4 Hal yang Perlu diperhatikan Dalam Beternak Ayam Kampung Super

4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Beternak Ayam Kampung Super

Dalam beternak Ayam Kampung Super, ada beberapa hal yang perlu dipelajari agar ayam yang dipelihara dapat berkembang dengan baik. Hal yang diperlu dipelajari diantaranya penanggulangan terhadap penyakit, makanan yang sesuai dengan umur ayam, kandang yang memenuhi syarat kesehatan, jadwal pemberian vaksinasi sesuai dengan umur ayam dan memasarkan hasil panen dengan harga yang sesuai dengan harga pasar.

ayam kampung super
ayam kampung super

Dalam beternak Ayam Kampung Super memang terkadang ada kendala yang menyertainya. Kendala tersebut bukan dijadikan halangan untuk berwirausaha Ayam Kampung Super namun sebagai pembelajaran sebelum kita terjun dalam pembesaran ayam kampung super.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dan mengatasi untuk beternak Ayam Kampung Super?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan mengatasi untuk beternak Ayam Kampung Super:

  • Tingkat kematian ayam tinggi

Ayam yang sakit dalam jangka waktu tertentu bisa menyebabkan kematian. Jika kematian pada saat ayam masih kecil maka tingkat kerugian lebih sedikit dibandingkan jika kematian pada saat ayam telah dewasa. Pada kondisi normal, tingkat kematian ayam bisa mencapai sekitar 5% sedangkan bila ada wabah maka tingkat kematian bisa mencapai 10%.

Tingkat kematian dapat menjadi kendala berarti jika jumlah yang mati cukup banyak. Di samping itu obat yang diperlukan harganya masih mahal juga akan menyebabkan pengeluaran peternak menjadi makin membengkak.

  • Penurunan harga jual ayam kampung super

Ayam Kampung Super mempunyai harga jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan ayam potong atau ayam broiler. Hal tersebut dipengaruhi oleh tingginya permintaan ayam kampung pedaging oleh masyarakat. Harga ayam kampung super relatif lebih stabil dibandingkan dengan ayam potong. Kendala dalam pemeliharaan ayam kampung super diantaranya penurunan harga jual ayam kampung super karena akan mempengaruhi pendapatan peternak ayam.

  • Pembengkakan biaya untuk pengobatan ayam

Baca Juga!  Apakah Ayam Joper Bisa Mengerami Telurnya Sendiri?

Salah satu pengeluaran ekstra yang harus ditanggung peternak diantaranya pembengkakan biaya untuk pengobatan ayam yang sakit. Semakin banyak ayam yang perlu mendapat pegobatan maka pengeluaran akan semakin membengkak.

  • Kurang efisien dalam hal pakan

Peternak pada umumnya menghitung jumlah pakan yang dipergunakan untuk menghasilkan 1 kg daging (FCR). Semakin kecil angka FCR berarti penggunaan pakan semakin efisien. Namun ada beberapa hal yang membuat penggunaan kurang efisien diantaranya terlalu banyak jumlah ayam jantan yang dipelihara dalam suatu kandang. Ayam kampung pejantan memang lebih cepat besar dibandingkan pertumbuhan ayam kampung betina namun pakan ayam kampung jantan juga lebih banyak. Untuk itu pejantan biasanya lebih dahulu dipanen agar lebih efisien dalam hal pakan.

Contoh pakan yang berkualitas untuk ayam kampung super
Contoh pakan yang berkualitas untuk ayam kampung super

Disamping itu banyaknya ayam yang sakit dan membutuhkan pemulihan juga akan menyebabkan jumlah pakan melonjak naik karena peternak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengejar berat badan seperti yang lainnya.

Untuk mengatasi berbagai kendala diatas kita dapat melakukan upaya pencegahan seperti penggunaan bibit yang berkualitas, pemberian pakan yang berkualitas.

beternak ayam kampung super
beternak ayam kampung super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

Jual bibit atau anakan ayam kampung super, ternak ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, harga ayam pedaging, ukuran kandang untuk ternak DOC ayam kampung super, DOC atau anakan yang berkualitas, ternak dengan pola kemitraan, beternak anakan ayam kampung super secara intensif, penyakit pada unggas yang disebabkan oleh parasit, penyakit unggas dan pengobatannya, penyakit unggas dan pengobatannya pdf, penyakit pada unggas dan pencegahannya, kepanjangan diagnosa doc, doc adalah penyakit

Baca Juga!  Ternyata Ayam KUB Bisa di Jadikan Indukan

**Yuni Ambarwati**

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA