Memilih Membesarkan Ayam Kampung Super Pedaging Sampai Fase Grower atau Fase Finishing?

Memilih Membesarkan Ayam Kampung Super Pedaging Sampai

Fase Grower atau Fase Finishing?

Dalam beternak Ayam Kampung Super pedaging, kita mengenal beberapa istilah. Pada umumnya peternak menggunakan istilah grower untuk membesarkan ayam kampung super umur 4-6 minggu dan fase finishing untuk istilah pembesaran ayam kampung super umur lebih dari 5 minggu hingga 14 minggu. Berdasarkan penelitian, puncak pertumbuhan ayam mulai terlihat pada umur 6-12 minggu. Dalam arti kata, fase finishing adalah puncak pertumbuhan ayam pedaging. Setelah fase tersebut, pertumbuhan cenderung melambat.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Pertumbuhan antara pejantan dan betina memang berbeda dimana jantan lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan ayam betina. Untuk betina sendiri, pemanenan dapat dilakukan mulai umur 8 minggu. Untuk pemanen diusahakan maksimal pada umur 12 minggu.

Panen pada fase grower

Pada fase grower (umur 4-6 minggu) Ayam Kampung Super karena sudah mencapai berat 0,9 –1,0 kg ekor. Bila kita memelihara ayam pedaging yang terdiri dari pejantan dan betina, maka yang dipanen terlebih dahulu jenis jantan. Karena jantan mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan betina. Ayam yang dipanen sekitar 30% dari jumlah populasi.

Syarat panen pada saat fase grower:

  1. Mempunyai penampilan yang menarik dan sehat yaitu otot paha dan dada proporsional. Untuk warna pilih yang warnanya kuning.

  2. Berat badan yang sudah mencapai sekitar 0,9-1,0 kg per ekor.

  3. Presentase ayam yang dipanen sekitar 30% dari jumlah populasi. Namun jika permintaan pada fase ini sangat tinggi, kita bisa memanen semua ayam yang ada di kandang.

  4. Diprioritaskan yang berjenis kelamin jantan.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Panen pada fase finisher

Bila pada fase grower kita hanya memanen sekitar 30% maka selanjutnya ayam yang ada dikandang dapat dipanen pada fase finisher. Diusahakan untuk waktu pemanenan tidak melebihi umur 12 minggu karena setelah umur 12 minggu pertumbuhan melambat. Jadi kita menghemat pengeluaran pakan.

Baca Juga!  Penjualan DOC Ayam Kampung Super untuk Daerah Makassar

Berat pada saat fase finisher berkisar 0,9 – 1,0 kg. Jadi perbedaannya tidak terlalu signifikan dibandingkan fase grower.

Masa pemanenan memang tergantung permintaan pasar. Jika permintaan tinggi dengan harga yang sesuai dengan pasar maka kita dapat memanen seluruh ayam pada fase grower. Dengan begitu kita bisa memelihara ayam kembali setelah kandang dibersihkan, disemprot dengan desinfectant.

Jika memungkinkan menghindari panen pada saat ayam berumur dibawah 6 minggu karena pertumbuhan ayam kampung super pedaging memasuki masa keemasan pada umur 6 bulan hingga 12 minggu.

Pakan Ayam Kampung Super
Pakan Ayam Kampung Super

Bagi anda yang ingin beternak ayam kampung super, kami menyediakan DOD ayam kampung super, yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indonesia. Untuk pemesanan hunungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:

Beternak ayam kampung super pedaging, harga DOC ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, DOC ayam kampung super siap kirim, ukuran kandang ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, peternak DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, pesan DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA