Tanaman Enceng Gondok sebagai Solusi Pakan Murah untuk Ayam Kalkun

Enceng gondok atau eceng gondok atau dengan nama latinnya Eichhornia crassipes adalah salah satu jenis tumbuhan air yang mengapung. Selain itu dikenal dengan nama eceng gondok dibeberapa daerah di Indonesia. Enceng gondok pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan bernama Carl Friedrich von Martinus yang merupakan ahli botani asal Jerman pada tahun 1824 ketika sedang melakukan perjalanan di sungai amazon Brazil.

Enceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini sering disebut dengan gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Enceng gondok mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya.

Enceng gondok hidup mengapung di air dan kadang kadang berakar dalam tanah. Tingginya sekitar 0.4 sampai 0.8 meter dan tidak memiliki batang. Daunnya tunggal dan berbentuk oval. Ujung pangkalnya runcing, pangkal daun menggelembung. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau. Bunganya berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung dengan biji yang berbentuk bulat dan berwarna hitam. Buahnya kotak tiga berwarna hijau dan akarnya merupakan akar serabut.

Enceng Gondok sebagai Pakan Ayam Kalkun
Enceng Gondok sebagai Pakan Ayam Kalkun

Enceng gondok hidup di kolam dangkal, tanah basah dan rawa, aliran air yang lambat, sungai, danau dan penampungan air. Tumbuhan ini dapat beradaptasi dengan perubahan cuaca yang cukup ekstrem dari ketinggian air, arus air dan ketersediaan nutrien, ph, dan racun dalam air. Pertumbuhan enceng gondok yang cepat juga disebabkan oleh air yang mengandung nutrien yang tinggi, terutama yang terdapat banyak nitrogen, potasium dan fosfat.

Dalam pertumbuhan enceng gondok kandungan garam dapat menghambat pertumbuhannya yang biasa terjadi di danau di daerah pantai Afrika baratyang di mana tanaman enceng gondok akan bertambah saat musim hujan tiba dan akan berkurang jika kandungan garam naik yaitu pada musim kemarau.

Enceng Gondok
Enceng Gondok

Adanya tumbuhan yang menjadi berkah untuk manusia jika manusia bisa memanfaatkannya secara maksimal. Memang terdapat beberapa manfaat enceng gondok ini, salah satunya sebagai pakan tambahan ayam kalkun. Ayam Kalkun merupakan salah satu unggas yang memiliki postur tubuh yang besar. Rentang sayapnya sekitar 1.5 sampai 1.8 meter dan ayam kalkun merupakan unggas yang berasal dari Amerika dan ada juga yang dari Eropa.

Enceng gondok ini jika dibandingkan dengan tanaman air lainnya, tanaman inilah yang pertumbuhannya cepat dengan kurun waktu yang singkat sehingga banyak orang yang memusnahkan tanaman ini sebelum menyebar kemana-mana. Padahal enceng gondok juga bisa digunakan untuk campuran pakan kalkun.

Dalam memberi pakan untuk ayam kalkun, dalam pencampuran enceng gondok selain bisa menekan biaya pakan juga memiliki gizi yang tidak kalah dijual dipasaran.

Kalkun White Holland/ Kalkun Putih
Kalkun White Holland/ Kalkun Putih

Apa saja manfaat enceng gondok untuk pertumbuhan ayam kalkun ?

  1. Daunya terdapat kalsium yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan ayam kalkun.

  2. Terdapat provitamin A untuk menambah warna kuning telur.

  3. Terdapat 40% protein kasar dan sisanya protein murni yang setara dengan susu dan kedelai.

  4. kandungan karoten dalam daunnya lebih tinggi yang bisa menghasilkan protein tinggi sebagai pengganti bekatul.

Kalkun Golden Palm dan Kalkun Bourbon Red Memakan Pakan Enceng Gondok
Kalkun Golden Palm dan Kalkun Bourbon Red Memakan Pakan Enceng Gondok

Cukup banyak manfaat enceng gondok untuk pakan tambahan Ayam Kalkun. Cara pemberiannya pun cukup mudah, enceng gondok yang masih segar dicincang dan dicampur dengan pakan utamanya yaitu dedak. Yang perlu Anda ingat enceng gondok yang sudah layu dan kering kandungan nutrisinya akan hilang dan akan percuma jika diberikan pada Ayam Kalkun karena tidak akan ada manfaatnya. Agar semua nutrisi dalam enceng gondok tidak hilang bisa Anda berikan saat masih segar.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di hobiternak hobiternak.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait :

Beternak Ayam Kalkun, Harga Ayam Kalkun, ternak ayam kalkun, budidaya kalkun, eceng gondok pakan bebek, fermentasi eceng gondok dengan em4, apa pakan ayam kalkun, apa saja pakan ayam kalkun, cara membuat pakan ayam kalkun, jenis pakan ayam kalkun, pakan ayam kalkun, pakan ayam kalkun agar cepat besar, pakan ayam kalkun anakan, pakan ayam kalkun dewasa, pakan ayam kalkun kecil, pakan kalkun yang baik, pakan ternak ayam kalkun, pakan untuk anakan ayam kalkun, pakan yang bagus untuk ayam kalkun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s