Melihat Peluang Berbisnis Kelinci Pedaging

Dapat kita lihat jika di Indonesia, para peternak daging kelinci masih jarang kita jumpai. banyak peternak yang lebih memilih berbisnis hewan lain, sehingga para pesaing pun lebih banyak. Padahal perlu kita ketahui bahwa di anggota tubuhnya ada beberapa yang bermanfaat bagi tubuh kita itulah yang menyebabkan daging kelinci banyak diburu oleh para pencinta kuliner di Indonesia.

Sebagian besar para peternak kelinci di Indonesia, memilih kelinci hias atau hasil persilangan mereka menganggap  bisnis kelinci tersebut lebih menguntungkan daripada bisnis kelinci pedaging, jadi semakin banyaknya para peternak kelinci hias, membuat peluang berbisnis kelinci pedaging semakin luas.

Akan tetapi perlu kita ketahui, Kelinci merupakan hewan yang tidak mengenal musim, setiap tahunnya tidak hanya satu atau dua kali bahkan lebih kelinci akan melahirkan. Perkembangbiakannya yang cepat ini membuat jumlah kelinci yang diternakkan akan lebih cepat bertambah.

Kelinci Pedaging
Kelinci Pedaging

Berdasarkan penjelasan diatas bisa dikatakan jika berbisnis kelinci pedaging memiliki peluang yang luas dan cukup menguntungkan. Apalagi sampai sekarang ini stok daging kelinci masih belum terpenuhi, sehingga masih membutuhkan pemasok daging kelinci yang lebih banyak lagi. Selain itu masyarakat sudah banyak yang paham kalau daging kelinci itu memiliki banyak manfaat sehingga permintaan akan daging kelinci pun terus meningkat.

Pemanfaatan daging kelinci sekarang ini juga lebih luas, banyak olahan atau masakan berbagai macam yang berbahan dasar dari daging kelinci. diantaranya seperti bakso kelinci, nugget, sossis, dendeng dan sate menjadi resep baru yang banyak dicari oleh para penggemar daging di Indonesia. Dari beberapa resep baru tersebut, banyak tempat-tempat makan yang berlomba-lomba menyediakan menu-menu makanan yang berasal dari daging kelinci.

Lalu bagaimana langkah awal untuk beternak kelinci pedaging?

Berikut beberapa langkahnya

  1. Bibit

Bibit merupakan kebutuhan utama jika ingin beternak. Ada beberapa syarat untuk menentukan bibit kelinci pedaging diantaranya:

  1. Bisa menghasilkan anak yang banyak saat melahirkan
  2. Memiliki 6 puting susu yang tumbuh normal
  3. Untuk indukan memiliki bobot 4,5 kg
  4. Untuk pejantan memiliki bobot 4 kg
  5. Mampu merawat anaknya sampai 5 ekor hingga masa sapih

Untuk kelinci pedaging biasanya yang dipilih adalah kelinci putih

  1. Kandang

Secara umum kandang untuk kelinci biasanya luas, akan tetapi untuk kelinci pedaging ukuran kandang lebih kecil lagi. Kelinci pedaging umumnya dipanen pada saat usia 3,5 bulan

Kelinci Pedaging
Kelinci Pedaging
  1. Pakan

Untuk jenis pakannya sebenarnya sama dengan kelinci pada umumnya, tetapi karena ditujukan sebagai pedaging, maka untuk pemenuhan pakannya diberikan tambahan dari protein hewani kedalam pakannya

  1. Pemeliharaan

Dalam pemeliharaannya kita perlu menentukan waktu perkawinannya. Sebaiknya pola perkawinan diatur hal ini untuk menstabilkan produksi yang dihasilkan bisa satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Selain itu kita juga perlu mengetahui bibit-bibit unggul yang kita miliki, agar kelinci yang dihasilkan pun berkualitas.

Itulah sedikit penjelasan tentang peluang berbisnis daging kelinci di Indonesia, peternakan yang dikelola dengan baik dan benar tentu akan mendapatkan hasil yang baik. Maka dari itu jika kita ingin berbisnis kelinci pedaging, kita harus mengelolanya secara baik.

Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis kelinci, untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888 

Kata Terkait :

Kelinci Hias, Kelinci Pedaging, Peluang Bisnis, Bisnis Kelinci Pedaging, Ternak Kelinci Pedaging, Ternak Kelinci Hias, Jual Kelinci, Harga Kelinci, Usaha Ternak  Kelinci Hias, Usaha Ternak Kelinci Pedaging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s