Stabilnya Harga Ayam Kalkun Konsumsi maupun Ayam Kalkun Hias di Tahun 2017

Stabilnya Harga Ayam Kalkun Konsumsi maupun Ayam Kalkun Hias di Tahun 2018

Ayam Kalkun bukan merupakan unggas yang berasal dari Eropa. Ayam ini mempunyai postur tubuh yang cukup besar. Awalnya ayam ini disebut dengan Ayam Belanda karena ada dahulu ayam ini dibawa oleh orang Belanda ke Indonesia untuk tujuan konsumsi.

Ayam Kalkun

Saat ini keberadaan ayam kalkun sudah mulai familiar di kalangan masayarakat terutama pecinta ayam hias. Ayam Kalkun banyak diperlihara bukan hanya penampilannya tau ppostur tubuhnya yang besar saja tetapi dimanfaatkan juga dagingnya. Daging ayam kalkun dipercaya memiliki manfaat dan gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Selain itu daging ayam kalkun pun juga memiliki bobot yang cukup tinggi.

Di Indonesia sendiri ayam kalkun sudah terbagi menjadi berbagai macam jenis. Adapun untuk jenis ayam kalkun yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut ini :

1. Kalkun Bronze
2. Kalkun Burbon Red
3. Kalkun Self Buff
4. Kalkun Royal Palm
5. Kalkun Golden Palm
6. Kalkun Putih
7. Kalkun Blue Slate
8. Kalkun Black Spanis

Dari jenis  kalkun diatas tentu masing – masing jenis memiliki ciri khas dan warna bulu yang berbeda – beda. Selain itu harga yang ditawarkan pun juga berbeda dari jenis – jenis tersebut. Untuk jenis ayam kalkun yang banyak dikonsumsi untuk diambil dagingnya yakni Ayam Kalkun Bronze.

Ayam Kalkun Bronze banyak dicari masyarakat untuk diambil dagingnya. Harga ayam kalkun bronze dewasa atau siap konsumsi relatif stabil dibanding dengan jenis ayam kalkun lainnya. Untuk harga per ekor ayam kalkun bronze yakni sekitar Rp. 300.000 – 350.000 per ekornya.

Baca Juga!  Pengiriman Ayam Batik Itali untuk Pak Nuh di Jatinegara Jakarta

Ayam Kalkun memang memiliki ciri khas dan karakter masing-masing yaitu Ayam Bronze dengan hitam strip-strip, Kalkun Bourbon Red (cokelat), Kalkun Self Buff (cokelat dengan strip putih), Kalkun Royal Palm (putih kehitaman), Kalkun Golden Palm (warna putih dan keemasan), Kalkun Putih (berwarna putih), dan Kalkun Black Spanish (full hitam). Namun secara umum ayam kalkun memiliki ciri-ciri rentang sayapnya panjang, postur tubuh yang besar dan kepala tanpa bulu.

Selain itu daging Ayam Kalkun dipercaya lebih baik jika dibandingkan dengan jenis unggas yang lain. Hal ini dikarenakan daging ayam kalkun lebih kaya akan protein sehingga dapat mencerdaskan otak anak, rendah lemak, rendah kolesterol dan rasa dagingnya gurih. Di negara Amerika terdapat perayaan Thanks Giving yang menu utamanya adalah daging ayam kalkun panggang.

Memang dalam 2 tahun terakhir ini harga Ayam Kalkun cenderung stabil. Namun mengenai kebutuhan daging ayam kalkun di Indonesia sendiri dirasa belum mampu memenuhi permintaan pasar. Hal ini mengingat cukup banyak permintaan daging ayam kalkun yang perlu didukung dengan pemenuhan ketersediaan stok ayam kalkun yang sudah dewasa. Dalam memelihara ayam kalkun untuk menghasilkan ayam kalkun dewasa atau ayam kalkun yang sudah siap dikonsumi membutuhkan waktu 8-9 bulan. Hal ini tentu membuat banyak peternak kewalahan apabila ayam kalkun dewasa telah habis dijual karena akan kesulitan untuk memproduksi kembali.

Maka dari itu, saat ini muncul tantangan untuk beternak Ayam Kalkun agar membuka peluang baru. Beternak Ayam Kalkun juga bisa dipelihara sebagai hobi atau sebagai sampingan. Dalam memelihara ayam kalkun tentu sama dengan memelihara ayam pada umumnya. Pakan yang bisa diberikan berupa voer atau BR, bekatul, nasi aking dan potongan sayuran seperti kangkung, bayam dan lainnya. Kandang ayam kalkun bisa dibuat dengan pekarangan yang luas dengan pagar bilah bambu atau jaring paranet.

Baca Juga!  Jual Ayam Kalkun Bronze dan Berbagai Jenis Ayam Kalkun Lain

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di hobiternak.com Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
Harga Ayam Kalkun, Jenis Ayam Kalkun Konsumsi, Jenis Ayam Kalkun, Ternak Ayam Kalkun, Beternak Ayam Kalkun, jenis kalkun termahal, jenis ayam kalkun, makanan ayam kalkun, harga kalkun, harga kalkun black spanish, harga kalkun coklat, harga kalkun konsumsi, harga masakan ayam kalkun, harga pasar ayam kalkun, harga pasaran ayam kalkun

5/5 - (26 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA