4 Hal yang Perlu Dipersiapkan Dalam Beternak Bebek Petelur

Beternak bebek merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan bagi penghobinya. Selain itu beternak bebek tentu mempunyai prospek dan akan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Selain sumber daya yang dapat dimanfaatkan, bebek merupakan hewan penurut sehingga mudah dalam hal pemeliharaannya.

Bebek secara umum dimanfaatkan dagingnya untuk berbagai macam olahan seperti bebek goreng, bebek bakar dan lain sebagainya, selain itu telur bebek bisa dibuat telur asin, bulunya pun dapat digunakan membuat kok dan kotorannya dapat digunakan untuk pupuk. Memang secara umum bebek dipelihara untuk diambil daging dan telurnya, oleh karena itu saat ini permintaan akan bebek semakin meningkat di setiap tahunnya.

DOD Hibrida/ Bebek Petelur
DOD Hibrida/ Bebek Petelur

Bagaimana persiapan beternak bebek petelur bagi pemula ?

Persiapan beternak bebek bagi pamula :

  • Persiapan kandang bebek petelur

Kandang bebek merupakan hal yang mendasar dan harus dipersiapkan dalam beternak bebek. Karena tanpa adanya kandang, pasti Anda akan kesusahan mengatur bebek. Mengingat kebutuhan kandang memang penting, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal dalam pembuatan kandang sebagai berikut :

DOD Peking
DOD Peking
  1. Kondisi kandang yang nyaman

    Kondisi kandang bebek petelur sebaiknya kering, tidak lembab, dan bersih. Kandang dibuat tertutup namun sedikit terbuka. Hal ini dikarenakan bebek mudah terkejut, apabila ada ayam lain atau anjing yang sedang melewati kandang bebek akan gelisah. Tujuan dari kandang yang tertutup guna sirkulasi udara dan angin tidak masuk secara langsung ke kandang melainkan ke filter (penyaring).

  2. Ruang gerak kandang bebek petelur

    Kandang bebek petelur tidak terlalu sempit atau idealnya 1 meter untuk 2 ekor bebek. Ruang gerak bebek perlu diperhatikan karena bebek tidak suka makan dan minum secara berebutan, mereka lebih suka bergantian. Selain itu ruang gerak yang cukup akan mempermudah Anda dalam memberikan pakan, minum dan proses pengambilan telur.

  3. Tinggi kandang bebek

    Kandang bebek petelur sebaiknya menyesuaikan tinggi kita dan lebih sedikit atau bisa dibuat sekitar 2,5 – 3 meter. Kandang bebek yang tinggi akan mempermudah Anda dalam proses pemberian pakan, minum dan pengambilan telur bebek pada pagi dan sore hari.

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida
  1. Penerangan kandang

    Pererangan di dalam kandang memang cukup penting untuk pemeliharaan bebek petelur. Selain untuk mempermudah pemeliharaan dan pengawasan, penerangan dengan lampu dapat membuat tubuh bebek menjadi hangat saat malam hari.

  2. Suhu ruangan kandang

    Suhu di dalam kandang sebaiknya sama dengan suhu ruangan dengan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin yaitu berkisar antara 27-30 derajat. Membuat suhu kandang menjadi panas bisa dengan membuat kandang dengan membujur dari arah barat ke timur sehingga cahaya matahari dapat masuk ke dalam kandang. Sinar matahari dapat menyehatkan bebek dan dapat mengurangi bau dalam kandang dan kandang yang lembab.

DOD Hibrida/ DOD Bebek Petelur
DOD Hibrida/ DOD Bebek Petelur
  • Persiapakan beternak bebek petelur

Dalam mempersiapkan bebek untuk menghasilkan bebek petelur yang maksimal secara garis besar ditentukan oleh faktor pakannya. Tanpa adanya pakan, bebek petelur akan sulit untuk betelur. Sebelum Anda memulai memelihara bebek sebaiknya menyediakan peralatan yang akan digunakan untuk beternak seperti tempat pakan, minum dan lain sebagainya. Pakan yang bisa Anda berikan untuk bebek petelur adalah pakan yang mengandung protein hewani seperti tepung ikan, ikan rucah dan jenis pakan lain yang bisa dicampurkan dalam pakan pokoknya.

  • Pemilihan bibit bebek petelur

Setelah memmpersiapkan peralatan yang digunakan untuk beternak bebek, kemudian Anda perlu memilih bibit bebek petelur yang unggul. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bibit bebek petelur yaitu:

  1. Memelihara bebek dari Usia DOD sehingga harus menunggu sampai dewasa dan memproduksi telur.

  2. Membeli telur tetas yang sudah dijamin keunggulannya.

  3. Membeli DOD pada peternak yang sudah terjamin kualitasnya oleh dinas peternakan setempat.

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida
  • Pakan untuk bebek petelur

Pakan merupakan hal yang pokok untuk ternak bebek, pakan yang biasa digunakan menganduung protein tinggi yang banyak terdapat pada pakan seperti konsentrat atau pakan lain yang sudah terkenal kualitasnya dengan merk tertentu seperti japfa, CPI, GC, atau jenis lainnya. Akan tetapi dalam beternak bebek Anda harus pandai-pandai mengontrol pengeluaran biaya produksi agar keuntungan yang di dapatkan bisa maksimal.

Oleh karena itu tentu diperlukan pakan alternatif lain yang dapat meminimalkan biaya produksi. Karena yang kita bahas saat ini tentang bebek petelur, maka kita harus menekan biaya produksi dengan pakan yang mengandung protein hewani, seperti :

  • Ikan Rucah

Ikan Rucah merupakan pakan alternatif alami yang mudah di dapat dan harganya pun terjangkau. Akan tetapi keberadaannya masih sulit, kecuali jika di daerah dekat laut sehingga banyak peternak yang jarang menggunakan ikan rucah tersebut. Ikan rucah merupakan ikan yang tidak layak untuk dikonsumsi dan bisa dibilang hasil penyortiran dengan ikan yang masih layak dijual. Ikan rucah memang ocok untuk dijadikan pakan alternatif karena mengandung protein yang tinggi. Selain itu pemberian ikan rucah ini haruslah setiap hari karena kebutuhan setiap bebek disetiap harinya yaitu sekitar 16-20 %.

DOD Bebek Hibrida
DOD Bebek Hibrida
  • Keong

Keong mengandung protein sebesar 12%, rendah akan kolesterol, 81 gr air dan kalsium 217 mg yang terkandung dalam 100 gr keong sawah. Keong juga mengandung energi, karbohidrat, kalsium, protein, fosfor, vitamin E, vitamin A dan niacin. Keong memang mengandung protein yang cukup tinggi. Maka tidak heran banyak peternak yang sukses beternak bebek petelur dengan memberikan keong sebagai pengganti konsentrat.

Selain protein hewani, ada juga sumber protein nabati. Untuk sumber nabati bisa Anda temukan dalam kacang-kacangan, dan beberapa jenis kacang-kacangan seperti :

  • Jagung

Jagung mengandung 355 kalori, vitamin A, protein, vitamin B1, Lemak, Karbohidrat, Fosfor, Besi, Kalsium, dan Air. yang perlu Anda ketahui adalah peran jagung memang bisa menggantikan peran amisan, tetapi tidak sepenuhnya dapat menggantikan perannya. Karena bebek terkadang membutuhkan 16-20 gram asupan protein di setiap harinya, sedangkan protein yang terkandung dalam jagung hanya memiliki kandungan energi 9,2 gram. Oleh karena itu sangat diperlukan asupan tambahan untuk memenuhi proteinnya.

  • Bungkil kedelai

Bungkil keledai merupakan kedelai yang sudah tidak layak dijual entah itu pecah, remuk dan lain sebagainya dan kalau dijual pasti harganya akan sangat murah. Namun, bungkil kedelai kandungan gizinya tidak jauh berbeda dengan kedelai yang masih layak dijual. Oleh karena itu Anda dapat memanfaatkan bungkil kedelai untuk beternak bebek petelur untuk dapat menekan biaya.

Memang bnayak jenis alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengganti konsentrat dengan harga yang cukup murah. Kabutuhan protein memang diperlukan untuk bebek petelur agar lancar dalam betelur. Akan tetapi kebutuhan zat lain seperti karbohidrat, kalsium, gizi dan vitamin tentu juga dibutuhkan.

DOD Hibrida
DOD Hibrida

Karbohidrat bisa ditemukan dipakan seperti nasi aking, vitamin bisa didapatkan pada sayuran hijau. Pada intinya dalam beternak bebek petelur memerlukan protein, dan macam-macam protein dapat Anda temukan di alam dengan harga yang cukup murah. Tentu hal ini akan meminimalkan pengeluaran yang Anda keluarkan untuk biaya produksi dan tentu Anda akan mendapat penghasilan yang maksimal.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686


WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait:

cara beternak bebek petelur yang baik, cara beternak bebek pedaging, cara memelihara bebek agar cepat besar, cara ternak itik petelur tanpa air, ternak bebek entok, cara beternak bebek pedaging untuk pemula, pakan ternak bebek, cara ternak bebek peking, bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, ternak bebek pedaging, kandang bebek, cara ternak bebek, kandang bebek petelur, bebek hibridaa, pakan bebek petelurr, itik petelur, harga telur bebek, beternak bebek petelur, usaha ternak bebek, pakan bebek pedaging, bebek peking, kandang bebek petelur, bebek hibrida, pakan bebek petelur, itik petelur, jenis bebek, cara ternak bebek, ternak bebek pedaging, kandang bebek 

** Linda Rahmawati Choiriyah **

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s