Beternak Ayam Kalkun Jenis Bronze

Ayam Kalkun Bronze merupakan salah satu dari 7 jenis kalkun menurut (American Poultry Association dan American Standart of Prefections).Ayam Kalkun Bronze dikenalkan pertama kali oleh American Poultry Association pada tahun 1874. Kalkun Bronze berasal dari peternakan kalkun komersial di Amerika. Kalkun Bronze berasal dari persilangan antara kalkun domestik yang dibawa colonial Eropa ke Amerika dengan kalkun liar (Wild Turkey) yang ditemukan di Negara timur Afrika. Warna Kalkun Bronze memiliki kesamaan dengan kalkun liar dengan memiliki warna bulu hitam, metalik dan totol putih serta cokelat pada bagian ekornya.

Kalkun Bronze Usia 2 Bulan
Kalkun Bronze Usia 2 Bulan

Ayam Kalkun Bronze memang sudah tidak asing lagi di Indonesia, karena ayam kalkun jenis kalkun ini sudah cukup banyak dipelihara di Indonesia. Ayam Kalkun Bronze adalah hasil dari persilangan Kalkun domestik yang dibawa oleh orang Inggris. Perkawinan ini diproduksi dengan burung besar dan lebih kuat. Ayam Kalkun pertama kalkun diproduksi pertama kali pada abad ke 18. kemudian kalkun ini berkembang secara keseluruhan dengan nama ayam Kalkun “Bronze” di kepulauan British.

Ayam Kalkun merupakan salah satu unggas yang berpostur tubuh besar. Karena pada disaat itu Ayam Kalkun disejajarkan dengan burung yang dikenal dengan nama Broad Brested. Bulu ayam Kalkun Bronze lebih ringan dan lebih berkilau daripada Broad Breasted. Keduannya memang memiliki warna cokelat yang disorot dengan nuansa tembaga dan biru hijau dan bulu keseluruhan mirip dengan Kalkun Wild. Berat badan Ayam Kalkun pejantan bisa mencapai 6-7 kg sedangkan untuk kalkun betina bisa mencapai 4-5 kg.

Kalkun Bronze Dewasa Jantan
Kalkun Bronze Dewasa Jantan

Saat ini Ayam Kalkun memang banyak peminatnya, mulai dari ayamnya, telur maupun daging Ayam Kalkun pun banyak dicari orang. Dari tahun ke tahun permintaan daging Ayam Kalkun semakin tinggi. Hal ini dikarenakan daging ayam Kalkun Bronze dipercaya lebih tinggi proteinnya daripada jenis ayam lain, daging yang dihasilkan redah lemak, kolesterol dan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Daging Ayam Kalkun banyak diolah menjadi beberapa masakan yang biasa disediakan di restoran, hotel dan rumah makan.

Kalkun Bronze Dewasa Jantan
Kalkun Bronze Dewasa Jantan

 

Manfaat Konsumsi Daging Kalkun
Masakan Daging Ayam Kalkun

Kalkun Bronze dalam sekali bertelur dapat menghasilkan 8-20 butir telur dan masa pengeramannya berbeda dengan jenis ayam lain yaitu 28 hari. Dalam memelihara Ayam Kalkun sama dengan pemeliharaan ayam pada umumnya, Anda bisa membuat pekarangan yang cukup luas dengan diberikan pagar dari bilah bambu atau dengan jaring paranet. Untuk anakan yang masih kecil bisa Anda letakkan di box pemanas. Pakan yang bisa Anda berikan berupa voer atau BR dan potongan sayuran seperti enceng gondok, bayam dan kangkung.

Indukan dan Anakan Kalkun Bronze
Indukan dan Anakan Kalkun Bronze

Bagi Anda yang ingin memilihara ayam Kalkun Bronze, silahkan hubungi kami kapan saja. Kami menyediakan ayam kalkun berbagai jenis dan berbagai usia. Kami juga menjual telur ayam kalkun, baik telur ayam kalkun bronze, black spanish, royal palm, golden palm, dll.

Silahkan hubungi kami di :

Call/SMS : 0812 2028 8686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : hobiternakmail@gmail.com

Kata Terkait:
anak ayam kalkun bronze, ayam kalkun bronze, foto ayam kalkun bronze, gambar ayam kalkun bronze, harga ayam kalkun bronze, jenis ayam kalkun bronze, jual ayam kalkun bronze, kalkun bronze, ayam kalkun dan harganya, ayam kalkun dan jenisnya, ayam kalkun dewasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s