Budidaya Ternak Ayam Kalkun Putih atau Kalkun White Holland

Ayam kalkun merupakan unggas yang berasal dari Amerika. Ayam kalkun adalah salah satu unggas dari ordo Galliformes genus Meleagris. Kalkun jantan memiliki warna yang mencolok dibandingkan dengan kalkun betina. Kalkun pejantan biasanya mempunyai bobot 6-7 kg dan betina sekitar 4-5 kg. Ayam kalkun yang biasa dipelihara di Indonesia seperti, kalkun Bronze, Bourbon Red, Royal Palm, Golden Palm, Self Buff, Kalkun Putih dan Kalkun Black Spanish.

Kalkun White Holland Dewasa Jantan1

Kalkun putih atau yang biasa disebut dengan kalkun white holland, white holland turkey atau ayam kalkun albino. Ayam kalkun memang merupakan salah satu unggas yang memiliki postur tubuh yang besar. Memang semua jenis kalkun yang dipelihara di Indonesia memiliki keindahan warna bulu yang berbeda-beda. Jenis kalkun yang sering di ternakkan di Indonesia tidak hanya berasal dari Benua Amerika saja tetapi juga berasal dari Benua Eropa.

Kalkun putih adalah jenis unggas daratan yang berasal dari kalkun liar yang dikembangbiakkan oleh bangsa suku Indian pada zaman pro Colombo. Kalkun putih ini memiliki ciri khas dengan tubuh yang besar dengan gelambir dan pial yang khas. Warna bulu diseluruh tubuhnya yaitu putih mulus dengan kepala putih kebiruan, warna kaki putih kebiruan, dengan pial dan tenggorokan berwarna merah.

Kalkun White Holland Dewasa Jantan

Dalam memelihara ayam kalkun putih sebenarnya sama dengan memelihara ayam hias atau ayam kampung lainnya. Perbedaan yang paling mencolok memang mendasar pada pakannya dan luas kandang. Sedangkan untuk perawatan, pencegahan penyakit dan pembersihan kandang pun akan sama dengan jenis ayam lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa ayam kalkun lebih cepat pertumbuhannya jika dibandingkan dengan ayam biasa. Apalagi jika ditunjang oleh pakan yang banyak mengandung banyak asupan gizi.

Kalkun White Holland Usia 5 Bulan

Ayam kalkun putih ini termasuk hewan yang senang jika diumbar di alam bebas, tapi tidak banyak juga peternak yang mengembangbiakkan jenis kalkun ini dengan dikandangkan. Saat ayam kalkun masih kecil, sebaiknya diletakkan dalam boks khusus yang mempunyai pemanas cadangan. Bila kalkun sudah berumur 2 bulanan bisa Anda pindahkan ke dalam kandang yang lebih besar tanpa diberikan lampu pemanas lagi. Karena kalkun yang sudah cukup besar mempunyai daya tahan tubuh yang kuat jika dibandingkan dengan kalkun yang baru saja menetas.

Kalkun White Holland Usia 1 Bulan

Untuk kalkun yang sudah besar, memang mereka lebih suka diumbarkan. Mereka akan lebih banyak bergerak dan akan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jika ayam kalkun diletakkan dalam kandang yang terlalu sempit bisa mengakibatkan kelumpuhan pada kakinya. Kandang berukuran 2 x 3m dapat memuat beberapa ekor kalkun. Untuk memudahkan dalam mengukur luas kandang yang ideal untuk ayam kalkun, Anda tinggal mengamati kalkun tersebut dapat leluasa bergerak dan kesempitan dalam berjalan.

Ayam kalkun putih dapat diletakkan dalam satu kandang dengan beberapa ekor betina dalam komposisi 1 jantan untuk 4-5 betina. Telur yang dihasilkan sekitar 8-15 butir. Kalkun memang dapat mengerami telurnya sendiri, tetapi banyak peternak yang menetaskan telur menggunakan mesin penetas telur. Dalam proses pengeraman ayam kalkun membutuhkan waktu 28 hari.

Kalkun White Holland Dewasa

Pakan yang diberikan memang sama dengan ayam hias yang lainnya, namun yang membedakan adalah pemberian pakan di usia baru menetas dan sudah besar. Untuk ayam kalkun yang baru saja menetas bisa Anda berikan voer atau BR. Setelah ayam kalkun sudah tumbuh besar bisa ditambahkan bekatul, dedak dan sisa nasi bahkan setelah kalkun sudah tumbuh besar bisa ditambahkan sedikit air. Untuk menunjang pertumbuhannya bisa diberikan irisan sayuran segar seperti sawi, bayam, kangkung dan enceng gondok. Untuk daya tahan tubuhnya bisa Anda berikan irisan daun pepaya, namun yang perlu Anda ingat dalam pemberian irisan daun pepaya untuk kalkun putih jangan terlalu sering karena bisa mengakibatkan kelumpuhan. Namun dengan perawatan yang baik serta perhatian Anda dalam memelihara ayam kalkun pasti akan berbuah baik bagi pertumbuhan ayam kalkun putih.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di hobiternak.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA AYAM KALKUN dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:
ayam kalkun putih, foto ayam kalkun putih, gambar ayam kalkun putih, harga ayam kalkun putih, jenis ayam kalkun putih, jual ayam kalkun putih, kalkun putih, beternak kalkun, cara beternak kalkun, cara ternak kalkun, cara ternak kalkun yang baik, ternak kalkun, usaha ternak kalkun

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s