berasal dari tanaman seperti dedak padi, bungkil kedelai, jagung, bungkil kelapa, bungkil kacang merah dan lainnya. Kelebihan dari protein hewani ini dapat mengakibatkan penurunan pertumbuhan ringan, penurunan ini akan menimbun lemak di lemak tubuh. Selain itu mengakibatkan litter menjadi basah yang disebabkan bebek mengonsumsi air yang berlebihan.

Bebek Lokal Mojosari
Bebek Lokal Mojosari

3. Lemak

Lemak berfungsi sebagi sumber tenaga yang mengandung vitamin A, D, E dan K. Kelebihan karbohidrat yang diserap oleh tubuh di bawah kulit disebut dengan lemak. Namun, lemak yang berlebihan bisa menyebabkan terganggunya saluran reproduksi. Sumber pakan yang mengandung lemak adalah kedelai, minyak ikan dan lainnya.

4. Vitamin

Vitamin memang sangat dibutuhkan untuk metabolisme fosfor dan kalsium yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan kulit telur.

5. Mineral

Mineral adalah zat pembangun yang digunakan untuk pertumbuhan dan reproduksi. Mineral memang dalam kebutuhannya relatif sedikit, tetapi jika kekurangan mineral juga bisa mengakibatkan efek yang tidak baik bagi kesehatan bebek. Makanan hijau adalah sumber mineral yang paling penting bagi bebek.

Dari kumpulan karbohidrat, protein, mineral, lemak dan vitamin akan membentuk energi. Energi diperlukan untuk semua aktivitas bebek termasuk pernapasan, pencernaan makanan dan sebagainya. Karbohidrat dan lemak merupakan makanan yang paling efisien. Kebutuhan energi metabolisme pakan adalah sebagai berikut :

  • Masa starter : 2800-3000 kkal/kg

  • Masa grower : 2500-2700 kkal/kg

  • Masa layer : 2600-2800 kkal/kg

Apabila Anda membeli pakan pabrik sebaiknya disediakan sesuai dengan umur dan fase pertumbuhannya. Konsentrat bisa dicampurkan dengan bahan pakan yang lain. Dalam pemberian pakan untuk bebek yang baru saja lahir bisa diberikan voer atau BR, sedangkan untuk bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dengan diberikan secara terus menerus. Pemberian air minum untuk anak bebek yang baru berumur 0-7 hari sebaiknya dicampurkan dengan vitamin. Untuk selanjutnya bisa diberikan di tempat minum di dalam kandang.

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686
WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait:

Bebek, Itik, Bebek Hibrida, Bebek Peking, Bebek Lokal Jantan, Bebek Lokal Betina, Bebek Campbell, Bebek Mojosari, Ternak Bebek, Harga DOD Bebek Peking, Harga DOD Bebek Hibrida, Harga DOD Lokal Jantan, Harga DOD Lokal Betina Campbell, Harga DOD Lokal Betina Campbell, Peternak Bebek, Peternak Itik, Jual DOD Bebek, Jual DOD Itik, ternak bebek pedaging, ternak bebek entok, bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, ternak bebek pedaging, kandang bebek, cara ternak bebek, kandang bebek petelur, bebek hibridaa, pakan bebek petelurr, itik petelur, harga telur bebek, beternak bebek petelur, usaha ternak bebek, pakan bebek pedaging, jenis bebek

** Linda Rahmawati Choiriyah **

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s