Mengenal Masa Perkembangbiakkan Kelinci

Mengenal Masa Perkembangbiakkan Kelinci

Memelihara kelinci merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, bagaimana tidak hewan mamalia yang satu ini adalah tipe hewan yang jinak. Jika melihat secara fisik tampilannya pun lucu dan menggemaskan. Hewan kelinci memiliki sifat yang ingin disayang dan diperhatikan oleh pemiliknya.

Fuzzy Lop
Fuzzy Lop

Kelinci adalah salah satu hewan mamalia yang memiliki masa perkembangbiakkan yang cepat, setelah kelinci sudah mencapai dewasa, maka akan siap dikawinkan. Untuk kelinci yang berukuran sedang biasanya mereka akan mencapai masa dewasa pada umur 5-6 bulan, sedangkan untuk kelinci yang bertubuh besar biasanya akan lebih lama yaitu pada umur 8-9 bulan. Pada saat itu kelinci sudah memasuki usia yang matang dan siap dikawinkan. Kemudian sepasang kelinci jantan dan betina disatukan dengan tujuan untuk dikawinkan. Setelah  tujuh hari sepasang kelinci tersebut bisa dipisahkan, pada hari ke 12 atau 14  biasanya kelinci sudah mengandung, kelinci akan mengandung selama 31-34 hari atau ada yang lebih cepat yaitu selama 21 hari. setelah melahirkan kelinci akan menyusui anaknya selama 8 minggu atau sekitar 58 minggu. anak kelinci  yang berumur 1-7 hari masih sangat tergantung dengan indukannya, anakan kelinci hanya membutuhkan makanan yang berasal dari asi indukannya. Pada saat menyusui anaknya indukan memerlukan asupan makanan yang lebih mengandung nutrisi, karena kualitas makanan sangat mempengaruhi kualitas susu yang dihasilkan oleh indukannya.

Kelinci Tan
Kelinci Tan

Kelinci merupakan jenis hewan yang sangat cepat untuk mengalami masa kehamilan. Sebab hanya dalam waktu 15 hari setelah melahirkan, kelinci sudah siap untuk mengandung. Sebaiknya peternak dalam hal ini bisa mengambil langkah baiknya, meskipun sudah melahirkan tetapi antara kelinci indukan jantan dan betina masih tetap dipisahkan hal ini untuk menghindari indukan betina akan dibuahi lagi oleh indukan jantan.

Baca Juga!  7 Tips Memberikan Pakan untuk Ternak Kelinci
Kelinci Hotot
Kelinci Hotot

Setelah kelinci sudah selesai dalam masa menyusuinya dan anakan kelinci sudah siap untuk dilepas maka peternak bisa kembali lagi untuk mengawinkan sepasang kelinci jantan dan betina, setelah 7 hari segera dipisahkan dan peternak tinggal menunggu prosesnya seperti sebelumnya. Dalam setahun kelinci betina bisa melalui masa hamil sebanyak tujuh sampai delapan kali, proses ini tentunya sangat produktif. Saat usia kelinci sudah memasuki kedewasaannya, sepasang kelinci harus segera dikawinkan karena apabila terlalu lama kelinci akan mengalami kemandulan.

Fuzzy Lop Jantan
Fuzzy Lop Jantan

Itulah sedikit ulasan tentang masa perkembangbiakkan kelinci, semoga bermanfaat.

Kata Terkait :

Kelinci, Jenis Kelinci, Perkembangbiakkan Kelinci, Masa Pertumbuhan Kelinci, Ternak Kelinci Hias, Ternak Kelinci Pedaging, Usaha Ternak Kelinci Hias, Usaha Ternak Kelinci Pedaging, Jual Kelinci, Harga Kelinci

 

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA