Penjelasan Kenapa Ayam Kampung Super Lebih Tahan Penyakit?

Penjelasan Ayam Kampung Super Lebih Tahan Penyakit?

Ayam Kampung adalah ayam sebutan di Indonesia bagi ayam yang pemeliharaannya tidak di tangani secara komersial dan tidak berasal-usul dari ras yang dihasilkan untuk kepentingan komersial tersebut. Namun seiring perkembangnya teknologi dan pengetahuan, banyak peternak yang mengawinsilangkan ayam petelur dengan ayam kampung sehingga munculnya Ayam Kampung Super.

Sekarang ini Ayam Kampung Super sedang menjadi peluang usaha baru yang cukup menguntungkan, hal ini dikarenakan permintaan daging ayam kampung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Memang masih banyak peternak yang masih beternak ayam kampung biasa, namun banyak peternak lainnya yang sudah beralih beternak ayam kampung super karena masa panennya di rasa cukup cepat. Berbeda dengan ayam kampung yang masa panennya cukup lambat. Ayam kampung super bisa dipanen dalam waktu 60 hari saja.

Persiapan Pengiriman DOC Ayam Kampung Super
Persiapan Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Tentunya masa panen yang cukup cepat juga akan memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan karena perputaran usaha ternak ayam kampung super yang cepat dan efisien, tingkat kematian yang relatif rendah, dapat menghemat biaya pemeliharaan dan pakan, dan ayam kampung super lebih rentan terhadap penyakit. Daging ayam kampung super juga memiliki cita rasa yang gurih, lebih rendah lemak, dan bisa mencerdaskan otak anak Anda.

Ayam Kampung Super memang lebih tahan terhadap perubahan cuaca, hal inilah yang membuat mereka lebih tahan terhadap penyakit. Ayam yang rentan terhadap penyakit akan memberikan peluang bahwa angka kematian ayam pun juga rendah. Dengan adanya angka kematian yang rendah tentu bisa memberikan panen yang semakin banyak dan keuntungan yang didapat pun semakin banyak. Selain itu masa panen ayam yang relatif singkat juga bisa mengurangi resiko ayam kampung terserang penyakit.

Baca Juga!  Mengenal Jenis - jenis Ayam Buras
BOX DOC Ayam Kampung Super
BOX DOC Ayam Kampung Super

Dalam memelihara Ayam Kampung Super vaksin juga diperlukan untuk menunjang kesehatannya. Pemberian vaksin biasanya untuk DOC yang baru berumur 3 hari biasanya diberikan vaksin ND Lasota yang bisa Anda teteskan di mata atau hidung ayam. Kemudian setelah DOC Ayam Kampung Super sudah berumur 10 hari bisa diberikan vaksin gumboro dengan dicampurkan di minumannya. Usia ayam 17 hari juga diberikan vaksin gumboro, kemudian saat ayam sudah berumur 21 hari bisa Anda vaksin ND Lasota yang bisa dicampurkan melalui minumannya.

BOX DOC Ayam Kampung Super
BOX DOC Ayam Kampung Super

Selain itu Anda juga perlu tau tentang pengendalian penyakit yang tiba-tiba menyerang ayam. Penyakit yang menyerang ayam bisa dicegah dengan berbagai cara diantaranya:

  • melakukan vaksin secara teratur terhadap Ayam Kampung Super

  • menjaga pencahayaan kandang, lingkungan kandang dan peralatan kandang

  • memilih lokasi kandang yang bebas penyakit

  • sistem pemeliharaan yang baik

  • pemberian pakan dan minum sesuai dengan kebutuhan Ayam Kampung Super

Telur yang Siap di Tetaskan Menjadi DOC Ayam Kampung Super
Telur yang Siap di Tetaskan Menjadi DOC Ayam Kampung Super

Bagi anda yang ingin memelihara Ayam Kampung Super, kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super yang siap kirim ke seluruh Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
bisnis peternakan yang paling menguntungkan, harga telur kampung di pasaran, harga doc joper, kandang joper, Ayam Kampung, Ayam Kampung Super, DOC Ayam Kampung, Ternak Ayam Kampung Super, Jual DOC Ayam Kampung Super, Harga DOC Ayam Kampung Super

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA