Menggunakan Jaring Kandang Ayam untuk Kandang Burung Merpati yang Praktis

Menggunakan Jaring Kandang Ayam untuk Kandang Burung Merpati yang Praktis

Burung Merpati merupakan burung yang sudah ada dan berkembang sejak abad ke-20 SM.

Awalnya burung ini berada tepat di Mesir. Karena burung merpati pertama ditemukan di Mesir maka dari itu burung merpati dipercaya berasal dari Negara Mesir.

Burung Merpati mempunyai sifat yang cukup unik yaitu dapat mengantarkan suatu benda ke tempat yang jauh dan dapat kembali lagi ke tempat semula.

Karena kemampuan inilah dahulu orang di kerajaan Mesir menggunakan Burung merpati untuk mengantarkan surat atau barang penting lainnya dari kerajaan satu ke kerajaan yang lainnya.

Tidak hanya itu pada zaman dahulu burung merpati juga digunakan untuk mengirimkan berita penting seperti berita pertempuran atau perkembangan pertahanan di suatu kota tertentu yang sedang dikepung oleh musuh.

Julius Caesar pernah menggunakan Burung Merpati untuk membantu peperangan yang terjadi selama Ia bertahta.

Dan dalam peperangan selanjutnya Burung Merpati biasa digunakan oleh kalangan militer.

Cara ini dirasa cukup efektif pada saat masa itu. Bahkan pertempuran yang terjadi di Korea, banyak orang masih memanfaatkan kemampuan burung merpati sebagai pengirim berita.

Jaring Kandang Ayam Paranet
Jaring Kandang Ayam Paranet

Selain kemampuannya dalam mengirimkan suatu benda, burung ini juga bisa menjadi hobi baru dalam beternak burung.

Tidak heran jika burung ini menjadi burung yang banyak diminati oleh banyak orang.

Selain itu Burung Merpati juga bisa diproduksi untuk diambil dagingnya, untuk acara pameran, ketangkasan atau yang lain sebagainya.

Orang yang memelihara burung merpati untuk tujuan produksi cenderung mengambil anakan burung yang lebih besar.

Burung Merpati adalah burung yang setia terhadap pasangannya karena mereka hanya memiliki satu pasangan seumur hidup, maka dari itu banyak orang yang menggunakan burung merpati sebagai simbol pengantin baru.

Baca Juga!  Tips Ternak Ayam Kampung Super

Di negara asalnya di Mesir burung ini tinggal dan berkembangbiak di hutan. Tidak berbeda dengan di Indonesia yang tempat tinggalnya juga di hutan.

Oleh karena itu Burung Merpati termasuk burung yang sangat mudah dalam hal pemeliharaannya.

Modal untuk membuka usaha penangkaran burung pun tidak terlalu mahal, tetapi jika burung ini sudah jinak dan bagus harga jualnya sangat tinggi.

Maka dari itu jika Anda ingin menangkarkan burung merpati tentu masih terbuka luas kesempatan untuk menambah penghasilan Anda.

Jaring Kandang Ayam Paranet
Jaring Kandang Ayam Paranet

Namun seiring berjalannya waktu, semakin sedikit dan meningkatnya harga kayu dan bambu untuk membuat kandang, maka dari itu kami beralih menggunakan jaring paranet untuk membuat kandang yang sederhana.

Jaring paranet atau yang biasa disebut dengan jaring kandang ayam adalah alat perlengkapan pertanian yang banyak digunakan karena banyak mempunyai manfaat untuk pembibitan tanaman.

Jaring paranet terbuat dari bahan yang mengandung polietilen berbentuk anyaman plastik.

Bahan polietilen biasanya berasal dari bahan nylon (senar) atau plastik sehingga lebih tahan lama jika dibandingkan dengan menggunakan kayu atau bambu.

Namun ada beberapa yang menggunakan kawat dan tambang untuk membuat kandang.

Namun bahan ini jarang diminati oleh para penghobi tanaman karena di rasa mudah berkarat.

Oleh karena itu banyak orang yang beralih menggunakan jaring paranet ini. Biasanya jaring paranet berukuran Ukuran kurang lebih 12m x 1,9m. Lubang 4cm x 4 cm.

Ukuran Lubang Jaring Kandang Ayam Paranet
Ukuran Lubang Jaring Kandang Ayam Paranet

Banyak manfaat dari jaring paranet, seperti untuk melindungi tanaman, kandang ayam, kandang itik, kandang entok, kandang burung dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan jaring paranet ini tentunya akan menghemat pengeluaran untuk membeli kayu dan bambu, jaring ini juga tahan lama, efisien dan dalam penggunaannya cukup mudah.

Baca Juga!  Cara Menentukan Ukuran Kandang Ayam Joper/Kampung Super

Fungsinya sebagai bahan pembuat naungan, mengatur intensitas cahaya yang masuk, menahan air hujan dan masih banyak lainnya.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengembangbiakkan burung merpati atau jenis burung yang lain seperti, burung jalak, burung gelatik, cucak rawa dan sebagainya. 

 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0812-2028-8686

CS 2
0895-6124-93491

CS 3
0898-9274-749

Promo DOC KUB
5/5 - (1 vote)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA