Tantangan Dalam Beternak Ayam Kampung Super dan Solusinya

Tantangan Dalam Beternak Ayam Kampung Super dan Solusinya

Ayam Kampung merupakan ayam yang banyak diternakkan oleh masyarakat di Indonesia, khususnya dipedesaan. Ayam kampung memang banyak peminatnya, hal ini dikarenakan ayam kampung memiliki banyak kelebihan diantaranya memiliki daging yang lebih enak, kadar proteinnya tinggi sehingga bisa mencerdaskan otak anak, kadar kolesterol rendah dan lebih rentan terhadap penyakit.

Memang semua upaya yang dilakukan untuk memenuhi permintaan daging ayam kampung terus dilakukan. Tetapi memang ada kendala yaitu penyediaan bibit ayam kampung yang memang memiliki kecepatan dalam pertumbuhan sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal dalam waku yang cukup singkat. Pertumbuhan ayam kampung memang cukup lambat jika dibandingkan dengan pertumbuhan ayam broiler.

Telur yang Siap di Tetaskan Menjadi DOC Ayam Kampung Super
Telur yang Siap di Tetaskan Menjadi DOC Ayam Kampung Super

Ayam Kampung membutuhkan waktu kurang lebih 4-6 bulan untuk menghasilkan bobot 1 kg. Namun memang bobot ayam antara satu dengan yang lainnya kadang tidak sama dan hal ini dikarenakan pakan yang diserap oleh setiap ayam berbeda-beda. Hal ini tentu berbeda jauh dengan ayam broiler yang bisa dipanen dalam waktu 35-40 hari, bahkan berat yang dihasilkan bisa mencapai 1,5 – 2,5 kg.

Nah, untuk masalah bibit ayam ini sekarang sudah dapat diatasi dengan adanya persilangan baru yang biasa disebut dengan Ayam Kampung Super atau yang biasa disebut dengan ayam joper yang dapat dipanen dalam waktu 55-60 hari saja. Ayam Kampung Super merupakan persilangan antara pejantan ayam kampung dengan kualitas yang bagus dengan betina ayam petelur yang memiliki sifat pertumbuhan yang cukup cepat. Hasil dari persilangan tersebut menghasilkan anakan yang pertumbuhannya relatif cepat dengan ciri-ciri seperti bulu, bentuk tubuh, sifat dan rasa daging seperti ayam kampung asli pada umumnya.

Baca Juga!  Harga DOC Pejantan Per box Serta Ciri - Ciri DOC Pejantan yang Sehat
DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Masalah lain yang dihadapi oleh para peternak ayam kampung super adalah pakannya. Biaya produksi terbesar di bidang peternakan adalah biaya pakan yang mencapai 60-80%. Tingginya biaya pakan sering berdampak buruk pada usaha peternakan ayam pedaging terutama saat bahan baku pakan mengalami kenaikan. Ayam Broiler memang berbeda dengan ayam kampung. Ayam Broiler memiliki kemampuan pertumbuhan yang cepat. Sedangkan ayam kampung tidak memiliki kemampuan seperti itu. Namun untuk memaksimalkan apa yang ada pada Ayam Kampung Super adalah dengan memaksimalkan manajemen dan mengoptimalkan pakan yang diserap oleh ayam kampung super.

Oleh karena itu tentu diperlukan vitamin untuk menambah nutrisi pada Ayam Kampung Super yang sekaligus dapat memperbaiki pencernaan pakan dalam tubuhnya. Dengan begitu Ayam Kampung Super akan mendapatkan tambahan untuk mencukupi kekurangan tersebut sehingga dapat meningkatkan produktivitas Ayam Kampung Super. Ayam Kampung Super juga perlu dipacu pertumbuhannya untuk mencapai produktivitas yang maksimal. Tentunya pemacu pertumbuhan alami lebih aman dan pastinya lebih baik.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Jadi jika Anda ingin beternak Ayam Kampung Super tidak perlu khawatir karena ayam kampung super pemeliharaannya sama dengan ayam kampung pada umumnya.

Bagi anda yang ingin mencoba beternak Ayam Kampung Super, kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super yang siap kami kirimkan baik di wilayah pulau jawa hingga wilayah luar pulau jawa. untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
ayam kampung super, doc ayam kampung super, ternak hewan yang paling menguntungkan, cara beternak ayam kampung di lahan sempit, ternak ayam kampung super cepat, cara ternak ayam kampung yang baik, ayam kampung, ternak yang paling cepat panen, jual doc ayam kampung super, harga doc ayam kampung super, penjual doc ayam kampung super 

Baca Juga!  3 Tipe Kandang Ayam Broiler, Mana yang Paling Bagus?


Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA