Jenis Kandang yang Baik untuk Pemeliharaan DOC Ayam Kampung Super Hingga Dewasa

Jenis Kandang yang Baik untuk Pemeliharaan DOC Ayam Kampung Super Hingga Dewasa

Ayam Kampung Super merupakan ayam kampung yang memiliki kualitas unggul. Ayam Kampung Super memiliki keunggulan cepat panen dengan perbandingan 2,2 kg pakan dengan terget dalam satu bulan ayam ini sudah dapat mencapai bobot 1 kg. Memang berbeda dengan pemeliharaan ayam kampung biasa yang baru bisa dipanen saat sudah berusia 6 bulan lebih.

Perbandingan yang jauh tersebut memang dirasa menguntungkan bagi para peternak, dengan begitu saat ini banyak peternak yang beralih untuk beternak Ayam Kampung Super mengingat biaya pakan yang dikeluarkan juga lebih sedikit serta nilai jual yang tentu saja lebih tinggi, sehingga beternak Ayam Kampung Super akan lebih dapat menekan biaya pakan.

Ayam Kampung Super dalam pemeliharaannya juga cukup mudah layaknya seperti pemeliharaan ayam pada umumnya. Untuk dapat menghasilkan Ayam Kampung Super sesuai dengan yang diharapkan dalam pengambilan panen memang berbeda-beda hal itu tergantung dari lokasi pemeliharaan itu sendiri.

Ayam Kampung Super yang dipelihara dengan cara dikandangkan membutuhkan alas, kandang, atap, dan lantai.

Sebelum membuat kandang untuk DOC Ayam Kampung Super hingga dewasa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Kelayakan Kandang

Kelayakan kandang memang menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan mulai dari ukuran, letak, arah dan konstruksi kandang.

  1. Letak Kandang

Sebaiknya letak kandang sejauh 10 m dari pemukiman penduduk. Kandang diarahkan dari timur kebarat agar terkena sinar matahari dan tetap terjaga kesehatannya serta menjaga kestabilan dalam kelembapanya.

  1. Kontruksi Kandang

Memanfaatkan anyaman bambu, bilah bambu, ram kawat dan triplek.

  1. Perlengkapan Kandang

Tempat pakan, minum, perlengkapan kandang harus tersedia. Tempat pakan bisa menggunakan box atau kotak yang terbuat dari kayu dengan ukuran menyesuaikan dengan jumlah ayam yang dipelihara. Tempat minum bisa Anda buat dari batok kelapa, botol minuman dan lainnya.

  1. Jenis Kandang

Ada 2 jenis kandang yang biasa diterapkan dalam pemeliharaan DOC Ayam Kampung Super hingga, antara lain:

  • Kandang Postal
    Kandang postal atau Lyter System merupakan jenis kandang yang biasa digunakan dalam pemeliharaan Ayam Kampung Super. Sebagian besar peternak memang menerapkan sistem ini.
  • Kandang Panggung
    Kandang panggung jenis ini memang cukup banyak digunakan, tetapi biasanya penerapan kandang Sistem Panggung ini diterapkan di daerah dataran rendah mengingat penggunaan kandang panggung untuk ayam kampung super lebih mendapatkan hawa dingin sehingga ayam kampung kita tidak merasa terlalu panas.

Lalu Bagaimana Kandang yang Baik untuk Ayam Kampung Super?

Dalam menentukan kandang untuk Ayam Kampung Super juga perlu diperhatikan. Ada yang menerapkan sistem kandang postal dimana lantai kandang terbuat dari semen yang diberi alas sekam atau jerami. Jenis kandang postal ini memang menjadi pilihan yang tepat dalam pemeliharaan Ayam Kampung Super. Dasar lantai yang terbuat dari semen dengan alasi dengan sekam atau jerami. Pembuatan lantai kandang dengan sistem postal memudahkan pada saat membersihkan kotoran baik dari ayamnya maupun dari sisa pakannya. Dibandingkan dengan lantai kandang yang hanya dari tanah yang lebih sulit saat proses membersihkan.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super atau DOC Joper baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. untuk pemesanan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

Harga DOC Ayam Kampung Super 2017, Jual DOC Ayam Kampung Super, Ternak DOC Ayam Kampung Super, Peternak DOC Ayam Kampung Super, Penjual DOC Ayam Kampung Super, Sedia DOC Ayam Kampung, Pesan DOC Ayam Kampung Super, harga joper, jual doc joper

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s