Peluang Usaha Pembesaran Ayam Kampung Super(Joper)

Ayam Kampung Super atau ayam jawa super merupakan sebuah peluang usaha yang patut untuk ditekuni. Ayam ini termasuk dalam jenis ayam pedaging yang terkenal dan populer di kalangan peternak. Sebutan lain dari ayam kampung super yaitu ayam Joper.

Dalam beternak Joper, kita bisa memulai sebagai penghasil DOC, pembesaran DOC hingga menjadi Pullet atau pembesaran sampai menjadi ayam jawa super atau ayam kampung super siap konsumsi. Masing-masing peternak mempunyai pilihan sendiri-sendiri. Ada yang memilih membesarkan DOC hingga menjadi ayam jawa super siap konsumsi. 

Masing-masing proses mempunyai peternak sendiri walaupun tidak dipungkiri banyak kini peternak yang memilih membesarkan DOC hingga menjadi ayam jawa super siap konsumsi. Apalagi waktu yang dibutuhkan untuk pembesaran tidak begitu lama. Dan harga doc joper pun relatif stabil dari waktu ke waktu. Sebelum memulai ternak ayam kampung super atau ayam joper ini memang lebih baik kita perlu memperhatikan beberapa hal. Di antara nya dengan mempelajari analisa ternak joper sehingga kita bisa menghitung resiko dan keuntungan yang di dapat.

Pembesaran ayam kampung Super lebih cepat dibandingkan jika memelihara ayam kampung biasa. Jika ayam kampung biasa baru bisa dipanen saat berumur 4-5 bulanan, maka ayam ayam Joper bisa dipanen pada umur 55-60 hari atau sekitar 2 bulan saja. Biasanya memang rata-rata ayam joper siap panen di usia sekitar 2 bulan tersebut. Itu merupakan keuntungan karena dalam jangka waktu dalam setahun peternak joper bisa panen sekitar 4-5 kali sementara jika memelihara ayam kampung hanya 2 kali dalam setahun. Dari segi waktu itu sangat efisien sekali. Praktis akan mempengaruhi efisiensi pakan joper juga.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Sistem Kandang Ayam Kampung Super 

Untuk kandang joper hampir sama dengan ayam pedaging atau ayam Leghor. Ada beberapa macam kandang tergantung dari umur ayam. Untuk kandang indukan/ brooder akan berbeda dengan kandang pembesaran dari grower sampai finisher.

Baca Juga!  7 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Budidaya DOC Ayam Kampung Super Pedaging Bagi Peternak Pemula

Pada masa starter, DOC (1-4 minggu) dipelihara dalam kandang tertutup dan semi tertutup. Kandang menggunakan pemanas buatan agar DOC tetap dalam kondisi hangat. Saat berumur 4-6 minggu, menggunakan kandang semi tertutup. Dinding kandang tinggi untuk bagian atas bisa dengan kawat. Untuk lantai lebih bagus jika menggunakan kandang model renggang untuk mengurangi ayam terkontaminasi kotorannya sendiri.

Jarak kandang jangan terlalu dekat agar memudahkan saat pembersihan dan menjaga agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Pakan DOC Ayam Kampung Super

DOC ayam kampung super diberi pakan berupa konsentrat sama seperti ayam potong. Ayam diberikan makanan 3 kali dalam sehari. Saat umur 7 hari makanan bisa dicampur air sedikit. Seminggu kemudian pakan ditambahkan dedak dan bungkil kedelai dalam pakan DOC.

Saat itu perlu dilakukan vaksinasi seperti ND-IB untuk mencegah Tetelo dan Gumboro. Saat berumur 5 minggu diadakan pengulangan vaksin ND-IB tahap kedua. Untuk vitamin bisa diberikan dan dicampur bersamaan dengan pemberian air minum. Namun mengenai vaksin dan vitamin memang setiap peternak memiliki idealisme dan pengalaman dalam ternak mereka. Ada yang memilih vaksin dan ada pula yang tidak memvaksin hewan ternaknya.

Pembesaran Masa Pertumbuhan atau Grower 

Ayam Kampung Super

Setelah ayam lepas dari brooder ,antara jantan dan betina akan dipisahkan. Jadi pada saat masa grower tetap dipisah. Untuk masa grower sendiri berjalan hingga ayam berumur 5 minggu. Pada saat itu untuk pakan dianjurkan mengandung protein yang bisa diperoleh dari dedak, konsentrat maupun pakan dari hewan seperti keong, bekicot, ikan kecil dan lain-lain. Selain itu bisa diberikan juga dedaunan seperti kangkung, sawi, tauge, kacang tanah giling, jagung giling.

Baca Juga!  Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (Joper) untuk Daerah Medan

Masa Panen/ Finisher

Pada saat ayam kampung super berumur 6 hingga 12 minggu , ayam dapat mulai dipanen. Untuk pakan ayam tetap diberikan protein dengan kadar 19% dan energi. Makanan seperti jagung giling, dedak atau bekatul, bungkil kedelai, beras merah giling, bahan limbah pertanian, dedaunan dan konsentrat masih tetap diberikan. Jika makanan secara konstan diberikan, maka pertumbuhan dan tertambahan badannya akan semakin meningkat. Untuk berat badan ideal, ayam sebaiknya dijual pada umur 12 minggu atau 3 bulan. Jadi ayam sudah mencapai berat badan yang maksimal dan daging yang dihasilkannya padat.

Akibat banyaknya permintaan  dari supermarket,rumah makan, biasanya ayam Joper sudah habis dipesan saat masih berumur 2 bulan. Saat itu berat badannya sekitar 1,4-1,6 kg cukup ideal jika dijadikan ayam bakar. Setelah kandang telah kosong, maka peternak dapat segera membersihkan dan menstrerilkan kandang agar dapat segera diisi dengan ayam yang baru lagi. Dengan begitu, perputaran ayam Joper akan cepat. Melebihi dari waktu yang dibutuhkan kala memelihara ayam kampung biasa.

Memilih Beternak Bebek Pedaging atau Petelur ?

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB

Kata terkait:
Ayam kampung super, kandang ayam kampung, peluang ayam kampung, pakan kandang ayam kampung, harga ayam kampung, jual ayam kampung super, ternak ayam kampung super, harga ayam kampung super
*.


Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA