Membuat Kandang Bebek dengan Jaring Kandang Ayam yang Praktis

Membuat Kandang Bebek dengan Jaring Kandang Ayam yang Praktis

Bebek atau nama umumnya Famili Anatidae ini adalah termasuk golongan burung akuatik yang sebagian ukuran tubuhnya kecil jika dibandingkan dengan kerabatnya seperti angsa dan angsa dengan leher pendek yang biasa ditemukan di air tawar atau air laut.

Secara keseluruhan memang tubuh bebek berlekuk dan lebar, leher relatif lebih panjang. Bentuk tubuh bervariasi namun sebagian besar bentuknya bulat, paruh berbentuk lebar mengandung lamellae yang berguna sebagai penyaring makanan. Untuk makanan bebek seperti rumput, tanaman air, ikan serangga, amfibi kecil, cacing dan moluska kecil. Bebek penyelam maupun bebek laut biasa mencari di kedalaman air. Mereka memiliki massa yang lebih besar dengan memudahkan untuk menyelam.

Jaring Paranet
Jaring Paranet

Bebek biasa diternakan untuk diambil daging, bulu maupun telurnya, bahkan dari kotorannya pun bisa dimanfaatkan. Bebek yang biasa diternakkan adalah jenis bebek yang berasal dari Bebek Liar Mallard (Anas Platyrhyncos) seperti bebek pelari kecuali jenis bebek serati keturunan dari Cairina. Bebek yang diternakan akan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan nenek moyang mereka.

Berbicara tentang beternak  Bebek memang  kandang memiliki peran yang cukup penting dalam pemeliharaannya. Kandang merupakan tempat bagi hewan untuk beristirahat, beraktivitas, berteduh, berlindung dari segalam macam gangguan tidak hanya berasal dari sesama hewan saja bahkan dari gangguan manusia.

Jaring Kandang Ayam Paranet
Jaring Kandang Ayam Paranet

Kandang bebek pada umumnya memang terbuat dari bambu yang mana perlu adanya tahap demi tahap dan waktu yang dibutuhkan juga lebih banyak. Terlebih lagi pembuatan kandang bebek dengan bahan bambu juga sewaktu-waktu bisa terpengaruh akibat cuaca seperti lamanya musim hujan, yang semakin lama akan menyebabkan kondisi bambu menjadi lembab, lapuk dan lama kelamaan akan menyebabkan kondisi kandang rusak. Hal itulah yang membuat peternak perlu mengadakan perbaikan kandang agar hewan ternak tetap nyaman dan produktivitas bebek pun akan meningkat.

Baca Juga!  7 Peralatan Kandang Pendukung Budidaya Ayam Joper

Mengingat perbaikan kandang perlu dilakukan secara berulang-berulang, maka tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membuat kandang dengan jaring kandang paranet atau jaring kandang ayam. Pembuatan kandang bebek dengan jaring juga lebih mudah dan waktu yang digunakan untuk perbaikan kandangnya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Ukuran Lubang Jaring Kandang Ayam Paranet
Ukuran Lubang Jaring Kandang Ayam Paranet

Mengapa memilih jaring kandang ayam untuk membuat kandang bebek?

Jaring kandang ayam memiliki berbagai kelebihan  diantaranya

  1. Kandang lebih praktis
  2. Tidak membutuhkan bahan yang banyak
  3. Tidak mudah rusak
  4. Awet dan tahan lama
  5. Lebih hemat tenaga dan biaya
  6. Cukup mudah dibuat sebagai kandang bebek
  7. Lebih rapi
  8. Mampu bertahan hingga bertahun-tahun

Membuat kandang unggas dengan jaring kandang ayam terlebih untuk bebek memang jika dilihat dari beberapa keunggulan dari jaring kandang ayam memang lebih menguntungkan. Bahan yang dibutuhkan sederhana tetapi dapat bertahan hingga bertahun-tahun tentu akan lebih menghemat biaya terutama biaya perbaikan, selain itu juga hemat tenaga karena jangka waktu untuk memperbaiki kandang jauh lebih lama.

Jaring Kandang Ayam Paranet
Jaring Kandang Ayam Paranet

Bagi anda yang ingin membuat kandang unggas dengan jaring kandang ayam kami menyediakan dan kami siap untuk mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia. untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:

Kandang Ayam, Kandang Unggas, Jaring Kandang Ayam, Kandang Bebek, Jaring Nilon, Jual Jaring Ayam, Jual Jaring Paranet, Harga Jaring Paranet, Harga Jaring Ayam

 

 

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA